Mata Kering

Monday, February 1, 2021

 

 

Mata Kering; Gejala, Penyebab, dan  Cara Mengatasinya.






Tiba-tiba saja kepalaku sakit, nyeri di bagian kening, berdenyut-denyut di sekitar  kantong mata. Mata terasa perih dan panas. Setiap memejamkan mata, denyutannya semakin menghentak. Tetapi jika saya membuka mata justru mata terasa pedis dan kering. Penglihatan sayapun menjadi kabur. 


Semakin takut rasanya, kalau-kalau ini gejala kebutaaan. Walaupun telah lama menggunakan kacamata karena menderita rabun jauh namun tidak pernah mengalami gejala seperti saat ini. Kata suami, jalan keluarnya adalah ke dokter.


Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, dokter berkesimpulan kalau mata saya kekurangan air mata alias mata saya mengalami gejala mata kering.


Mengapa saya kekurangan air mata?


Apakah karena saya termasuk gampang menangis? Melihat orang lain bersedih, saya akan meneteskan air mata ikut bersedih, mendengar berita duka saya meneteskan air mata, menyaksikan anak diwisuda saya meneteskan air mata, terharu. Bertemu dengan sahabat lama, saya meneteskan air mata, bahagia. Ya, saya begitu gampangnya meneteskan air mata.


Rupanya kekurangan air mata yang saya alami sama sekali tidak ada hubungannya dengan perasaan. Kata dokter, saya kekurangan air mata karena salah satunya adalah faktor usia.


Karena penasaran dengan jenis penyakit ini, maka saya mencari informasi dari berbagai sumber. Saya ingin mengetahui gejala-gejalanya, apa penyebabnya, dan bagaimana  mencegah serta cara mengatasinya.

 

 

Gejala Mata Kering


 

Mata kering dapat ditandai dengan melihat gejala-gejalanya, yaitu:

  • Mata terasa gatal, panas, merah, pedih dan  sering mata berair.
  • Saat mata berkedip, bagian kelopak mata terasa lengket dan mengeluarkan kotoran berlendir, dan ada sensasi seperti kelilipan atau seperti  kemasukan benda asing.
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap asap rokok, panas matahari, angin, tempat ber-AC atau udara kering.
  • Mata mudah lelah jika untuk membaca, melihat TV atau di depan komputer.
  • Mata sering terasa kabur terutama di pagi dan sore hari dan penglihatan  akan menjadi jelas setelah berkedip.

 

 

Penyebab Mata Kering
 

 

Selain karena faktor usia, produksi air mata berkurang bisa juga disebabkan oleh  pemakaian alat kontrasepsi, menopause dan pada pria biasanya pada saat andropause.


Kekurangan air mata yang menimbulkan kekurangan air pada mata bisa juga disebabkan oleh pemakaian obat-obatan jangka panjang seperti antihistamin, antidepresan, kontrasepsi oral, obat tukak lambung, betabloker, obat-glaukoma dan obat anesthesi.


Selain itu, penguapan air mata  yang berlebihan karena lapisan lemak air mata terlalu tipis disebabkan pula oleh faktor lingkungan, diantaranya udara panas dan kering, polusi udara, asap, angin, dan berada di ruang AC terus menerus.


Paling sering terjadi  walaupun tanpa sengaja dilakukan adalah lupa mengedip yang  disebabkan oleh  mata yang menatap terus menerus, seperti waktu membaca, menjahit, menonton televisi, menatap monitor komputer dan layar ponsel.



 

Cara  Mengatasi  Mata Kering


 


Setelah mengetahui gejala-gejalanya,  maka sebaiknya kita memperhatikan dan mengikuti saran dokter untuk menjaga mata dari kekeringan air mata, yaitu antara lain:

  • Hindari kondisi kering. Pastikan mata mendapat cukup istirahat saat melakukan kegiatan yang mengharuska menggunakan mata dalam jangka waktu lama.
  • Aplikasikan obat tetes mata saat melakukan rutinitas ini. Minum air putih dan perbaiki asupan gizi. Minum air putih yang banyak akan membantu menjaga selaput lendir mata tetap lembap. Makanlah makanan yang mengandung lemak omega-3, seperti  biji rami, kenari, dan ikan berlemak seperti salmon dan cod.
  • Usahakan untuk berkedip lebih sering saat membaca, menulis, mengemudi, atau bekerja di depan monitor untuk menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukaan mata.
  • Hindari menggosok mata terlalu keras, yang bisa memperburuk gejala kekeringan air mata.
  •  Saat berada di luar ruangan, usahakan memakai kacamata pelindung untuk mencegah tiupan angin dan panas matahari
  • Hindari tiupan AC-Hydryer langsung pada mata.
  • Sesekali mata dikompres dengan air hangat.

 

Jagalah mata dari  kekeringan air mata, karena keringnya air mata tidak dapat disembuhkan. Cegahlah sedini mungkin dan yang telah terlanjur menderita kekeringan air mata seperti saya, maka biasanya dokter akan memberi air mata buatan.


Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

  1. Prieharti & dr. Yekti Mumpuni, 2016, 45 Penyakit Mata – Berbagai Jenis Penyakit & Kelainan Pada Mata, Yogyakarta, Rapha Publishing.
  2. Alodokter.com

 

33 comments

  1. Mata yuni sudah mulai mudah lelah. Kayaknya memang mesti berhati-hati dan waspada terhadap mata kering dah. Kira-kira obat tetes mata apa yang bagus buat perawatan mata gitu ya Kak?

    ReplyDelete
  2. Oh, menopouse bisa jadi salah satu penyebab mata kering ya mba.. hmm, harus waspada nih. Terima kasih infonya mba..

    ReplyDelete
  3. Dulu saat sering menangis saya sempet berpikir, apa nanti air mataku habis kalau sering menangis? Ya Allah polosnya aku jaman suka nangis itu

    Saya juga suka memperhatikan mata anak-anak, kalau kulihat matanya kurang segar, aku minta mereka melakukan senam mata seperti pejam buka dan pejam buka,s erta selalu berkedip saat di depan layar

    ReplyDelete
  4. Nah, karena PJJ dan WFH, kita kan makin banyak terpapar radiasi gadget.
    Ini bikin mata kering dan cepat lelah ya.
    Saya selalu sedia obat tetes mata spesialis mengatasi mata kering.
    juga kudu minum air mineral minimal 3 liter per day.

    ReplyDelete
  5. Berarti mata lelah dan gatal salah satunya dipicu oleh mata kering ya

    ReplyDelete
  6. Apalagi depan laptop atau hp bikin mata kering banget nih Bund. Jadi keinget nih harus pakai obat mata.

    ReplyDelete
  7. Utk menghidari mata kering bunda mengupayaka meneteskan rendaman bunga telang setiap mzta cukup 1 or 2 tetes.

    ReplyDelete
  8. mata kering tuh rasanya ngga enak banget ya mba. Kita harus pahampenyebabnya biar bisa menghindarinya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih tipsnya Kak, karena aku sering kerja di laptop jadi mata ini pernah juga mengalami kering dan emang gak nyaman banget huhuhu

    ReplyDelete
  10. Bayangin mata kering rasa ya ikutan gak nyaman. Karena mata normal otomatis akan memgeluarkan cairan ya biar gak kering.Dan, aku baru tahu klo meno bisa bikin mata kering

    ReplyDelete
  11. tipsnya bermanfaat sekali. apalagi kita yg sering di depan laptop merasakan sekali, bangun tidur tiba2 ga bisa melek gara2 mata kita kering. makasi tipsnya ya

    ReplyDelete
  12. BUndaaa..
    Haturnuhun.

    Sepertinya aku jadi paham sekarang, kenapa kalau aku suka nangis (efek nonton drama, huhuu) terus udahannya suka merasa pusing.
    Ternyata ini akibat dari mata kering.

    Bagus banget artikelnya, Bundaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata kering kalau keterusan bisa bahaya ya, Bunda.
      Harus banget diantisipasi dan dikurangi triggernya. Biar mata selalu sehat dan cerah.

      Delete
  13. Mau ngompres mata pakai air hangat ah. Karena mata saya kemarin terasa pedih dan gatal plus capek juga. Pegel rasanya.

    ReplyDelete
  14. Nah ini dia, kadang kalau di depan laptop tuh lupa ya mantengin terus. Bisa disiasati juga ternyata ya dengan memperbanyak berkedip atau mengalihkan pandangan sejenak.

    ReplyDelete
  15. apalagi kayak aku ini kerja hampir 8 jam menatap layar hp dan laptop. mesti perhatian juga kepada kesehatan mata

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas sharingnya jadi tahu penyebab mata kering dan cara pencegahannya. Terutama bagi saya yang sudah kepala 4 ini meski lebih rajin membaca perihal kesehatan seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Penyebab terakhir kayaknya saya banget. Lupa mengedip saking serius baca atau pas ngetik di depan laptop.

    ReplyDelete
  18. ini pernah saya alami, tapi untuk mengatasi ini saya selalu mencuci muka sampai airnya tersebut masuk ke mata. karena keseharian saya yaitu di dpen laptop full 18 jam per hari.

    ReplyDelete
  19. Saya kalo udah kelamaan di depan gadget pasti ngalamin nih Mba.. mata kering begini. Kalo dibiarkan akhirnya kepala ikutan pusing. Ternyata beberapa tips di atas mudah diikuti ya biar bisa segar kembali matanya. Terimakasih mba..

    ReplyDelete
  20. Mata kering itu rasanya nggak enak banget ya, emang mata ini organ tubuh yang sangat vital, harus dijaga baik-baik.

    ReplyDelete
  21. Saya termasuk yg sering mata kering karena kelamaan lihat layar hp/laptop. Penjelasannya sangat membantu nih.

    ReplyDelete
  22. Aku mbayangin sakit banget ya sakit mata kering itu. Semoga tdk terjadi, mataku gak kering ini tapi perih, merah, pedes itu aja sakit apalagi sakit mata kering plus itu susah disembuhkan yah sad

    ReplyDelete
  23. Noted, mbak. Aku baru tahu gejala mata kering seperti itu. Berarti mulai sekarang harus banyakin minum air putih dan kompres air hangat nih.

    ReplyDelete
  24. Makasih infonya... mata kering yang terjadi di aku biasanya karena terlalu lama natap layar laptop dan komputer... baru tahu kalau itu nggak boleh dikucek ya... dan mata kerng kalau dibiarkan juga nggak baik...

    ReplyDelete
  25. Saya ingat dulu Omaku yang menderita penyakit mata kering, jadi sering pake obat tetes mata khusus dari dokter.

    Semoga Bunda Dawiah sehat kembali ya. Matanya bisa segera disembuhkan

    ReplyDelete
  26. Ooo usia juga bs menyebabkan mata kering ya. Sepertinya memang semakin tua harus semakin banyak konsumsi air putih ya buat kesehatan seluruh tubuh.

    ReplyDelete
  27. PDuh, saya punya potensi mengalami mate kering juga dong, soalnya saya kerap berlama-lama di depan layar komputer...
    Tapi pertanyaan yang menggelitik saya adalah, apakah seseorang yang sering nangis itu bisa mengalami mata kering? Akhir-akhir ini jadi sering nangis karena emosional saja...

    ReplyDelete
  28. salah satu yang sering kutatap semenjak WFH adalah layar layar dan layar mbak. laya handphone, layar laptop. nah penting bgt nih tau info seputar mata kering gini ya mbak

    ReplyDelete
  29. Suamiku suka mengalami ini. Entah krn aktifitas dgn gadget atau alasan lain. Biasanya dia tetesin pake cendo yg biru trs dibawa tiduran. Jadi fresh matanya n ngga kering lg.

    ReplyDelete
  30. kalau ngomongin mata, aku jadi sedih mba, sejak pandemi intensitas dengan screen gadget jadi lebih sering dan sekarang mata sebelah kanan jadi blur :(.

    ReplyDelete
  31. Mata saya juga sering lupa berkedip karena keasyikan nonton film. Mata jadi kering. Imbasnya baru dirasakan sekarang-sekarang ini ketika melihat ke arah yang jauh jadi kurang fokus.

    ReplyDelete
  32. Woo berarti mata kering berhubungan sama usia ya. makin tua makin kering dong. Haduh baru tahu saya. Harus bisa jaga mata nih biar selalu sehat. makasih sharingnya kak.

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *