7 Penganan Olahan Dari Pisang Khas Sulawesi Selatan

Monday, July 26, 2021

  



 

Pisang adalah sejenis tanaman herba yang sangat populer di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Selain rasanya yang manis dan enak, pisang juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Pisang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, pisang juga dapat pula diolah menjadi berbagai macam penganan. Seperti di Sulawesi Selatan, terdapat berbagai jenis penganan hasil olahan dari pisang.

Nah, berikut ini adalah 7 penganan olahan pisang yang menjadi penganan khas dari Sulawesi Selatan.

 

Pisang Epe’

 

Penganan ini sangat populer di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar sebagai ibu kotanya.  Epe’ adalah bahasa Makassar yang berarti dijepit, jadi pisang epe adalah pisang yang dijepit.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok atau dalam bahasa Makassar disebut  unti bainang. Sebelum pisang dijepit, terlebih dahulu pisang dibakar hingga matang. Kemudian disajikan bersama air gula aren.

Pisang epe’ mudah ditemukan di sepanjang pantai Losari di mana para penjual pisang epe’ menggunakan gerobak yang dilengkapi dengan alat pembakar.

Jika kalian berkunjung ke Makassar, datanglah ke Pantai Losari. Di sana kalian bisa memilih gerobak mana yang mau disinggahi untuk mencicipi pisang epe’.

Dahulu resep pisang epe’ sangat sederhana, cukup disirami dengan air gula aren. Beberapa tahun terakhir, resep pisang epe’ dimodifikasi dengan berbagai varian rasa dan taburan yang beraneka. Mulai dari rasa durian dengan taburan coklat, keju, dan kacang.

Tentu saja ini makin membuat pisang epe’ semakin disukai oleh masyarakat, terutama dari kalangan milenia.

 

Pisang Ijo

 

 

Penganan ini paling sering ditemui pada bulan Ramadan, karena masyarakat Sulawesi Selatan menyediakan penganan ini sebagai makanan buka puasa. 

Bahan dasarnya adalah pisang raja yang telah matang dan dibungkus dengan adonan tepung bercampur santan. Disajikan bersama saus santan dan siraman sirup manis.

Jenis sirop yang paling sering digunakan adalah sirop DHT, produk asli kota Makassar.


 

Pallu Butung

 

Seperti halnya pisang ijo, penganan ini juga paling sering dijadikan makanan pembuka saat buka puasa. Yang membedakannya dengan pisang ijo, adalah pisangnya tidak dibungkus dengan adonan tepung melainkan langsung dikukus.

Setelah masak, pisang diiris sesuai selera kemudian disirami saus santan manis. Lebih maknyus lagi jika ditambahkan serutan es batu lalu disirami dengan sirop DHT.



Sanggara Balanda

 

 

Sanggara adalah bahasa Bugis Makassar yang artinya goreng. Jadi sanggara balanda adalah pisang goreng Belanda. Yang membedakan antara pisang goreng pada umumnya dengan Sanggara Balanda ini adalah jenis pisang, proses penggorengan, dan  cara penyajiannya.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja. Proses penggorengannya dilakukan dua kali. Yang pertama pisang digoreng setengah matang, kemudian diangkat lalu diolesi dengan mentega, kemudian dibelah sedikit untuk diisi dengan campuran kacang atau coklat. Setelah itu direkatkan kembali, lalu dicelupkan ke dalam telur dan digoreng.

 


Sanggara Peppe

 


Disebut Sanggara Peppe, karena penganan yang terbuat dari pisang mentah ini digoreng setengah matang kemudian dipeppe (bahasa Makassar) = dipukul atau diketuk, lalu digoreng kembali.

Jika kalian ingin merasakan nikmatnya makan sanggara peppe maka makanlah bersama dengan sambal terasi.


 

Songkolo Bandang

 

 

Songkolo Bandang adalah penganan yang bahan dasarnya adalah pisang dan ubi kayu. Pisang dibalut dengan parutan ubi kayu kemudia dikukus. Setelah matang, dihidangkan dengan taburan kelapa dan gula pasir.

 

 

Barongko

 

Ini adalah penganan yang paling sering dihidangkan pada hari-hari istimewa di Sulawesi Selatan, seperti pesta pernikahan, pesta rakyat, menyambut tamu kehormatan, dan pada hari lebaran.

Penganan ini berbahan dasar pisang yang diblender hingga halus, kemudian dicampur  dengan telur, gula pasir dan santan kental. Adonan tersebut  dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

 

Tiga olahan dari pisang tersebut pernah saya tuliskan resepnya. Jika kamu penasaran. Silahkan ke postingan berikut.


3  Resep Olahan Pisang Khas Sulawesi Selatan ada di sini 

Makanan Khas Daerah Makassar lainnya bisa dibaca di sini 


 

READ MORE

Belajar SEO Gratis di SEO Moms Community

Sunday, July 25, 2021

 





Saya mengenal sedikit tentang SEO dari Mugniar, bloger Makassar yang sudah malang melintang di dunia perblogeran. Hanya saja perkenalan itu sekedar mengetahui singkatan SEO, yaitu Search Engine Optimization yang artinya optimasi blog  agar blog atau website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Lucunya, beliau juga mengaku kalau ilmu SEO nya masih minim. Wah, kalau bloger selevel Niar saja mengaku kurang mengerti tentang SEO, apalagi saya yang baru serius ngeblog lima tahun terakhir ini.

Hingga suatu hari, tanggal 20 April 2020, lagi-lagi Mugniar yang memberi informasi sekaligus mengajak saya daftar belajar SEO diiringi dengan kalimat, 

“cepat ki’, banyak peminatnya.”

“Kelas SEO gratis.”

Tanpa pikir panjang, langsung registrasi. Setelah registrasi, saya baru ingat kalau belum berterima kasih sama Niar, soalnya saya fokus ke kata “cepat ki”, hahaha.

Dua hari kemudian, kembali Niar japri dan mengingatkan, “apakah sudah cek email dari SEO Moms?”

Dasar saya yang merasa kurang percaya diri, saya jawab saja, “mungkin saya tidak terpilih.” Ternyata salah. 

Saya terpilih saudara-saudara!

Lah, foundernya memang mencari bloger perempuan yang masih “bayi” soal SEO, pastilah saya terpilih apalagi saya mengikuti anjurannya Niar, “cepat-ki” hahaha. Gercep dong saya.


Berkenalan dengan SEO Moms Community

 

SEO Moms merupakan media belajar SEO secara online yang dibentuk pada tanggal 25 Januari 2020 oleh Qbenk bloger asal Kubu Raya Kalimantan Barat.

Menurut Bang Qbenk, beliau mendirikan SEO Moms sebagai penghormatannya terhadap ibundanya yang bernama Mudiyah binti Sangaran yang wafat pada tanggal 25 November 2019.

Sungguh terharu mendengar niat tulus beliau. Mendedikasikan ilmunya buat ibunda tercinta. Saya membayangkan, betapa bangga ibu beliau di alam sana “melihat” anaknya mengajar para bloger perempuan dengan niat pahalanya untuk beliau.

Langsung ingat deh anak-anak saya. Jika nanti saya tiada lagi di dunia ini, adakah anak saya yang mau mendedikasikan ilmu dan tenaganya buat saya? Setidaknya bisa menambah terangnya alam kubur saya.

Lah, ini kenapa pikiran saya kemana-mana yah? Jadi melow deh.

 

Saya kuli bangunan dan ibu saya tukang cuci pakaian tetangga, saya berjuang untuk berhasil menjadi bloger dengan modal warnet,” Bang Q membuka kelas SEO dengan kalimat yang bikin hati saya makin syahdu.

 

Bang Qben yang bernama asli M.Sahlan adalah satu-satunya suhu kami sekaligus pendiri SEO Moms yang dengan tulus ikhlas mengajar SEO bagi pemula.

Semoga amalannya ini diterima oleh Allah Swt sehingga menjadi pemberat amalan baik untuk ibunda Bang Q, amin.


 

Mengapa Bergabung di SEO Moms Community

 


Mengapa saya gabung di SEMOC? Tentu saja karena mau belajar SEO.

Selain itu, SEO Moms Community  yang disingkat SEMOC  saya pilih karena menurut saya, inilah tempat yang paling pas buat bloger pemula seperti saya. Alasan utamanya lagi, karena saya diterima belajar di SEO Moms.

Bang Q mengajar kami dengan sangat sabar. Kalian tahu sendiri kan, bagaimana hebohnya perempuan kalau lagi ngumpul.

Belum selesai dijawab pertanyaannya, eeh tambah lagi pertanyaannya.

Satu lagi yang membuat  saya nyaman belajar di SEO Mom’s Community (SEMOC) adalah pesan Bang Q yang menyatakan bahwa, 


SEO Moms dihadirkan bukan untuk memberatkan membernya melainkan untuk meringankan ibu dan calon ibu, jadi belajarnya jangan ngotot, sesuaikan saja dengan waktu dan kemampuan Moms.”


Nah, menenangkan sekali bukan? Apalagi buat emak seperti saya yang rada-rada lalod (lambat loading) dalam dunia per SEO-an, ha-ha-ha.


 

Ikut Kompetisi Mini SEO

 


Ini pengalaman pertama saya sekaligus pengalaman yang bikin dumba-dumba. Sudah tahu materi yang diberikan Bang Q belum bisa saya praktikkan secara maksimal, malah berani-beraninya ikut lomba mini SEO.

Sekalipun hanya mini SEO, tetapi ada kata SEO-nya di mana selama ini setiap ada lomba yang ada penilaian SEO-nya pasti saya ngacir duluan.

Namun, demi membuktikan keseriusan saya belajar di SEMOC maka bismillah saya ikut lomba kompetisi mini SEO Rinaresep.

Menang?

Boro-boro menang, berada di 80 besar peringkat di Google saja tidak.

Oh yah, saat saya menulis tulisan ini, iseng-iseng saya mencari postingan saya itu. Ternyata sudah berada di urutan ke-50, hahaha.

Saat postingan tentang resep masakan Rinaresep.com dilupakan orang barulah postingan saya terbaca di urutan ke-50.

Sepertinya Mbah Google mau bilang, “kamu belajar lebih giat lagi.”

Yaah, tak apalah, setidaknya saya sudah memenangkan keraguan dan ketakutan saya ikut lomba SEO.

Baiklah, sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya mau bilang, 


“Terima kasih ya Bang Qbenk, terima kasih sudah sabar menjawab pertanyaan saya yang kadang tidak nyambung dengan materi.

 

Terima kasih SEMOC, sudah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

Kalian punya pengalaman belajar SEO juga? Cerita dong di kolom komentar.

 

Ahad, 25 Juli 2021

Dawiah

 

READ MORE

Hikmah Syawalan di Masa Pandemi

Friday, July 23, 2021


Hikmah Syawalan di Masa Pandemi



Sebenarnya tulisan ini langsung  menjadi draf  sesaat setelah saya pulang dari menghadiri acara syawalan yang diadakan oleh Muhammadiyah Cabang Bontoala Makassar.

Sayang tidak sempat saya tuntaskan disebabkan berbagai kesibukan. Alasaan, bilang saja mager, ha-ha-ha.

Bulan Syawal sudah dijadikan tradisi bagi umat Islam di Indonesia dan menjadikannya sebagai  ajang silaturahim, ajang saling halal menghalalkan, saling maaf memaafkan kesalahan-kesalahan yang telah berlalu.

Ada yang melakukan tradisi syawalan dengan cara mengadakan kegiatan di rumah saja, kumpul dengan keluarga atau mengundang tetangga lalu pengajian dan makan-makan

Ada pula yang melakukannya secara resmi. Biasanya acara resmi ini diselenggarakan oleh organisasi-organisasi,  komunitas-komunitas tertentu atau bahkan oleh instansi pemerintahan.

Berhubung tahun ini kita masih dalam masa pandemi, maka kebanyakan acara syawalan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) saja.

Kurang seru sih, tetapi mau bagaimana lagi, yang penting pesan silaturahim dan syawalannya sampai.

 

Syawalan Muhammadiyah Kota Makassar

 



Organisasi Muhammadiyah di kota Makassar juga melakukan acara syawalan dengan dua cara, yaitu secara luring (luar jaringan) dan secara daring. 

Mengingat kapasitas ruangan dibatasi, maka yang tidak dapat mengikuti secara luring boleh bergabung secara daring lewat aplikasi zoom.

Acara langsung atau luring ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kursi-kursi diatur sedemikian rupa, sehingga untuk berbicara dengan teman di sebelah yang berjarak 1 meterpun, kami lakukan dengan cara mengirim pesan di whatsApp sembari saling tersenyum atau terbahak atau menganggukkan kepala.

Padahal senyum manis saja kan tak terlihat karena ditutupi oleh masker. Cukuplah mata yang memberi isyarat kalau kami tersenyum atau bahu terguncang saat terbahak-bahak.

 

Pada tahun ini, ada dua acara syawalan yang saya ikuti secara luring.

Acara syawalan pertama adalah syawalan yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah Kota Makassar yang dirangkaikan dengan Milad ke-104 Aisyiyah Tingkat Kota Makassar.

Sayangnya acara ini terlalu lama, sehingga saya tidak bisa mengikuti acara dengan tuntas. 

Mesti terpotong dengan salat zuhur dan makan siang, akibatnya hikmah Syawalan yang dibawakan oleh Prof.Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed tidak bisa saya simak dengan baik.

Acara syawalan kedua adalah acara syawalan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Cabang Bontoala Kota Makassar di Gedung Serbaguna Aisyiyah Sulawesi Selatan.

Acara syawalan di masa pandemi ini yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Cabang Bontoala Kota Makassar, dihadiri oleh para anggota Muhammadiyah, Aisyiyah, para pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiya Cabang Bontoala.

Acara di Gedung Serbaguna Aisyiyah ini juga dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara luring dan daring.

Tetap juga, acaranya dirangkaikan dengan acara lain. Biar hemat waktu dan biaya kali ya.

Kalau acara syawalan di Muhammadiyah Daerah Kota Makassar dirangkaikan dengan Milad ke-104 Aisyiyah Tingkat Kota Makassar, maka acara syawalan di Cabang Bontoala dirangkaikan dengan pelantikan terpadu pimpinan Pemuda Muhammadiyah dan pimpinan Nasyiatul Aisyiyah Cabang Bontoala.

Acara syawalan di Gedung Serbaguna Aisyiyah menghadirkan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, bapak Dr.KH.Mustari Bosra,MA.

Saya menyimak dengan baik penjelasan beliau tentang hikmah syawalan yang disampaikan secara jelas dan terperinci itu. 

Daaan, berikut inilah rangkumannya.

Selamat menyimak.

 

 

Hikmah Syawalan 

 

 


Hikmah syawalan yang dibawakan oleh Dr.KH.Mustari Bosra,MA dijelaskan dengan santai, tetapi penuh hikmah. 

Beliau menjelaskan, bahwa Al- qur’an menggunakan 3 term  terkait pemberian maaf dan pemberian  ampun, yaitu:


  1. Fa’fuu
  2. Wasfaruu
  3. Wagfiruu


Ketiga kata-kata ini masing-masing memiliki penekanan sendiri-sendiri dalam hal pemberian maaf dan ampunan.


Fa'fuu


Kalau memberikan maaf dalam bentuk  fa’fuu, artinya suatu kesalahan orang lain yang pernah kita terima, itu tetap ada bekasnya. Ilustrasinya, ibarat kita menulis kemudian setelah ditulis lalu dihapus atau menyetip tulisan tersebut, maka tetap ada bekas setipnya.

 

Wasfaruu


Jika menggunakan kata wasfaruu, itu tidak ada bekasnya sama sekali. Dan inilah  yang dikehendaki oleh gemblengan puasa Ramadan, untuk kita menjadi orang yang bertakwa.

Di mana kita bisa memaafkan orang lain sebelum orang lain meminta maaf  atau sebelum orang lain menyakiti, kita sudah lebih dahulu melapangkan dada sehingga tidak ada tempatnya kesalahan orang lain pada diri kita lagi.

 

Wal aafiina anin-nas = memaafkan kesalahan orang lain, bahkan tidak ada bekasnya sama sekali. 

Inilah yang disebut ikhsan.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-qur’an surat Ali ‘Imran ayat 134 yang artinya sebagai berikut.

 

“(yaitu) orang-orang yang berinfaq, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.”

 

Wag'firuu


Kata ketiga, yaitu wag'firuu, Allah mengampunkan dosa dengan menggunakan istilah gafaraah, yagfiru zunuba yang tercantum dalam Al-qur’an surat Az Zumar ayat 53, yang artinya sebagai berikut.

 

“Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

 

Beliau menjelaskan lebih jauh, bahwa semua amal perbuatan itu akan diperlihatkan nanti di akhirat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-qur’an surat Az-Zalzalah ayat 7-8

      Famaiy ya’mal mithqala zarratin khai raiy yarah

      Wa maiy-ya’mal mithqala zarratin sharraiy yah

Artinya:

 

Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

 

Namun, dihapuskan dalam pertanggungjawabannya. Tidak memberikan lagi berat dalam timbangan. Ibaratnya sudah tercatat bahwa kesalahan kita adalah  ini … ini dan ini … , tetapi kemudian dicoret dan dianggap tidak pernah ada.

 

Nah, ketiga term ini, faa’fuu, wasfaruu, dan wagfiruu diharapkan dimiliki oleh setiap orang yang telah berpuasa.

Pada kesempatan inilah, di acara syawalan atau halalbihalal kita mengharapkan, apa yang sudah pernah terjadi, yang menyakiti hati kita, maka coret saja atau hapus saja atau lupakan saja.

Dengan harapan ke depan, kalaupun ada orang yang menyakiti, tidak memberi tempat lagi di hati kita, sehingga kita memaafkan sebelum dia menyakiti kita. 

Inilah  ikhsan, inilah yang paling tinggi tingkatannya dan paling diharapkan bagi yang berpuasa.


Baca juga:  Adab Islami Dalam Pergaulan di sini.



Kesimpulan

 

Hikmah syawalan yang disampaikan oleh bapak Dr.KH. Mustari Bosra,MA ini, pastinya sangat berat dilakukan.

Mungkin mudah untuk mengucapkan, “iya, saya memaafkan kamu.” tetapi menghapusnya begitu saja atau melupakannya, butuh waktu dan perjuangan.

Apalagi memaafkan orang sebelum ia menyakiti. 

Lah, orangnya belum menyakiti, kita sudah terlebih dahulu memaafkan. Ibaratnya jangan tunggu orang itu meminta maaf, langsung saja dimaafkan.

Namun, itulah yang disebut ikhsan. Sifat dan sikap paling tinggi tingkatannya. Ini pula yang diharapkan bagi orang yang berpuasa.

Maka lebih lanjut bapak Dr.KH.Mustari Bosra,MA menitip pesan, bahwa di tempat ini, saat kita mengikuti acara syawalan ini, kita saling memaafkan, saling halal menghalalkan. Dalam arti kita merelakannya, memaafkannya, mengampuninya dan sebagainya.

 

Sudahkah kalian meminta maaf dan meminta keikhlasan orang yang telah kamu sakiti?

Sudahkah kalian memaafkan orang-orang yang menyakiti hatimu?

Jangan hanya mengharapkan maaf dari orang lain, sementara hatimu begitu sulit memaafkan orang yang telah menyakiti.

Walaupun berat, tetapi kita harus berlatih ikhlas memaafkan orang yang telah menyakiti, kemudian berjuang dengan sekuatnya untuk meraih ikhsan, sehingga tidak ada lagi tempat di diri kita buat menyimpan kesalahan orang lain.

Mari memohon kepada Ilahi Rabbi, agar kita diberi sifat LUPA terhadap kesalahan dan keburukan orang lain.

Sekian, semoga bermanfaat.

 

Makassar, 23 Juli 2021

Dawiah

READ MORE

Review - Face Care Whitening Scarlett

Friday, July 16, 2021

 



 

Review – Face Care Whitening  Scarlett 

Kalau saya bilang, sudah terlanjur jatuh hati sama produk-produknya Scarlett. Kalian percaya nggak?

Percaya dong!

Percayaa … laaaa.

Masa tidak, hi-hi-hi.

Oh yah, pertama kali menggunakan produk Scarlett itu, saya dan Nabila menggunakan tiga produk sekaligus, yaitu Scarlett Body Scrub  varian Pomegranate dan  Brightening Shower Scrub – Pomegranate, kemudian saya lengkapi dengan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion varian Jolly.

 

Reviewnya bisa dibaca disini nih.

 

Alhamdulillah, saya dan Nabila si - putri bungsuku cocok dan suka memakai ketiga produk itu hingga kini.

Lalu suatu hari saya mendengar kabar tentang  Scarlett yang baru saja merilis Face Care. Wah, ini kabar baik buat saya yang lagi semangat-semangatnya merawat kulit.

Nah, setelah memakai produk itu selama beberapa hari dan puas dengan hasilnya, maka saatnya saya mereview empat produk Scarlett yang saya gunakan itu.


Brightening Facial Wash

 

Facial wash atau sabun muka merupakan langkah awal dalam perawatan kulit wajah. Saya menggunakannya setiap hari, terutama ketika mau tidur. Kebetulan sabun muka saya sudah mau habis. Maka harus cepat-cepat beli lagi nih, agar perawatan kulit saya tidak terputus.

Facial wash pilihan saya jatuh kepada Brightening facial wash Scarlett. 

Jujur, saya memilih facial wash Scarlett  ini karena jatuh cinta pada pandangan pertama, eeaaa.




Yes, saya suka kemasannya dengan penutup flip flop sehingga aman dibawa kemana saja dan tidak mudah tumpah.  Warnanyapun sungguh menggoda. Warna pink muda terlihat manis bukan?

Kamu pasti akan tergoda sehingga makin rajin cuci muka.

Pada kemasannya juga tertera empat kandungan yang khasiatnya tidak diragukan lagi, yaitu glutathione, aloevera, rose petal, dan vit E.

Yuk, kita lihat khasiat dari keempat bahan dasar Brightening facial wash Scarlett.

 

Glutathione

Glutathione berkhasiat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Memberikan perlindungan dari radikal bebas, serta mencerahkan kulit.

 

Vit E

Vit E berkhasiat melembapkan kulit, membantu mengatasi peradangan dan menenangkan kulit.

 

Aloe Vera

Aloe vera berkhasiat menenangkan kulit dan meredakan peradangan kulit, serta melembapkan kulit dan menghaluskan kulit wajah.

 

Rose Petals


Bunga rose atau mawar dipercaya bermanfaat mencerahkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, membuat kulit wajah menjadi halus, melembapkan kulit.

Brightening facial wash Scarlett selain mengandung glutathione, Vit E dan aloe vera juga mengandung rose petals. Sehingga Brightening facial wash Scarlett dapat menyegarkan kulit wajah karena kandungan rose petalsnya ini.

Kalau kamu sudah tahu kandungannya, sekarang mari kita pakai.

 

Cara Pakai


Bagaimana cara pakainya?

Gampang!

Tuangkan secukupnya facial wash ke telapak tangan. Usap secara merata ke seluruh area wajah, lalu bilas. Gunakan secara rutin setiap hari, pagi dan malam agar hasilnya lebih maksimal.

Satu lagi, selain karena keempat kandungannya tersebut di atas. Kamu patut percaya sama facial wash ini karena pada kemasannya terdapat tulisan BPOM, NA18211202458. 

Ini berarti facial wash ini aman.

Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba? Psst, ada yang nanya, “harganya mahalkah?”

Tenang, untuk Brightening facial wash Scarlett ukuran 100ML harganya sesuai, yaitu  Rp.75.000.

Perawatan kulit saya selanjutnya adalah pemakaian serum dan cream. Berhubung kulit saya tidak berjerawat alias normal dan tidak terlalu bermasalah maka saya menggunakan Brightly Ever After yang terdiri atas Scarlett Serum Phyto Whitening, Scarlett Cream Day  dan Scarlett Cream Night.

Berikut reviewnya.

 

Brightly Ever After Serum

 

Brightly Ever After Serum  memiliki kemasan yang imut menggemaskan dengan ukuran 15 ml sehingga mudah dibawa kemana saja. Aman pula disimpan dalam tas karena tidak mudah tumpah.

Pada kemasannya tertera tulisan kandungan brightly ever after serum, yaitu: Phyto Whitening, Gluatathione, Vitamin C, Niacinamide dan Lavender Water.

 


Manfaat Kandungan Brightly Ever After Serum

 

Manfaat kandungan yang terdapat pada Brightly Ever After Serum dapat disimpulkan sebagai berikut.

  • Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka.
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit, membantu mengecilkan pori-pori, mengimprovisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.
  • Membantu menutrisi dan melembapkan kulit.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih relax dan calm.
  • Bekerja sebagai antioxidant dan juga sebagai anti pollution.

 

Cara Pakai


Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit.

 

Kelebihan Lain


Kelebihan lain dari brightly ever after serum adalah:

  • Teruji bebas Merkuri dan Hydroquinon
  • Non alcohol & fragrance free
  • Cruelty free
  • Terdaftar di BPOM RI dengan NA 18201900972

 

Brightly Ever After Cream Night


Habis pakai serum, wajah sudah bersih dan kering. Selanjutnya apa?

Saya bisikin yaa…

Malam hari sebelum tidur saya pakai Brightly Ever After Cream Night dan ini masih produknya Scarlett loh.



Kenapa saya pakai Brightly Ever After Cream Night? Karena kandungannya yang bagus. Yuk, kita lihat!

 

Kandungan Brightly Ever After Cream Night

 

Ada tujuh kandungan pada Brightly Ever After Cream Night dengan khasiatnya masing-masing. Kita lihat yuk!

  1. Glutathione merupakan antioksidan yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah, bersinar dan warna kulit lebih merata.
  2. Niacinamide membantu mencerahkan kulit wajah
  3. Natural Vit-C untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV
  4. Hexapeptide-8 membantu mengurangi kerut.
  5. Poreaway mendukung pelindung kulit dan memperbaiki tekstur dengan membuat pori-pori terlihat lebih kecil.
  6. Green Caviar membantu kulit melawan dehidrasi
  7. Aqua Peptida Glow untuk meningkatkan hidrasi kulit dan persepsi kulit bersinar.

 

Oh yah, Brightly Ever After Cream Night sudah terdaftar di BPOM RI NA 18200107912, jadi kamu tidak perlu cemas. Aman.

Kalau Brightly Ever After Cream Night dipakai pada malam hari, siangnya pakai apa?

Yaah, karena sudah kadung suka sama produk Scarlett, maka saya pakai Brightly Ever After Cream Day.

Penasaran dengan produk scarlett yang satu ini?

Berikut reviewnya.

 

Brightly Ever After Cream Day

 

Sama dengan Brightly Ever After Cream Night, beberapa kandungannya terdapat juga pada  Brightly Ever After Cream Day, seperti glutathione, poreaway dan Aqua Peptida Glow.




Berhubung krim ini digunakan pada siang hari, maka ada beberapa kandungannya yang berbeda dengan Brightly Ever After Cream Night. Tentu saja berbeda karena waktu pemakaiannya juga berbeda.

Apa saja kandungan tersebut? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

 

Kandungan Brightly Ever After Cream Day

 

Berikut ini adalah kandungan dan manfaat lain pada Brightly Ever After Cream day yang berbeda dengan Kandungan Brightly Ever After Cream Night yaitu:

  • Rainbow Algae yang berfungsi meningkatkan kecerahan dan mengurangi ketidaksempurnaan pigmen.
  • Rosehip Oil kaya asam lemak esensial dan antioksidan untuk penyembuhan luka.
  • Triceramide berkhasiat membantu untuk melembapkan kulit juga anti penuaan dan anti kerut.

 

Semua produk Scarlett terdaftar di BPOM RI maka Brightly Ever After Cream Day ini juga demikian. Terdaftar di BPOM RI NA 18200107908.

Akhirnya saya mau bilang, menggunakan rangkaian face care dari Scarlett Whitening membuat saya makin rajin merawat kulit dengan harapan kulit saya bisa semakin segar dan sehat seperti kulitnya si cantik Felicya Angelista.

Kamu juga mau kan?

Hayooo!

Produk-produk Scarlett solusinya.

Oh yah, selama masa pandemi ini, sebaiknya kita di rumah saja ya sambil merawat kulit.

 

#DirumahAjaBarengScarlett

 

 

 

 

READ MORE

Drama Memilih Sekolah untuk Anak

Tuesday, June 29, 2021

 




 

Sebenarnya drama memilih sekolah bukan hanya dialami oleh orang tua saja, melainkan ada anak yang jauh lebih drama dari orang tuanya.

Saat saya masih mengajar di desa yang cukup terpencil, dramanya tidak sedramatis mengajar di ibukota provinsi.

Kala itu, guru-guru yang sibuk mencari murid. Membujuk orang tua untuk menyekolahkan anaknya dan kami guru siap menerima resiko sekolah sepi saat musim menanam padi atau saat panen.

Tidak ada ceritanya, orang tua datang mencak-mencak agar anaknya diluluskan, karena anak mereka lulus sebelum mendaftar, ha-ha-ha.

Keadaan itu berbanding terbalik ketika saya pindah mengajar di kota.

Huaa … dramanya melebihi drama Korea.

Tak jarang saya menyaksikan air mata kemarahan, kesedihan, kekecewaan dari orang tua dan anak calon siswa baru.

Bahkan, dahulu sering terjadi permainan kotor demi agar anaknya bisa diluluskan di sekolah pilihannya.

Kalian masih ingat kan, istilah lulus lewat jendela, atau lulus pakai nota pejabat?

Nah, itu dramanya panjang banget. Bisa berjilid-jilid dan episodenya bisa sampai tiga tahun.

Ada yang rela tidak menyekolahkan anaknya untuk menunggu “pintu” sekolah pilihannya dibuka atau minimal bisa masuk lewat plafon.

 

Sekarang Bagaimana?

 

Melihat keadaan itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dengan terus memperbaiki regulasi PPDB hingga tiba pada sistem zonasi yang tiga tahun terakhir ini diberlakukan, maka pandangan orang mulai bergeser sedikit demi sedikit.

Namun, yang namanya perubahan, pasti ada saja kekurangannya.

Terutama bagi orang yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah pilihannya. Kebijakan ini sangat tidak menguntungkan. 

Oh yah, Ini berlaku untuk sekolah negeri, karena sekolah swasta bebas saja.

Jika tidak ada sekolah negeri yang berada di sekitar tempat tinggalnya, maka pasti tidak masuk zonasi.

Sistem zonasi bukanlah satu-satunya pilihan, karena pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar calon siswa baru bisa menempuh beberapa jalur pendaftaran.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, terdapat beberapa jalur pendaftaran, yaitu: Zonasi, Afirmasi, Perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi. Penjelasannya seperti berikut ini.

  • Jalur zonasi SD paling sedikit 70% dari daya tampung sekolah dan SMP dan SMA paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah.
  • Jalur afirmasi paling sedikit 15% dari daya tampung sekolah untuk semua tingkatan.
  • Jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5% dari daya tampung sekolah untuk semua tingkatan.
  • Untuk jalur prestasi tidak berlaku bagi TK dan SD kelas 1

Nah, orang tua dan calon siswa baru boleh memilih salah satu jalur tersebut, jika syaratnya terpenuhi.

Saya pernah menuliskan tentang PPDB ini di sini

 

Putus Asa Tidak Lulus di Sekolah Impian?

 

Apa yang harus dilakukan, jika anak tidak lulus di sekolah pilihannya?

Biasanya kalau baru mau masuk SD, anaknya tidak apa-apa kalau gagal masuk ke SD pilihan orang tuanya. Justru yang kecewa adalah orang tuanya, kan pilihan mereka, wkwkwk.

Beda cerita kalau mau masuk SMP atau SMA. Anak-anak sudah pandai memilih sekolah favoritnya.

Makanya saya tak heran ketika beberapa kali menyaksikan ada anak yang menangis seharian, gara-gara tidak lulus di sekolah pilihannya. Terutama saat saya bertugas di salah satu SMP yang cukup populer di kelurahan itu.

Maka apa yang harusnya orang tua lakukan jika mengalami hal seperti itu?

Menurut saya, orang tua seharusnya tampil sebagai penghibur dan pemberi jalan keluar, bahwa masih banyak sekolah yang baik dan mungkin lebih baik daripada sekolah pilihannya.

Bukannya mencari jalan lain yang tidak elok untuk memasukkan anaknya  di sekolah pilihannya tersebut. Katakan kepada anak, bahwa sekolah favorit bukan penentu kesuksesan di masa depan.

 

Sekolah Favorit Bukan Penentu Kesuksesan

 

"Bersekolah di sekolah favorit bukan penentu kesuksesan kalian." 

Ini  adalah kalimat yang saya jadikan azimat buat anak-anak saya juga kepada murid-murid yang saya ajar ketika mereka tidak lulus di sekolah lanjutan pilihannya.

Apa pasal?

Sebagai guru yang pernah bertugas di daerah terpencil, di mana sekolah tempat saya mengajar itu jauh dari kategori sekolah unggul apalagi sekolah favorit.

Bahkan saya pernah mengajar di sekolah swasta dengan tingkat sosial dan ekonomi orang tua di bawah rata-rata, maka saya bisa berkesimpulan seperti itu.

Buktinya, setelah murid-murid saya dari kedua sekolah itu tamat dan bertemu dengan mereka puluhan tahun kemudian, saya mendapati fenomena yang luar biasa.

Lulusan dari sekolah-sekolah itu banyak yang sukses, baik secara akademisi maupun ekonominya. Ada yang menjadi pejabat pemerintahan, akademisi, pengusaha, dsb.

Padahal mereka bukan tamatan sekolah unggulan apalagi sekolah favorit.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley, Ph.D.

Beliau meneliti orang-orang sukses dari berbagai bidang, lalu dari hasil penelitiannya itu, beliau menemukan kenyataan bahwa sekolah favorit hanya berada di urutan ke-23  sebagai faktor kesuksesan orang-orang sukses tersebut

Nah, kan?

Bahkan IQ seseorang hanya berada di urutan ke-21. Dan yang lebih mencengangkan, lulus dengan nilai terbaik atau katakanlah selalu mendapatkan nilai teratas, hanya berada di urutan ke-30 sebagai faktor penentu kesuksesan seseorang.

Lalu apa 10 faktor utama yang memengaruhi kesuksesan seseorang?

Yap, kesepuluh faktor utama itu semuanya adalah soft skill  berupa keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial, dsb

Lebih jelasnya dituliskan oleh Thomas J. Stanley, Ph.D, kesepuluh soft skill yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Kejujuran.
  2. Disiplin.
  3. Good interpersonal skill atau kemampuan bergaul dengan baik.
  4. Dukungan pasangan hidup atau pendamping, bisa orang tua atau orang terdekat lainnya.
  5. Tekun dan bekerja lebih keras dari yang lain.
  6. Mencintai pekerjaannya.
  7. Good & Strong Leadership atau memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
  8. Memiliki jiwa kompetitif dan semangat yang tinggi.
  9. Good life management atau mampu mengelola hidupnya dengan baik.
  10. Abilty to sell idea or product atau kemampuan menjual gagasan atau produk.

Setelah mengetahui semua ini, seharusnya tidak ada lagi drama berkepanjangan soal memilih sekolah buat anak.

Di manapun anak-anak kita bersekolah, selama kita membekali dengan soft skill yang mumpuni, maka insyaallah mereka, anak-anak kita akan baik-baik saja.

Yakinlah kesuksesan bisa diraih.

Sekalipun begitu, memilih sekolah yang baik dengan pertimbangan menempatkan anak-anak kita di lingkungan yang kondusif, tetaplah harus jadi prioritas.

Sekolah favorit bukanlah yang utama. Selama sekolah itu baik lingkungannya, guru-gurunya kompeten di jurusannya masing-masing, serta sistem pembelajarannya dijalankan sesuai aturan, maka yakinlah sekolah itu baik buat anak kita.

Demikian. Semoga bermanfaat.

 

Makassar, 29 Juni 2021

   Dawiah



********

Artikel ini diikutkan dalam Tantangan Artikel Pasukan Bloger Joeragan Artikel bulan Juni 2021 dengan tema “Memilih Sekolah”

#blogerJoeraganArtikel


READ MORE

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *