Waspadai Ginjalmu Setelah Berusia 40 Tahun

Friday, August 13, 2021

 



 

Apakah Kamu sudah memasuki usia 40 tahun atau lebih dari itu?

Apakah kamu lebih sering buang air kecil dibandingkan sebelum berusia 40 tahun?

Jangan panik. Itu adalah hal biasa bagi orang yang telah memasuki usia 40 tahun.

Tulisan saya kali ini adalah tentang salah satu organ ekskresi manusia, yaitu ginjal.

Dalam pelajaran IPA/Biologi dijelaskan kalau organ ekskresi yang tersusun dalam sistem ekskresi manusia bukan hanya ginjal. Ada kulit, paru-paru, hati dan ginjal. Kali ini kita khusus mempelajari dan mengenalil sedikit tentang organ ekskresi manusia, yaitu ginjal.


Fungsi Ginjal Manusia

 

Ginjal adalah salah satu organ ekskresi berfungsi untuk mengatur komposisi darah, tujuannya adalah menjaga konsentrasi berbagai ion, menjaga konstanta volume air dalam tubuh. Selain itu ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, merangsang pembentukan sel darah merah dan menjaga kadar kalsium.

Apakah hubungan antara ginjal, buang air kecil, dengan usia 40 tahun?

Dari berbagai sumber dijelaskan kalau saat memasuki usia 40 tahun ukuran ginjal berangsur-angsur mengecil karena jumlah sel semakin menurun. Akibatnya aliran darah yang menuju ke ginjal berkurang. Proses penyaringan darah juga tidak bekerja dengan baik, sehingga terjadilah hal-hal berikut.

Fungsi kandung kemih untuk menahan volume air mengalami penurunan, akibatnya kita akan semakin sering buang air kecil.

Otot-otot kandung kemih menjadi terlalu aktif dan semakin melemah, hal ini menyebabkan kandung kemih tidak benar-benar kosong sekalipun kita telah buang kecil, maka akan selalu ada air seni yang tersimpan di dalamnya.

Kita mengalami kesulitan menunda buang air kecil, karena otot yang mengontrol pengeluaran urine keluar dari tubuh tidak dapat tertutup rapat seperti sebelum kita berusia 40 tahun.

Sekalipun fungsinya tidak bisa kembali sama seperti waktu kita masih di bawah usia 40 tahun, tetapi kesehatan ginjal  masih bisa dipelihara. Setidaknya ginjal tidak rusak dan mengalami gangguan fungsi.

 

Merawat Ginjal

 

Bagaimanakah cara merawat ginjal agar tidak gampang rusak dan mengganggu kesehatan kita?

Dilansir dari berbagai sumber, langkah-langkah berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal.

Minum air putih paling sedikit 8 gelas sehari semalam.

Jangan menahan kencing terlalu lama, agar air seni tidak mengumpul di dalam kandung kemih

Konsumsi gula secukupnya atau ganti dengan pemanis alami seperti gula merah.

Jangan terlalu banyak minum kopi  agar tidak mengganggu kelancaran kinerja ginjal.

Jika Kamu sakit, jangan minum obat penahan nyeri secara berlebihan atau sedikit-sedikit minum obat, karena zat yang terkandung dalam obat penahan nyeri mempunyai sifat nefrotoksik yang dapat merusak jaringan ginjal jika terlalu banyak dikonsumsi. 

Tidak mengonsumsi alkohol karena alkohol mengakibatan pembesaran pada ginjal sehingga akan mengganggu fungsi hormon dalam tubuh.

Jangan mengonsumsi protein hewani secara berlebihan, karena akan mengakibatkan kinerja metabolisme pada ginjla menjadi berat

Zat yang dikandung garam adalah zat sodium dan zat chlor yang bersifat mengikis, jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan infeksi ginjal sehingga proses penyaringan zat asam amino, urea dan zat glukosa dalam tubuh tidak lancar

Tidurlah selama 8 jam atau di atas 6 jam sehari. Karena tidur kurang dari 6 jam sehari akan menyebabkan tidak seimbangnya metabolisme tubuh sehingga fungsi ginjal juga akan menurun.

Makanlah makanan yang mengandung vitamin B6, seperti kentang, bayam, gandum, dan sebagainya. Karena kandungan vitamin B6 dapat melemahkan kadar oksalat di dalam air kencing.

 

Jenis-Jenis Penyakit Pada Ginjal

 

Gagal ginjal adalah penyakit ginjal yang paling dikenal karena ini berhubungan dengan langsung, tetapi tahukah kamu kalau sedikitnya ada enam jenis penyakit dan gangguan pada ginjal.

Apa sajakah itu? Yuk, kita bahas satu persatu.


Gagal Ginjal


Gagal ginjal terdiri atas dua macam, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Perbedaan antara kedua jenis gagal ginjal tersebut adalah:

Gagal ginjal akut dapat dilihat pada gejalanya, seperti badan lemas, jarang kencing, sesak napas, penurunan kesadaran dan yang paling terlihat nyata adalah terjadi pembengkakan pada tungkai dan kaki.

Sedangkan gagal ginjal kronis adalah penurunan fungsi ginjal yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh gagal ginjal akut yang tidak ditangani dengan baik. Bisa juga karena efek samping dari obat-obatan dan bisa juga akibat penyakit seperti diabetes dan hipertensi.


Infeksi Ginjal


Gejala yang terlihat saat terkena infeksi ginjal adalah sakit pinggang atau punggung, deman, mual, lemas dan nyeri saat buang air kecil. Kadang ada darah atau nanah dalam urine.


Batu Ginjal


Ini adalah penyakit ginjal yang paling sering terjadi. Dapat ditandai dengan gejala-gejala sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil. Jika batu ginjalnya cukup besar maka bisa menimbulkan sakit pinggang yang menjalar ke punggung dan urine berwarna seperti the.

Orang yang berisiko terkena penyakit batu ginjal biasanya karena kurang minum air putih, selalu mengonsumsi makanan asin dan manis.

Jika batu ginjal masih berukuran kecil biasanya cukup diobati dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri atau obat yang direkomendasikan oleh dokter.


Nefropati diabetik


Penyakit ginjal seperti ini biasanya disebabkan oleh diabetes dalam jangka panjang. Gejala-gejalanya ditandai berupa susah tidur, gatal-gatal, urine berbusa, tubuh lemas dan terjadi pembengkakan pada wajah, lengan dan kaki.


Sindrom pada Ginjal


Sindrom pada ginjal ada dua, yaitu sindrom nefritik dan sindrom nefrotik. Penyakit sindrome nefritik ditandai pada gejala buang air kecil berdarah, demam, sakit perut, serta pembengkakan pada bagian tubuh.

Sedangkan sindrom nefrotik menimbulkan gejala urine berbusa, letih, kehilangan nafsu makan dan pembengkakan di sekitar mata, lengan dan kaki.


Tumor Ginjal


Tumor ginjal kurang lebih sama dengan jenis-jenis tumor lainnya, yaitu terdapat benjolan. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan timbulnya penyakit tumor ginjal adalah merokok dan mengonsumsi alkohol, hipertensi dan sering mengonsumsi obat-obatan tertentu serta obesitas dan pola makan yang tidak sehat.

 

Nah, itulah sedikit informasi tentang ginjal. Yang pasti saat seseorang sudah memasuki usia 40 tahun, maka ginjal sudah mulai “cerewet”

Jika ginjal begitu rawannya terkena gangguan pada saat memasuki usia 40 tahun, bagaimana dengan saya yang sudah memasuki usia 50 tahun?

Ngeri boo!

Ngeri boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai jadi stres akibat ketakutan yang penting tetap menjaga kesehatan dan menghindari hal-hal yang bisa memicu penyakit datang.

Mari menikmati semua proses perubahan fisik kita.

Anggaplah kita ini sebatang pohon yang akan meranggas pada waktunya.

 

Makassar, Jum’at 13 Agustus 2021

Salam sehat

Dawiah


39 comments

  1. Ya Allah ini artikel perlu dibookmark. Ulasan penting dan saya juga mulai sakit2an ginjal. Takut gagal ginjal kalau tak dirwat dengan baik kesehatan sejak dini.

    ReplyDelete
  2. Juli sudah merasakan buun alm suami kena gagal ginjal berat mengobati kalau sudah kena

    ReplyDelete
  3. Aku baru 40. Tapi kalau soal masalah pipis yang disebut di awal itu kayaknya udah aku alami sejak lama. Kata orang itu juga pengaruh banyak melahirkan. Benar enggak, sih?

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat dan mengingatkan aku untuk menjaga kesehatan ginjal dengan rutin minum air putih, temanku ada yang usianya masih muda tapi udah gagal ginjal

    ReplyDelete
  5. Edukasi yg mantab dan komprehensif ini Kak
    Terima kasih banyak.
    karena memang terkadang mayoritas dari kita suka lupa umur :D
    Udah 40, tapi masih abai dgn kesehatan organ tubuh, utamanya ginjal ya

    ReplyDelete
  6. Semoga kita sehat selalu ya Mbak. Asalkan selalu jaga kesehatan, niscaya tubuh kita juga baik-baik saja. Tidur cukup sehari semalam, minum air putih cukup, itu juga obat alami untuk sehat.

    ReplyDelete
  7. Tipsnya bagus mbak, mengingatkan diriku yg usianya udah 40 tahun ke atas hehehe. Biasanya aku lumayan dominan mengonsumsi karbo & protein, sayurnya nih yg kurang.

    ReplyDelete
  8. waduh warning ini buat saya yang sudah lebih 40 tahun. Makasih remindernya Bunda, mesti makin waspada nih sama kesehatan ginjal saya. Setuju mari menikmati semua proses perubahan fisik kita.

    ReplyDelete
  9. Perlu sekali ya menjaga kesehatan ginjal karena memang usia menua tidak bisa dihindari tapi bisa mengantisipasi gejala fungsi ginjal dengan lebih berhati-hati menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  10. Jujur saja membaca tulisan ini saya teringat akan rekan blogger yang belum lama ini meninggal. Entah apa pemicunya aku kurang paham. Tapi aku sendiri mencoba untuk selalu disiplin minum air putih dan menjaga makan.

    ReplyDelete
  11. Aku masih 30an tapi kalau bak langsung Mak syoor 😅 astaga ini omonganku frontal pisan euy!

    Makasih Mak Dawiah atas ilmunya, mulai sekarang akan berhati-hati dan diawet-awet ginjalnya 😭

    ReplyDelete
  12. Begitu bermakna dan menjadi pengingat tulisan ini bagi pembaca,termasuk saya sendiri. Pentingnya menjaga kesehatan terutama ginjal dengan tips mengkonsumsi air putih yang cukup dalam sehari.

    ReplyDelete
  13. ternyata menjaga ginjal itu penting banget yaa dan bisa dilakukan. sebelumnya saya nggak pernah kepikiran loh tentang merawat organ dalam gini mbak

    ReplyDelete
  14. Jangan mengonsumsi protein hewani secara berlebihan ... hm, kalau ikan bagaimana ya Kak? Apakah termasuk yang tidak boleh berlebihan?

    ReplyDelete
  15. Mendekati usia 40 ini, aku aja mulai ngerasa tubuh ga seperti dulu. Paling berasa soap metabolisme. Naah ternyata ginjalpunbakan mengalami hal yg sama ya mba.

    Setidaknya skr aku JD tau penyebabnya apa, dan apa yg bakal terjadi kalo ga dicegah. Kalo soal minum 8 gelas sehari, aku malah lebih, Krn daily aku ada konsumsi suplemen vitamin. Makanya minum airputihku juga banyak.

    Nahan kencing sih sebisa mungkin aku ga lakuin, kec terpaksaaaa bgt, misalnya sdg di jalan dan toiletnya jorok semua :(. Aku jijik kalo Nemu yg gitu. Makanya kalo sdg traveling jujur minumku ga sebanyak kalo sdg di rumah.

    Kalo utk Karbo, aku udah mulai stop nasi, dan mengganti kentang kukus memang. Utk mengurangi gula nya itu. Susah di awalnya, tapi skr mulai terbiasa, walopuuuun sesekali aku masih nasi, jika lauknya terlalu menggoda hahahaha. Tapi tetep aku Batasin kok

    ReplyDelete
  16. Duh, saya termasuk yang tidak jaga ginjal karena suka kopi dan minum manis. Hiks. Memang harus dicheck up agar kesehatan selalu terpantau.

    ReplyDelete
  17. Memang ngeri kalau inget penyakit ya, Mbak. Apalagi semakin bertambah usia rasanya semakin berisiko. Tetapi, saya pun setuju untuk jangan disikapi dengan berlebihan. Tetap berusaha hidup sehat

    ReplyDelete
  18. Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Penting banget nih menjaga kesehatan ginjal biar tetep bisa strong meski usia sudah puluhan 👍

    ReplyDelete
  19. Saya menjelang 40 dan berasa banget kondisi kesehatan sudah tidak se-prima dulu. Sudah nggak ada alasan lagi untuk menunda. Menjaga kesehatan sangat urgent apalagi jika berkaitan dengan penurunan kinerja organ tubuh. Ginjal salah satunya yang kerjanya harus dibuat lebih ringan dengan konsumsi air putih yang cukup.

    ReplyDelete
  20. Nah iya ini bener banget, aku paling sering diingatkan teman soal masalah ginjal, apalagi pas nanti usia sudah di atas 4oan. Makanya sejak dini harus rajin merawatnya. Karena dulu aku pernah punya batu ginjal, jadi sangat diperhatikan banget. Apalagi soal minum.

    ReplyDelete
  21. Beneran kalau Ibuku yang kini usianya sudah 76 tahun, jika bepergian sering minta mampir ke rest area. Hanya untuk ke toilet.
    Dan alhamdulillah,
    Sehat-sehat selalu.

    Jadi memang kudu semakin banyak pantangan makanan dan minumannya yaa, Bunda.

    ReplyDelete
  22. Warning buat aku ya ini mbak, untuk tetap menjaga kesehatan supaya ginjal juga gak bermasalah. Aku jarang minum kopi tapi teh seringnya. haru sdikurangi ya lebih baik minum air putih saja

    ReplyDelete
  23. Noted kak peer besar nih tentang kesehatan ginjal. Selama ini agak abai sakit dikit minum penahan nyeri, banyak makan protein hewani dll. Trims remaindernya

    ReplyDelete
  24. Wah pas banget nih, Mbak. ngasih pengetahuan yang positif buatku. jadi tahu gimana cara merawat ginjal. Salah satunya menghindari alkohol. Ya, ini sangat dianjurkan untuk merawat dan menjaga ginjal agar tetap sehat. kesehatan ginjal ini sangat penting. saat sakit berobat nya mahal banget. thanks artikelnya.

    ReplyDelete
  25. jadi ingat, beberapa bulan lalu, suamiku divonis gejala batu ginjal. Padahal usianya belum 40. Duh makanya sangat pentinga ya mbak buat menjaga kesehatan ginjal sedini mungkin. Caranya dengan selalu menerapkan pola hidup sehat

    ReplyDelete
  26. Wah tidurku nih masih kurang. Kadang 6 jam kadang cuma 5 jam. Kalau air putih sih udah banyak insyaallah. Tapi kemarin aku sempat didiagnosa over active bladder mba. Buang air kecil terus gejalanya. Doakan membaik ya. Memang penting menjaga ginjal

    ReplyDelete
  27. PR banget buat aku yang gak demen minum air putih, aku jadi khawatr nanti saat usiaku menua

    ReplyDelete
  28. Bener banget nih menjelang 40 an mesti waspada segala asupan makanan gak bisa lagi semua makan haha, mesti jaga kesehatan ginjal

    ReplyDelete
  29. Wah baru tahu kak, kalau obat nyeri bisa menyebabkan sakit ginjal. Noted, aku suka sekali dikit-dikit minum obat.

    ReplyDelete
  30. Jadi ngeh, berarti banyak pola makan yg salah ni. Pemilihan yg dimakan jg salah. Huhu. Saya gak mau bermasalah dg ginjal, udah sering liat gimana pasien gagal ginjal yg terpaksa cuci darah

    ReplyDelete
  31. Huhu, ngomongin ginjal jadi inget sama almarhum bapak. Dulu pernah kena batu ginjal juga. soalnya memang kerjaannya bikin dia banyak diem. Mana kurang minum juga. Alhamdulillah akhrnya bisa sembuh. Batu ginjal ini udah kayak penyakin menurun aja deh di keluarga besar kami. Semua pada kena. Lifestyle memang ngaruh banget ya ke penyakit ginjal ini.

    ReplyDelete
  32. Duh kok ngeri juga ya mba, apalagi aku udh usia 40tahun di tahun ini. Memang menjaga kesehatan itu penting banget terutama bagian ginjal

    ReplyDelete
  33. aku juga nih sejak usia 40 tahun mulai merasakan banyak hal di anggota tubuhku, tangan mudah nyeri dan sudah cepat lelah. Semoga ginjal masih sehat2 aja ya aamiin

    ReplyDelete
  34. Insyaallah kl diberi umur, November tahun ini saya genap berusia 40 tahun Mbak, wah kudu dijaga ya ginjal ini, soalnya kan udah dipake 40 tahun gitu ya... mesin tercanggih apa yg bisa bertahan sebegitu lama, makasih remindernya ya Mba Dawiah.

    ReplyDelete
  35. Nah ini juga concern saya supaya tetap aman di usia 40 tanpa ada penyakit berarti
    Makanya saya mau usahakan minum tidak kurang dari 2L perhari

    ReplyDelete
  36. Artikelnya ini bener-bener nyadarin sih. Meskipun masih jauh dari 40, udah kudu mulai waspada. Secara ginjal vital banget sih ya fungsinya. Apalagi buat kita2 yang suka duduk lama nih, kudu lebih concern ke kidney

    ReplyDelete
  37. pantesan ya, abi saya pas usia 50 baru muncuo banyak keluhan sampai kencing batu segala. dulu sering kurang minum dan gaya hidup gak sering olahraga. hmmm jd pelajaran kudu banyak yg kudu saya ubah biar gak kena batu ginjal jg

    ReplyDelete
  38. dan konsumsi kopi termasuk didalamnya... saya paling sedikit 2 gelas sehari... wah.. harusnya sudah bisa dikurangi ya kak.. kalau tidak mau kerja ginjalnya menjadi berat

    ReplyDelete
  39. Reminder banget ini sebelum tiba saatnya memasuki usia itu. Alhamdulillah baca artikel ini jadi teredukasi deh.

    ReplyDelete