5 Buah Penyebab Kulit Putih

Tuesday, January 28, 2020


Ingin Memiliki Kulit Putih? Gunakan 5 buah ini!


Scincare akhir-akhir ini semakin ngetop, seiring dengan semakin banyaknya perempuan yang menyadari bahwa memiliki kulit  bersih  dan mulus adalah salah satu cerminan dari kulit yang sehat.

Bagaimana dengan kulit yang putih?

Pada umumnya, perempuan Indonesia masih menganut kepercayaan, bahwa cantik itu adalah jika memiliki kulit yang putih. Padahal tidak sepenuhnya benar.
Ada yang memiliki kulit coklat, sawo matang, bahkan hitam tetapi tetap terlihat cantik. Karena cantik itu sifatnya relatif, tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Namun demikian, kulit putih masih menjadi impian primadona bagi perempuan Indonesia, mungkin karena kulit putih memberikan indikasi bersih dan sehat.

Apakah sahabat ingin kulitnya nampak putih?  Saya sih yes!😅

Nah, menjadikan kulit nampak putih itu bisa dengan cara alami, misalnya mengonsumsi buah atau sayuran. Tetapi tidak semua buah maupun sayuran yang memiliki khasiat yang sama.

Buah apa sajakah yang bisa digunakan untuk untuk merawat kulit agar kulit nampak putih? Cobalah konsumsi lima jenis buah berikut ini.

Apel



Sumber: Pixabay

Buah ini sudah tak asing lagi kan? Perempuan mana coba yang tidak kenal buah ini. Buah yang bisa dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu ini, ternyata berkhasiat mengangkat sisa-sisa debu yang menempel pada kulit. Sisa-sisa debu inilah yang menjadikan kulit tampak kusam dan terlihat tidak putih dan bersih.

Caranya adalah, gunakan pasta apel  yang dicampur dengan gliserin dan pulp. Oleskan pada kulit selama kurang lebih 15 menit. Kemudian  cucilah dengan air.

Bisa juga menggunakan masker dari buah apel dengan cara, apel diparut lalu didiamkan di dalam kulkas selama kurang lebih satu jam, setelah itu oleskan pada kulit wajah bahkan ke seluruh tubuh. Lakukan secara rutin. Insya Allah kulit akan nampak putih dan bersih.

Bengkuang


Sumber Shutterstock


Sejak dahulu, bengkuang sudah dikenal sebagai buah yang berkhasiat memutihkan kulit, karena bengkuang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B, dan vitamin C.
Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu:

Kupas kulit bengkuang lalu cuci hingga bersih, kemudian parut dan peras hingga menghasilkan air perasan yang cukup. Air perasan tersebut disimpan di dalam wadah hingga menghasilkan endapan seperti tepung.

Endapan itulah yang digunakan sebagai masker pada wajah. Bisa pula dibalurkan ke seluruh kulit, terutama yang selalu terkena sinar matahari. Setelah kering, bilaslah dengan air dan keringkan dengan handuk.  


Lemon



Sumber: Pixbay


Akhir-akhir ini, lemon bagaikan buah primadona yang disarankan diminum bersama air hangat pada pagi hari. Kabarnya, bisa mencegah penyakit maag dan bisa pula berfungsi sebagai antioksidan. Tetapi saya tidak membahas soal itu.

Bukan rahasia lagi kalau lemon mengandung vitamin C. Kandungannya itulah yang menjadikan lemon berkhasiat  menjadikan kulit tampak cerah dan putih bersih.

Caranya, peras lemon dan campurkan dengan satu sendok madu. Pakailah campuran tersebut sebagai masker kulit. Biarkan kering 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin.

Pepaya


Sumber Pixabay

Buah pepaya mengandung  enzim papain, magnesium, niasin, karoten, dan potasium. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, dan K.  Karenanya, buah pepaya  dapat membantu melindungi kulit akibat  paparan sinar matahari.

Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu dengan menggosokkan  secara langsung irisan daging pepaya ke wajah dan seluruh tubuh yang biasa terkena sinar matahari. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air. 

Jika ini dilakukan secara rutin, tiga hingga empat kali seminggu maka insya Allah  kulit akan nampak putih dan bersih.


Tomat


Sumber Pixabay


Selain lemon, tomat juga diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Karena itulah, tomat dipercaya berkhasiat memutihkan kulit.
Bagaimana cara menggunakannya?

Parut tomat dua hingga tiga biji lalu tambahkan air perasan lemon dan air mawar secukupnya. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kulit dan diamkan beberapa saat. Bilaslah dengan air. Lakukan secara rutin, insya Allah  impian mendapatkan kulit putih akan terwujud.

Bagaimana sahabat, gampang kan?

Sudah siapkah sahabat tampil cantik dengan kulit putih yang bersih dan sehat?
Selamat praktik, semoga bermanfaat.


Referensi: Buku Hidup Sehat Cara Hembing dan klinikkecantikan



31 comments

  1. Info yang bermanfaat sekali Mbak. Secara kaum hawa sangat suka merawat kecantikan. Saya pernah mencoba masker bengkuang, tapi karena tidak rutin, akhirnya gagal deh dapat kulit putih hehe. Harus rutin dan rajin ya Mbak, biar dapat hasil maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya harus rajin dan telaten. Selamat mencoba ya

      Delete
  2. Bagus ini Bun menggunakan bahan alami, namun perlu semangat dan konsistensi ya karena kan gak instan juga hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan alami itu gampang ditemukan, yang susah adalah konsistennya.

      Delete
  3. Ternyata kalau mau, cantik itu gampang ya bunda. Ga perlu mahal dan cukup pakai bahan tradisional. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Kembali ke alam ya, Bunda sayang.
    Lemon itu ngaruh banget buat saya. Dulu pernah jerawatan parah, disaranin temen pake lemon aja gak usah pake lain-lain obat kimia. Berhasil, tapi emang lamaa dan perih di wajah.

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat sekali infonya,Bunda.
    Bahannya alami semua, bagus nih buat kulit kita.
    Saya dulu parut bengkuang sendiri buat masker. Juga tomat , karena selalu ada di dapur.
    Yang jarang apel nih..banyak dimakan aja.
    Kapan-kapan dicoba

    ReplyDelete
  6. Wah, ternyata gak perlu bela beli skinker mahal ya bun biar bisa punya kulit kinclong. Eh tapi saya kok geli ngebayangin maskeran pake pepaya. Enak langsung disantap aja ya bun. hehehe

    ReplyDelete
  7. Semua buah kesukaanku bun hehehehe.. emang ya buah itu nggak hanya segar di mulut tapi juga bikin cantik seluruh tubuh��

    ReplyDelete
  8. Oh begitu ya mbak, kalau saya punya darah Cina makanya agak putih hahahaha. Kalau kulit cerah makannya apa dong mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya belum nemu, entar yah saya cariin hihihi
      Makasih loh sudah berkunjung.

      Delete
  9. Saya baru tahu dong kalau pepaya bisa memutihkan kulit, mungkin karena kandungan kaya vitaminnya ya.

    Kalau bengkuang mah sejak dulu kala ya dan digunakan hampir di semua merk kosmetik buat mencerahkan kulit :)

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata pepaya bisa memutihkan kulit ya. Saya kebetulan seneng makan pepaya dingin :))
    Ternyata yang alami juga bisa bikin cantik ya bund :)

    ReplyDelete
  11. Back to nature. Kembali mengonsumsi makanan yg disediakan alam, no junkfood hehehe..kalau saya sih udh genetik kulit gelap ya, jadi lebih milih kulit sehat saja mbak 😊😊

    ReplyDelete
  12. aduh, rasanya sayang banget kalau buat kulit. pinginnya dimakan ajaa.. hehehe..

    btw, baru tau kalo lemon bisa memutihkan kulit. ku taunya buat jerawat aja.

    ReplyDelete
  13. Ternyata dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan ini kita bisa merawat kulit dengan baik ya. Tak perlu ketergantungan dengan skincare yang ada kandungan kimiawinya. Bisa banget nih dicobain.

    ReplyDelete
  14. Seneng deh baca tulisan ini, selama ini aku hanya mengadalkan skincare euy, jarang banget menggunakan bahan bahan alami dari buah buahan, karena aku anaknya ngga mau ribet maunya beres aje nih hehe.. dan ternyata buat sendiri ngga seribet dugaanku..

    ReplyDelete
  15. Yang paling simpel pakai lemon. Tapi saya nggak pakai madu mbak hehe soalnya kurang suka yang lengket2 di wajah. Kalau yang lain saya malah pengen makannya aja hihi

    ReplyDelete
  16. Wah, ternyata dari buah yang sederhana dan ada di sekitar kita yaa.. lemon, tomat, bengkoang, tapi saya agak kurang suka semuanya.. pantesan kulit saya agak sawo matang ya mba. hihi. nanti dicoba siapa tau jadi lebih cerahan dikit kulitnya. makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  17. Mau cantik ga harus mahal ya ternyata . Apalagi buah-buahan nya ini semua buah lokal dan mudah didapatkan

    ReplyDelete
  18. Saya dulu suka pakai sabun dan luluran yang mengandung buah pepaya. Memang efektif membuat kulit jadi cerah. Dan memang harus telaten pakai sunblock juga biar ngga gosong kena sinar matahari

    Keluargamulyana

    ReplyDelete
  19. Pake tomat emang syeggeer banget yaa..
    Aku baru tau tapi...ini ilmu baru, bikin kulit cerah itu mudah.

    ReplyDelete
  20. Merawat kulit rajin makan bengkuang dan tomat hehe, aku dari kecil senang konsumsi ini mbak dan kadang dijadikan tepung buat balur memang agak tradisional sekarang pilih yang instan sih hehe

    ReplyDelete
  21. aku biasa pake tomat soalnya seger mbak

    selan biar makin putih bersih juga bsa mengurangi radang karena jerawat setahuku

    ReplyDelete
  22. Aku dari remaja pakai bengkoang tapi ga bisa putih sih. Soalnya dasar kulitnya coklat hihi tapi manfaatnya kulit aku gak mudah terserang jerawaat dan lembut hihi.... Belum pernah nyoba apel, next coba ah

    ReplyDelete
  23. Alami semua. Selain peroleh kulit putih mulus, kulit juga bakal sehat dan seger ya Mbak. Gampang pulak nyari bahannya. Di pasar pasar sudah ada.

    ReplyDelete
  24. Auto cek isi kulkas, adanya cuma tomat ini. Hmm, nanti mau coba juga lah ah, kapan2.
    Kalau bengkoang mah udah bukan rahasia umum lagi ya, kalau bahas kulit putih alami pasti jawab bengkoang kan ya 😁

    ReplyDelete
  25. Sudah jadi fitrahnya manusia ya Mbak ingin sesuatu yang berbeda dari yang dimilikinya. yang punya kulit gelap ingin lebih putih, yang punya kulit putih ingin lebih gelap. :)

    ReplyDelete
  26. aku suka banget konsumsi apel :D enak dan mengenyangkan!

    ReplyDelete
  27. asyik nih. makan buah, selain sehat juga cantik, ya

    ReplyDelete
  28. seringnya menggunakan masker tomat, karena yg paling sering ditemuin di rumah hehehe
    memang untuk mendapatkan hasil yang optimal kuncinya kudu telaten dan sabar

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *