Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Mewisuda 209 Mahasiswa pada Wisuda XIV Tahun 2020

Minggu, 12 Januari 2020


Sekolah Tinggi Teknologi Bandung  Mewisuda 209  Mahasiswa pada Wisuda XIV Tahun 2020




Apa yang tebersit di pikiran sahabat, manakala menyaksikan prosesi wisuda?  Terharu dan bangga kan?

Sayapun begitu, terharu, senang, dan bangga sembari berdoa, semoga para wisudawan dapat mengamalkan ilmunya dan mengaplikasikannya di masyarakat.

Perasaan dan doa itu berulang lagi kemarin pada Sabtu, 11 Januari 2020, saat menyaksikan prosesi wisuda mahasiswa STTB pada acara wisuda ke-  XIV di Harris Hotel & Conventions Hall, padahal saya hanya menyaksikannya melalui live streaming di instagram STTBandung.

Prosesi Acara




Pukul 08.00 acara dibuka oleh pembawa acara yang diteruskan dengan masuknya para wisudawan diiringi lagu dari paduan suara mahasiswa STTB.

Selanjutnya adalah penampilan tarian selamat datang oleh mahasiswa dari tim Unit Seni Tari STT Bandung, dilanjutkan dengan acara pembukaan  Rapat Senat Terbuka oleh Ketua STT Bandung, bapak Muchammad Naseer, S.Kom.,M.T.

Setelah menyanyikan secara berturut-turut lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, dan lagu Mars Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, acara dilanjutkan dengan laporan dari ketua STTB, bapak Muchammad Naseer, S.Kom.,M.T.  Selanjutnya adalah sambutan oleh Ketua Yayasan, Dr.Dadang Hermawan.

Menghadirkan Keynote Speaker Hebat




Acara yang tak kalah pentingnya pada upacara wisuda XIV STTB ini adalah pembacaan orasi oleh Dr.Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA. Melihat dan mendengar orasi ilmiah beliau  serasa menghadirkan bapak Prof Dr. BJ Habibe. Secara Pak Ilham itu adalah putra sulung beliau.

Pada kesempatan itu, Ilham Akbar membawakan orasi ilmiahnya yang berjudul “Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.”

Beliau memaparkan empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan, yaitu:

     1. Berinvestasi ke Human Capital
     2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK)
     3. Membina dan mendukung Inovasi & Kewirausahaan
     4. Meminimalkan Kemiskinan

Berinvestasi ke Human Capital dan ke IPTEK merupakan prasyarat untuk membina dan mendukung inovasi dan kewirausahaan. Ketiga hal ini akan memberi kontribusi signifikan dan berkesinambungan dalam meminimalkan kemiskinan.

Masih dalam orasi Pak Ilham, terdapat lima megatrends global yang mengubah dunia, yaitu (1) urbanisasi cepat (2) perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya (3) pergeseran kekuatan ekonomi global (4) perubahan demografi dan sosial (5) Gebrakan teknologi. Untuk menjawab pertanyaan dan  memenuhi kebutuhan dari kelima megatrends ini diperlukan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan.

Orasi ilmiah Pak Ilham diakhiri dengan kesimpulan sebagai berikut.

  •  Ekonomi di masa mendatang harus menghandalkan pada inovasi agar dapat memiliki daya saing tinggi. Untuk mencapainya, masyarakat terutama pemuda perlu aktif di UKM rintisan, seperti Start-Up diberdayakan dengan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mengerti dan menguasai rincian dan proses teknologi - inovasi -kewirausahaan adalah kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang.

 Wisudawan Wisudawati Terbaik


Sebanyak 209 mahasiswa diresmikan sebagai lulusan STTB yang berasal dari tiga program studi yang terdiri dari 113 mahasiswa Teknik Industri, 70 mahasiswa Teknik Informatika, dan 26 mahasiswa Desain Komunikasi Visual.

Dari sekian banyak wisudawan dan wisudawati terdapat beberapa di antaranya yang meraih prestasi yang membanggakan. Mereka mewakili jurusannya masing-masing.

Siapa sajakah mereka?.

Program Teknik Industri 

  Virgiawan Candra Bhakti, S.T peraih skripsi terbaik dengan judul, “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri.”

    Indra Rukmana, S.T peraih skripsi terbaik dengan judul, “Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming”

    Zaenal Uyun, S.T peraih skripsi terbaik dengan judul, “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kasei Engineering”


 Wisudawan terbaik  adalah Dheyu Laksmi  Wulandari, ST

Program Teknik Informatika


   Deri Hermawan,  S.Kom peraih skripsi terbaik dengan judul, “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android.”

   Regina Sukma Citra, S.Kom peraih skripsi terbaik dengan judul, “Klarifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naïve Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis WEB”

    Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom peraih skripsi terbaik dengan judul, “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KwH Meter Pascabayar Berbasis WEB Menggunakan Mikrokontroler”

Wisudawan terbaik Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom.


Program Desain Komunikasi Visual  


  Andri Setiawan, S.Ds peraih skripsi terbaik dengan judul, “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah”

   Bagus Arya Suseno, S.Ds peraih skripsi terbaik dengan judul, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT )7 RW 08 Baleendah Kabupaten Bandung”

  Luthfi Alfaritzi, S.Ds peraih skripsi terbaik dengan judul, “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat untuk Anak (Usia 8-12 tahun) di Kota Bandung”

Wisudawan terbaik  adalah Tiffani Zeta D, S.Ds


Alasan Kuliah di STTB


Salah satu yang menarik minat orang tua untuk memasukkan anaknya kuliah  di STTB adalah, STT Bandung selalu menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan terjun langsung ke masyarakat.

Maka tak heran jika terdapat tiga  perusahaan bersedia bekerjasama yang dibuktikan dengan penandatanganan MoU kerjasama dengan perusahaan tersebut, yaitu PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.


Selain itu, apa yang diorasikan oleh Pak Ilham, terutama untuk menjawab peranan generasi muda dalam teknologi dan inovasi di Era 4.0 sangat sejalan dengan program-program yang ditawarkan oleh STT Bandung di mana tujuannya adalah menghasilkan lulusan dan tenaga ahli yang mumpuni dan dapat bersaing di Era 4.0.


Demikian hasil liputan upacara wisuda XIV Tahun 2020 Sekolah Tinggi Teknolgi Bandung.

Selamat kepada orang tua wisudawan dan para wisudawan, semoga ilmunya berkah dan dapat berkontribusi langsung dalam meminimalkan kemiskinan di Indonesia melalui inovasi-inovasinya.  



15 komentar

  1. Masya Allah ada rasa baru bahagia kalau lihat prosesi wisuda. Semoga ilmu yang mereka dapatkan membawa keberkahan yg banyak ya Bun...

    BalasHapus
  2. Momen wisuda selalu mengharukab ya Bunda. Sudah satu fase kehidupan terlewati ketika telah menyelesaikan pendidikan tinggi
    Selamat buat wisudawan, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat buat umat. Selamat juga buat STT Bandung, semoga makin sukses dengan segala program mendidik anak bangsa

    BalasHapus
  3. Wah mengharu biru pastinya ya Mbak. Acara wisuda adalah hal yang paling membanggakan bagi mahasiswa. STT Bandung keren ya. Lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan besar. Sukses terus untuk STT Bandung. Selamat juga buat para wisudawan/wisudawati terbaik.

    BalasHapus
  4. Saat diwisuda saya sempat menitikan air mata, tp saat menghadiri anak2 diwisuda bahagia itu susah dilukiskan. Selamat untuk semua wisudawan/wati, semoga sukses kedepannya.

    BalasHapus
  5. Skripsi skripsi terbaik anak anak sttb ini kereen bgt. Kreatif. Ada yg tentang meja belajar, hate speech sampai virtual reality yg sekarang lagi marak itu.
    Penelitian yg oke itu mencerminkan lulusannya yg berkualitas oke juga. Benar kata pak ilham habibi, penting bgt menguatkan sdm negara kita ini.
    Termasuk salah satunya adalah kita sebagai orang tua atau guru itu dengan tak bosan bosannya menyemangati anak untuk meraih pendidikan setinggi tinggi nya

    BalasHapus
  6. Selamat kepada wisadawan - wisudawati terbaik STTB. Semoga ilmunya berkah ya. Keinget saat saya wisuda dulu. Rasanya merinding aja.

    BalasHapus
  7. Saat dibacakan mahasiswa dengan skripsi terbaik, aku terpana lho, Bun. Kok judulnya bagus-bagus banget, ya? Seketika membayangkan hasil penelitian dalam skripsi mereka diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

    Semogaaa, teman-teman semua yang telah menyelesaikan kuliah dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara. Aamiin.

    BalasHapus
  8. Masya Allah, skripsinya keren-keren. Terutama tentang terapi, media sosial. Teknologi bila dimanfaatkan dengan baik akan menghasilkan kebaikan juga ya, mak?

    BalasHapus
  9. Mupeng dengan keynote speaker-nya. Apalagi tema yang diangkat sangat relevan dengan kondisi saat ini.

    BalasHapus
  10. Orasi pas banget ya. Selamat kepada wisudawan semoga sukses meniti karir dan bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  11. Keynote speaker-nya mantap, pa Ilham Habibie, sosok inspirator. Sukses buat wisudawan dan sukses juga buat blog ini

    BalasHapus
  12. ga bapak ga anak ga cucu nya.. pak habibie emang jos menyisakan peninggalan yg baik utk bangsa ini.

    BalasHapus
  13. Senangnya bund bisaki hadir di sana dengar langung ilham habibie jd keynote speaker jd ada rasa bangga sendiri sama smua wisudawan yaaa

    BalasHapus
  14. Daya saing tinggi ya ... ndak disebutkan oleh Pak Ilham mengenai kolaborasi, ya Kak? Padahal sekarang digembar-gemborkan soal berkolaborasi di era 4.0 ini. Pengenku dengar pembacaan orasi oleh Dr.Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA ..... jadi kangen Pak BJ. Habibie ...

    BalasHapus
  15. STTB emang keren, para bloggernya juga keren, berkolaborasi menjadi satu bikin acara tambah waah

    BalasHapus

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Nama

Email *

Pesan *