Day 1, Tema Tantangan Menulis 29 Hari Tahun Kabisat 2024

Thursday, February 1, 2024

 


Day1 #TantanganMenulis" _ www.mardanurdin.com



---- Day 1 Tema Tantangan Menulis ----

 

 

Tahun 2024 adalah tahun kabisat, di mana pada bulan Februari jumlah harinya bukan 28 hari melainkan 29 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun  adalah 366 hari.

 

Sebab itulah tahun kabisat 2024 ini saya jadikan momentum untuk menantang diri sendiri menulis selama 29 hari dengan tema random dan sesuka hati.

Saya akan menulis apa yang saya rasakan, saya lihat dan yang terbersit di hati, yang muncul di pikiran, yang menyeruak dari balik pintu kenangan, dan apa pun akan menjadi tema tulisan dalam tantangan ini.

 

Sebenarnya saya mau mengajak orang sekitar, tetapi tantangan ini tidak ada reward-nya. Jadi malu sendiri. Kasi tantangan kok, tidak pakai hadiah atau sekadar penghargaan, wkwkwk.

 

Namun, untuk menolong pikiran saya agar lebih muda menaklukkan tantangan ini maka saya coba menyusun sendiri temanya untuk 10 hari pertama. 


Tema Tantangan Menulis


Tema Tantangan Menulis_www.mardanurdin.com


 

  • Hari ke-2, temanya adalah “Yang Pertama.”  Dalam hidup kita selalu ada yang pertama dalam suatu keadaan atau suatu peristiwa yang dialami sebelum terjadi sesuatu berikutnya. Mungkin itu pertama kali naik pesawat, naik kapal laut, pertama kali jatuh hati, pertama kali makan es krim dan apa pun itu. 

  • Hari ke-3 tantangannya adalah “Sisi Positif Versi Diri Sendiri.” Ini penting untuk merawat kesehatan jiwa, bahwa setiap orang memiliki sisi terbaik dari dirinya, tetapi jarang disadari sehingga kadang ada yang selalu menganggap dirinya biasa saja. Padahal bisa jadi dia melampaui dirinya sendiri. Maka menyadari sisi positif diri sendiri, menurut saya sangat penting. Alih-alih menanti pujian orang lain, lebih baik memuji diri sendiri, tentu saja dengan jujur mengakui segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Namun, yang akan saya tulis pada hari ke-3 nanti adalah sisi positifnya saja. Soal sisi negative diri, cukuplah saya dan Allah saja yang tahu, eh, malaikat bisa juga diajak, soalnya dia pencatat amalan baik dan buruk kita bukan? Ok deh, malaikat! Kamu diajak. Hahaha. 

  • “Tahun 2023, peristiwa apa yang paling membahagiakan?” Ini adalah tema hari ke-4. Untuk soal ini, saya perlu merenung dalam-dalam agar aura kebahagiaan itu muncul lagi.

  • Tema hari ke-5 adalah “mengelola duka.” Salah satu mengelola duka atau kesedihan adalah berdamai dengan sedih itu sendiri. Mudahkah? Lihat saja nanti, bagaimana mengelola kesedihan versi saya.

  • Tema hari ke-6, “Buku yang Menginspirasi” Kamu pernah membaca sebuah buku yang saat tamat atau bahkan belum tamat membacanya, tiba-tiba hatimu bersorak, ahaaa… ini nih yang saya cari! Nah, itu tuh yang akan saya tuliskan. Sepertinya mudah. Yah, kita lihat saja nanti.

  • Hari ketujuh, sepertinya saya mulai bingung, tema apa yang akan saya tulis. Daripada bingung, saya ambil “tema bebas” saja. Maksudnya, tulis apa saja, sesuka hati seperti niat awal saya menantang diri sendiri ini. 

  • Nah, setelah tema bebas, perlu sedikit mengekang diri agar tidak bebas-bebas amat. Maka saya mengambil tema untuk hari kedelapan ini, yaitu “makanan dan kenangan.” 

  • Tema hari ke-9 saya akan menulis tentang teman lama dan teman baru. Mana nih teman lama yang masih setia sampai sekarang atau mana teman lama yang telah menghilang dan digantikan oleh teman baru. Mengapa terjadi seperti itu?

  • Tibalah kita di sepertiga bulan. Sepuluh hari pertama di bulan Februari tahun Kabisat, 2024. Tema yang saya rencanakan akan tulis adalah “kenangan yang harus dilupakan.” 

 

Tadinya saya hanya mendapatkan ide tema sampai hari ke sepuluh, tetapi ternyata saya menemukan ide lagi untuk 10 hari berikutnya.

 

  • Tema untuk hari ke-11 adalah “Caraku Merawat Diri.” Merawat diri di sini adalah betul-betul menyangkut perawatan fisik. Kalau perawatan hati, bisa dimasukkan ke tema selanjutnya.

  • Nah, tentang perawatan jiwa saya masukkan ke tema hari ke-12. Mungkin nanti saya akan mencari referensi-referensi yang sesuai. 

  • Berhubung akhir-akhir ini saya sering menonton chanel YouTube, maka bisalah masuk menjadi tema tulisan pada hari ke-13, yaitu “chanel YouTube yang sering ditonton.

  • Ada YouTube ada juga akun media sosial, maka tema hari ke-14 adalah akun Instagram siapa yang paling sering dilihat.

  • Hari ke-15, kembali ke tema bebas. Apa saja bisa ditulis di hari kelima belas ini.

  • Tema hari ke-16 adalah “peristiwa yang menyedihkan” Untuk tema ini tidak melulu soal peristiwa yang menimpa kita. Itu sih nauzubillah. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal buruk. Tentang tema di hari ke-16 ini, peristiwa menyedihkan yang mau ditulis bisa saja peristiwa yang menimpa orang dekat kita, orang jauh atau bahkan peristiwa di luar sana.

  • Berhubung ini sudah melewati pertengahan bulan, masa iya tidak ada satu pun buku yang telah tamat dibaca. Iya kan? Karena itu tema untuk hari ke-17 adalah “review buku bacaan bulan ini.” Bisa juga buku yang dibaca sepanjang tahun 2023.

  • Habis review buku, bolehlah menulis review tempat ngopi atau cafĂ©. Maka tema hari  ke-18 adalah “tuliskan review tempat ngopi yang pernah didatangi.

  • Biasanya sebelum ngopi, didahului dengan makan. Oleh sebab itu untuk tema hari ke-19 adalah “review tempat makan yang pernah dikunjungi.”
  • Sekalipun masa liburan pada tahun 2023, saya tidak kemana-mana, tetapi bolehlah ditulis “Review Tempat Wisata” event itu sudah lama berwisata ke tempat tersebut. 


Wah, ternyata sisa sembilan hari lagi menuju akhir bulan Februari, tetapi saat ini saya sudah kehabisan ide. Bagaimana kalau tema hari ke-21 dan seterusnya dikasi tema bebas saja? Setujukah kalian?

 

Atau bisa juga mengikuti cara salah satu komunitas menulis yang pernah melakukan tantangan seperti ini untuk member komunitasnya, yaitu ada beberapa hari di mana penulis menulis tema bebas yang bisa kapan saja digunakan. Misalnya pada hari ke-1 hingga hari ke-10, memasukkan dua tema bebas maka tema lainnya pindah ke hari berikutnya. 


Yup, kita lihat saja nanti. 



Jumlah Kata



Bagaimana dengan jumlah kata untuk setiap tema? Biasanya ada jumlah kata batas minimal, misalnya minimal 1000 kata. Wah, kalau untuk jumlah kata sebanyak itu, saya belum berani menantang diri sendiri. 

Jadi, mari kita sepakati bahwa jumlah kata untuk setiap tema tulisan minimal 300 kata. 

Psst, ada yang berkata dalam hati, “kita kok diajak?”

“Lah, yang menantang diri sendiri siapa?” 

Iya juga yah, wkwkwk

 

Maka kesepakatan itu sebaiknya kesepakatan antara tulisan ini dengan penulisnya saja agar tidak ada sangsi jika melanggar aturannya nanti, misalnya tema tidak sesuai dengan harinya atau tulisan tidak ada dalam tema sama sekali. 

 

Niat saya sebenarnya hanya mau menulis sesuka hati, tetapi kadang menulis sesuka hati itu menjadi tidak menulis sama sekali. Olehnya itu tantangan ini dihadirkan. 


Menantang diri sendiri, memberi hadiah untuk diri sendiri atau “menghukum” diri sendiri jika melanggar pada dasarnya adalah upaya untuk mendisiplinkan diri sendiri saja. 

Setidaknya melatih otak untuk bekerja  sekaligus melemaskan jari-jari.

Demikian, tantangan ini dibuat. Jika ada yang berminat mengikuti tantangan ini, saya sambut dengan senang hati. 

“Ayo menulis bareng-bareng!” 



Baca juga Ngeblog Asyik Bareng KEB di sini

 

Tulisan ini adalah bagian dari Tantangan Menulis 29 hari tahun kabisat 2024, di mana saya menantang diri sendiri untuk menulis sesuai tema.

 

Makassar, 1 Februari 2024

 

Dawiah

 

 

Post a Comment