Day20; Inilah Julukan Bagi Pencinta Buku

Tuesday, February 20, 2024



www.mardanurdin.com


 ----Day20; Inilah julukan Bagi Pencinta Buku ----


Beberapa waktu lalu, saya tidak sengaja melihat postingan reels Didiet Maulana yang sedang mencium buku dengan caption 

“kenapa ya bau buku enak …”

 

Serupa tetapi tak sama, kebiasaan saya juga begitu tatkala berada di toko buku. Kalau Didiet suka menciumi buku baru, saya suka menciumi aroma toko buku. Setiap kali memasuki toko buku, rasanya tingkat sensori dari  saraf olfaktoriku meningkat sehingga aroma buku dan segala apa yang ada di dalam toko buku serasa menenangkan jiwa. Lebay banget yah…

Namun, itulah yang saya rasakan makanya toko buku adalah tempat pelarian ternyaman tatkala perasaan lagi gunda gulana, eh. 

 

Terlepas dari aroma buku, ternyata ada istilah-istilah atau julukan bagi pencinta buku, mulai dari cintanya yang biasa-biasa saja hingga yang cinta mati pada buku. Yuk, kita lihat apa saja julukan itu.


 

1.    Bibliophile

 

Bibliophile adalah julukan buat pencinta buku baik membacanya dan mengoleksinya, dan merawatnya dengan baik, tetapi masih dalam batas yang wajar tidak terobsesi berlebihan. 

 

2.    Book Sniffer

 

Ada yang suka menciumi aroma buku lama atau telah usang? Jika itu kamu, maka fix kamu bisa dijuluki book sniffer.

 

3.    Bibliomania

 

Julukan ini adalah kebalikannya bibliophile, yaitu seseorang yang suka mengoleksi buku sebanyak-banyaknya meskipun tidak semuanya dibaca. Ditumpuk di rak buku begitu saja bahkan tidak dirawat dengan baik.

Namun, ada dampak baiknya, yaitu bisa membuat perpustakaan mini di rumah.Jadi kalau ada teman atau keluarga yang datang berkunjung, bisa menikmati buku yang ada di perpustakaan mini. 

 

4.    Tsundoku

 

Istilah ini adalah istilah dari Jepang yang menggambarkan situasi di mana seseorang membeli buku tetapi tidak membacanya. Memiliki kepuasan tersendiri ketika bisa mengoleksi dan memajangnya.

Sayang sekali yah, repot-repot beli buku, tetapi tidak dibaca padahal membaca itu banyak manfaatnya.

 

5.    Biblioarti

 

Orang yang dijuluki biblioarti adalah seseorang yang sangat mengagumi buku sehingga cenderung melindungi buku miliknya. Ini mungkin bisa juga disebut, cinta yang berlebihan.

 

6.    Bibliognost

 

Ini adalah julukan untuk orang yang memahami suatu buku dengan detail, bahkan hafal daftar pustaka hingga isi setiap halaman.

 

7.    Bibliotaphs

 

Ada yang suka mengoleksi buku, merawatnya dengan baik, tetapi cenderung menyembunyikannya agar tidak dipinjam? Jika itu kamu, maka kamu berhak dijuluki sebagai bibliotaphs. 

Ibarat orang yang bikin perpustakaan pribadi, tetapi lebih suka menyembunyikan perpustakaannya agar tidak ada yang pinjam dan merusaknya.

Untuk apa capek-capek bikin perpustakaan, tetapi tidak boleh dikunjungi yah?

 

8.    Bibliokleptomania

 

Wah, kalau ketemu orang yang berjulukan bibliokleptomania, segeralah menyembunyikan bukumu. Soalnya orang dengan julukan ini adalah seseorang yang pura-pura lupa kalau sedang meminjam buku. Bahkan bisa lebih parah, yaitu berniat mencurinya.

 

9.    Bibliobibuli

 

Julukan buat orang yang memiliji kemampuan membaca di atas rata-rata. Bisa menyelesaikan satu buku hanya dalam beberapa jam.

 

10.  Abibliophobia

 

Pernahkah kamu melihat orang yang sengaja tidak menamatkan bukunya? Sengaja disimpan bagian-bagian tertentu untuk dibaca lagi suatu saat nanti. Orang seperti ini biasanya dijuluki sebagai Abibliophobia. 

 

11. Bookworm

 

Ada yang suka membaca buku, tetapi tidak suka mengoleksinya? Jika itu kamu maka fix kamu dijuluki bookworm.

 

12. Omnilegent

 

Apakah kamu suka membaca semua genre buku, mulai dari fiksi hingga nonfiksi, tema fantasi atau biografi, semuanya dibaca tanpa pilih-pilih Maka kamu bisa disebut sebagai omnilegent. 

Kamu keren sekali. Para kutu buku dan suka semua isinya maka kamu pantas mendapatkan julukan ini.

 

13. Librocubicularist

 

Mayoritas pembaca buku pernah lakukan ini, yaitu membaca buku di tempat tidur. Ada yang baru bisa tidur jika sudah membaca buku, baru baca buku 10 menit, eh sudah tidur. 

Ternyata kebiasaan membaca buku di tempat tidur ada juga julukannya, yaitu librocubicularist.

 

14. Logophile

 

Ini julukan buat orang yang menyukai kata-kata di dalam buku, bahkan kata-kata itu kerap dituliskannya.

 

15. Book Hangover

 

Julukan ini diberikan kepada orang yang suka terjebak dalam dunia buku. Terkadang mereka tidak bisa membedakan antara dunia nyata dengan dunia imajinasin dalam buku.

 

16. Bookarazi

 

Ada yang suka membaca buku lalu mengabadikannya dalam foto kemudian membagikannya ke media sosialnya? Jika itu kamu, maka kamu bisa dijuluki bookarazi.

 

17. Book Bosomed

 

Pernahkah kamu melihat orang yang kemana-mana selalu membawa buku? Yup, dia dijuluki book bosomed. Kemana pun pergi, nomor satu yang wajib dibawa adalah buku dan membacanya setiap ada waktu luang.

 

Nah, dari ketujuhbelas julukan itu, kamu termasuk yang mana? Kalau tidak ada di antara ketujubelas julukan itu, jangan-jangan kamu tidak suka buku, tapi jangan jadi tidak suka membaca yah.

Ingatlah, dengan membaca dapat mengubah caramu berpikir tentang berbagai hal, membantumu memahami dunia di sekitarmu, dan memberi kamu sesuatu yang baru untuk dibicarakan dengan teman-temanmu.





Tulisan ini adalah bagian dari Tantangan Menulis 29 hari tahun kabisat 2024, di mana saya menantang diri sendiri untuk menulis sesuai tema, yang tertunda selama 12 hari. 





 

Makassar, 20 Februari 2024


Dawiah

Post a Comment