Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Ramadan

Sunday, March 17, 2024

 

Menjaga kesehatan tubuh selama ramadan/www.mardanurdin.com

____ Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Ramadan____


Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan oleh Allah Subhanahu wataala berjumpa dengan bulan penuh mubarakah ini, bulan Ramadan yang selalu dirindukan oleh seluruh umat Islam di dunia.

Memasuki hari ketiga, suami tiba-tiba mengeluh sakit di bagian perutnya. Wajahnya pucat, lesu, dan sangat loyo, maka dengan terpaksa beliau membatalkan puasanya. Katanya, ini disebabkan perubahan pola makan yang tiba-tiba berubah. 

Selama memasuki masa pensiun, Beliau memiliki kebiasaan baru, yaitu makan makanan dengan menu lengkap, seperti sayur dan ikan setiap jam 09.00 atau jam 10.00 lalu makan siang menjelang salat ashar dan pada malam hari, hanya makan secukupnya saja atau makan buah saja. Memasuki bulan Ramadan, otomatis kebiasaan itu berubah sehingga Beliau memprediksi, bahwa itulah penyebabnya saya merasa kurang nyaman yang akhirnya mengalami sakit perut. Wallahualam.

Namun, kalau dipikir-pikir, mungkin ada benarnya. Karena selama bulan Ramadan,  seluruh umat muslim yang telah baliq diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. 

Sehingga mengakibatkan tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya. Selain itu, demi mendapatkan berkah Ramadan yang banyak, kita juga berusaha meningkatkan volume ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk salat malam dan santap sahur sehingga membuat pola tidur tidak teratur.

Kondisi demikian bisa jadi penyebab terganggunya kesehatan seseorang, termasuk suami saya yang pola makannya sudah tersusun baik sebelum memasuki bulan Ramadan.

Dari berbagai sumber, baik dari buku maupun dari artikel-artikel, ditemukan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa di bulan Ramadan. Selain tips berpuasa selama Ramadan, penting pula mengetahui tips menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan agar kondisi tubuh selalu berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas. 


Perhatikan Pola Makan Sahur 


Anas bin Malik radiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda,

"Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." (HR al-Bukhari).


Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. 

Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.  

Pastikan sahur Anda mengandung karbohidrat kompleks (nasi, roti gandum), protein (telur, daging tanpa lemak), serat (sayuran, buah), dan cairan yang cukup. Ini memberikan energi tahan lama dan menjaga kadar gula darah stabil. 

Pastikan sahur Anda mengandung makanan yang memberikan energi tahan lama, seperti biji-bijian, protein, dan serat. Hindari makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan energi yang cepat juga lemak jenuh.


Perhatikan Pola Makan Saat Berbuka


Hindari mengonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa karena akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

Hindari minuman berkafein dan gula yang dapat menyebabkan dehidrasi. Agar hidrasi tubuh cukup maka minumlah air dalam jumlah yang mencukupi saat berbuka dan sahur. 

Hindari juga makanan berlemak tinggi saat berbuka puasa, pilih makanan yang rendah lemak untuk menghindari ketidaknyamanan perut dan peningkatan berat badan.

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak. 

Nikmati makanan secara perlahan dan hindari makan berlebihan. Pastikan untuk menyertakan makanan bergizi dalam porsi yang seimbang.

 

Lakukan Aktivitas Fisik


Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh maka lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda setelah berbuka minimal 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Hindari aktivitas berat selama beberapa jam setelah makan.

 

Menjaga Pola Tidur


Pastikan Anda mendapatkan cukup waktu istirahat. Tidur yang cukup mendukung kesehatan fisik dan mental terutama persiapan saat bangun malam baik untuk salat maupun untuk persiapan makan sahur. Hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. 


Kontrol Kesehatan Mental


Selain mengontrol kesehatan tubuh, mental pun harus sehat karena kelelahan mental sangat memengaruhi kesehatan fisik. Oleh sebab itu kontrol stres dengan mengamalkan kegiatan yang membantu mengurangi stres seperti perbanyak dzikir dan berdoa. Ingatlah, stres dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.


Pantau Kesehatan 


Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ke dokter untuk menyesuaikan pola makan dan aktivitas fisik selama Ramadan. Apalagi kalau harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka sangat penting memantau kesehatan dengan arahan dokter.


Mengapa Memilih Makanan Sehat?


Memilih makanan sehat bukan hanya untuk keperluan selama bulan Ramadan, tetapi juga untuk keperluan sehari-hari. Namun, selama puasa Ramadan, konsumsi makanan yang kaya nutrisi mesti ditingkatkan agar memberikan energi yang tahan lama.

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, meliputi buah-buahan, sayuran hijau, protein nabati, karbohidrat kompleks, dan produk susu.

Mengapa jenis makanan itu diperlukah tubuh? Berikut penjelasannya.


Buah-buahan Segar

Buah-buahan mengandung serat dan vitamin, seperti kurma, jeruk, apel, dan semangka mengandung banyak air dan serat yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan energi yang dibutuhkan selama berpuasa. Selain itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.


Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan selada mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk salad atau tumis sebagai lauk saat berbuka puasa.


Protein Nabati

Protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu merupakan sumber energi yang baik dan membantu menjaga kenyang lebih lama. Tambahkan kacang almond atau kacang tanah dalam menu sahur atau berbuka untuk memenuhi kebutuhan protein.

Selain itu, ada juga daging, ikan, telur menjadi sumber protein yang diperlukan tubuh kita.


Karbohidrat Kompleks

Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal atau sereal utuhh sebagai sumber energi yang stabil dan tahan lama. Hindari karbohidrat sederhana yang dapat membuat kadar gula darah naik secara cepat.


Terlepas dari menjaga pola makan sahur, pola makan saat berbuka puasa, dan makan malam, penting pula melakukan tindakan-tindakan demi menjaga kestabilan tubuh selama Ramadan dan seterunya, yaitu antara lain.

Minum Air Putih

Pastikan untuk minum banyak air putih saat berpuasa untuk mencegah dehidrasi. Jauhi minuman berkafein dan berkarbonasi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Makanan Rendah Lemak

Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan. Pilihlah makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus sebagai alternatif yang lebih sehat.

Porsi Kecil dan Teratur

Bagi makanan dalam porsi kecil dan makan secara teratur saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari rasa lapar berlebihan.

Hindari Makanan Gorengan

Wah, ini nih yang paling sulit dihindari. Sebagai penyuka gorengan, cemilan gorengan sangat sulit dihindari, tetapi harus diketahui dan disadari bahwa makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak dan kalori. Lebih baik pilih metode memasak yang lebih sehat seperti panggang, rebus, atau kukus.

Memilih makanan sehat selama bulan puasa adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan energi selama beribadah. Dengan memperhatikan pilihan makanan yang tepat, Anda dapat tetap bugar dan aktif selama bulan suci ini. Selamat berpuasa!


Makassar, 17 Maret 2024


Dawiah

Post a Comment