Sidang Senat Terbuka Wisuda XVII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Monday, May 23, 2022


 

Habis Ramadan terbitlah Syawal, habis kuliah terbitlah wisuda hihihi, agak maksa ya pantunnya, tetapi bukankah begitu seharusnya dalam dunia perkuliahan?


Setelah berjuang belajar dan mengerjakan tugas-tugas hingga melaksanakan program magang selama perkuliahan maka hal yang paling dinantikan oleh seorang mahasiswa adalah wisuda dan akhirnya berhak menyandang gelar sarjana.




 

Yeeii, sudah sarjana maka tibalah waktunya ilmu dan pengalaman selama proses perkuliahan diaplikasikan. Apakah dengan bekerja di tempat yang sesuai dengan bidangnya atau malah menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.KOM.,M.T, bahwa wisuda adalah awal untuk melangkah selanjutnya dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

 

Sambutan tersebut, beliau sampaikan pada sidang senat terbuka wisuda XVII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang berlangsung pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 di The Trans Luxury Hoterl Bandung. 

 

Bagaimana prosesi acara wisuda XVII STTBandung tersebut? Inilah hasil laporan saya setelah meliput online sidang senat terbuka wisuda XVII STTB.

 

Susunan Acara Wisuda XVII STT Bandung

 

 

Pembukaan

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Laporan Ketua STT Bandung

Sambutan-Sambutan

Orasi Ilmiah

Pembacaan SK Ketua STT Bandung

Pelantikan Wisudawan

Penandatanganan MoU

Penyampaian kesan dan janji wisudawan

Pembacaan doa

Penutupan sidang senat terbuka

Ramah tamah

 

Alhamdulillah, wisuda tahun ini seratus persen berlangsung secara offline setelah dua tahun berturut-turut dilaksanakan secara online dan hybrid.

 

Acara pembukaan dimulai dengan masuknya jajaran senat STT Bandung yang ke dalam ruangan diiringi lagu Gaudeamus Igitur. Kemudian penampilan tari Sancang Gugat dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan lagu mars STT Bandung. 

Lalu acara selanjutnya adalah laporan ketua STT Bandung.

 

Laporan Ketua STT Bandung

 




Dalam laporannya, ketua STT Bandung, bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. menyampaikan perkembangan STT Bandung selama satu tahun terakhir. 

Beberapa perkembangan STT Bandung sepanjang tahun 2021-2022 adalah sebagai berikut.

 

STT Bandung sebagai perguruan tinggi di bidang teknologi  dan desain semakin mendapat sambutan positif dan antusias dari berbagai kalangan baik di tingkat nasional maupun di tingkatt internasional.

 

Telah dijalankan program kerja sama  dengan Lithan Academy, salah satu institusi pendidikan di Singapura dan beberapa perusahaan swasta lainnya di luar negeri  dalam bidang pemagangaman. 

 

Bekerja sama dengan institusi pemerintahan Kota Bandung  dan Provinsi Jawa Barat  yang meliputi kerja sama  di bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pembangunan Jawa Barat.

 

Kerja sama dengan BP2MI yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengembangan kompetensi  SDM untuk pekerja di luar negeri.

 

Telah dijalankan pula program Dual Degree STT Bandung dengan ITB STIKOM Bali  untuk jurusan Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual sehingga mahasiswa yang masuk dalam program ini nantinya akan menerima gelar Sarjana Komputer dari ITB STIKOM Bali dan Sarjana Desain dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

 

Dalam proses Tri Darma Perguruan Tinggi dan pengembangan sumber daya STTB Melakukan kerja sama dengan ISBI Bandung, Universitas Telkom dan Aptikom Jabar.

 

Demi meningkatkan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, STT Bandung melakukan kerja sama dengan BUMN yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti Gemah Ripah Wibawa Mukti, PT Jamkrindo, Bank Mandiri, PT Teknologi Cakra Internasional, Agatha Internasional, SMESHub Indonesia dan yang lainnya.

 

Selain melakukan kerja sama dengan PLN, STT Bandung juga melakukan kerja sama dengan Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Provinsi Jawa barat dalam pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Kewirausahaan (ASIK) di lingkungan Sekertaris Daerah Bagian Ekonomi yang diwakili oleh dua orang mahasiswa Teknik Industri.

 

Salah satu modal sarjana keluaran STT Bandung adalah mereka telah dibekali dengan Sertifikat Nasional yang memungkinkan mereka mendapatkan pengakuan dari berbagai instansi nasional maupun internasional.

 

Sepanjang tahun 2022 sampai bulan Mei, STT Bandung telah melakukan 2 kali program sertifikasi yang diikuti oleh 255 mahasiswa dan alumni sehingga menghasilkan meningkatnya kuota pekerjaan di sejumlah perusahaan terhadap lulusan STT Bandung.

 

Peran STTB dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, telah mengadakan program vaksinasi Covid-19 mulai vaksinasi dosis pertama, kedua, hingga booster yang mencapai 4500 dosis yang ditujukan untuk masyarakat umum dan mahasiswa. Bahkan sejumlah mahasiswa dilibatkan sebagai tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi di beberapa sentra vaksinasi.

 

Untuk menajamkan keseriusan dalam berkontestasi inovasi bisnis di era Revolusi Industri 4.0 ini, STT Bandung telah mendorong pengembangan Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi Kreatif (P-IBEK) yang berfokus pada inovasi dan inkubasi bisnis bagi mahasiswa dan alumni dalam berbagai bidang. 

STT Bandung memiliki puluhan produk inovasi dari dosen, mahasiswa dan alumni dalam bidang pertanian, perikanan, sosial masyarakat dan pariwisata. Beberapa di antaranya adalah:

  • Smart Aquarium
  • Virtual Reality Teraphy
  • Sistem Kendali Lampu
  • Transplanter padi
  • Mesin pengupas kopi, 
  • BED 2 Petient Mover
  • 3D printer
  • ioT detector air sungai, 
  • Aplikasi RWKU
  • Barber app
  • rocket stove
  • ASIKMI App 
  • Rash picking games.

 

Yang terakhir, bersama SMESHub Indonesia dan Kemenparekraf, STTB berkomitmen untuk mendorong ekosistem UMKM dalam 17 sub sektor ekonomi kreatif. Dalam hal ini, SMESHub Indonesia mendampingi inkubator bisnis STTB untuk mencetak pengusaha muda yang mendunia. 


Selain berbagai pencapaian yang diperoleh baik oleh mahasiswa, dosen maupun alumni, Ketua STTB juga menyampaikan kabar gembira, bahwa pada tahun ini STT Bandung telah berproses dan bertransformasi dari sekolah tinggi menjadi universitas.

 

96% dari 170 orang dosen telah memenuhi ketentuan pemerintah yaitu telah mengantongi gelar S2 dan S3 dan sepanjang tahun  2022 ini sekitar 10 orang dosen tetap yang sedang dan akan menempuh studi doktor di perguruan tinggi dalam dan luar negeri dan kabar baiknya, para dosen tersebut akan mendapatkan beasiswa dari LPDP Kementerian Keuangan dan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa Besiswa Unggulan.

 

Dari sisi penelitian dan pengabdian masyarakat, para dosen STTB menunjukkan minat yang sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan diraihnya beberapa prestasi sebagai berikut.

 

  1. Lolosnya pengajuan 5 proposal untuk kebutuhan program matching fund dari Kedaireka. 
  2. Dua proposal lolos pengajuan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Lima dosen lolos menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) program kampus mengajar.
  4. Para dosen mengajak Google Business untuk meningkatkan pendapatan bisnis masyarakat melalui dua kali webinar. STTB juga mengenalkan transformasi dan teknologi digital kepada masyarakat berupa pemberian berbagai webinar, workshop pembuatan website, diskusi online dan seminar.

 

Untuk prestasi mahasiswa, jumlah organisasi mahasiswa sebanyak 18 unit dengan jumlah kegiatan di pertengahan tahun ini sebanyak 523 kegiatan. 

Ketua  STT Bandung juga melaporkan bahwa tahun ini jumlah wisudawan sebanyak 142 orang yang terdiri dari 78 orang dari Teknik Industri, 53 orang dari Teknik Informasi dan 11 orang dari Desain Komunikasi Visual dengan masa kuliah ditempuh rata-rata selama 3,5 tahun sampai 4 tahun. Sehingga sampai wisuda ke XVII alumni STT Bandung berjumlah 2342 orang,

 

Laporan Ketua STT Bandung ditutup dengan pesan kepada orang tua dan wali wisudawan.

 “Tugas kami mendidik telah usai, tetapi tugas kami mendampingi tidak akan pernah selesai.” 


Sambutan Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia Bandung

 

Rasa suka cita disampaikan oleh Prof.Dr.I Made Bandem, MA selaku ketua Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI) Bandung atas penyelenggaraan acara wisuda secara onsite sejak pandemik. Termasuk kebanggaan atas laporan ketua STTB.

 

Harapan beliau, dengan momentum Kebangkitan Nasional 20 Mei menjadi tahun dan masa awal kebangkitan untuk melangkah maju pascapandemi.

Ada hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik di balik gempuran pandemi, yaitu adanya kebersamaan termasuk kreativitas yang terbukti kita mampu menjalankan roda kehidupan sebagai mana mestinya. 

Sebagai contoh, kecanggihan teknologi di dunia medis telah mempercepat pembuatan beragam vaksin covid-19 dan termasuk teknologi lainnya.

 

Sambutan Kepala LL DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten 

 

Kepala LL DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, DR. M.Samsuri, S.Pd.,M.T menyampaikan pesan agar ke depan STT Bandung bisa berubah menjadi universitas yang menekankan peningkatan kualitas lulusannya.

 

Ada empat hal penting yang beliau sampaikan kepada wisudawan, yaitu:

  1. Agar para wisudawan jangan pernah berhenti belajar karena kesuksesan  wisudawan justru akan ditentukan setelah lulus. Orang yang terus belajar akan memiliki masa kini dan masa yang akan datang, jika berhenti belajar maka hanya akan memiliki masa lalu.
  2. Terus membawa nilai-nilai kerja keras dan integritas. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya.
  3. Lakukan dengan istiqomah atau konsistensi. Jangan hanya menjadi petir yang menyambar satu atau dua kali saja. Keras tetapi hanya sebentar saja. Jadilah tetesan2 air sehingga sanggup menghancurkan batu sekalipun.
  4. Jadilah pribadi-pribadi yang mengedeoankan karakter serta keyakinan yang kuat dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Kuasa serta memiliki ahlak yang baik.

 

Orasi Ilmiah Oleh CEO dan Founder SMESHub Indonesia

 

Selaku CEO dan Founder SMESHub Indonesia, Lutpi Ginanjar memaparkan bahwa di era ini anak muda adalah elemen penting dalam menggerakkan dunia  yang mengalami perubahan yang signifikan, baik di dunia kerja dan bisnis maupun dalam dunia Pendidikan.


Hal ini disebabkan oleh disrupsi yang berdampak terjadinya kondisi di mana mesin atau robot akan menggantikan keberadaan manusia.

Namun, wisudawan tidak perlu khawatir tentang masa depan karena kuncinya terletak pada inovasi dan kreativitas.


Orasi ilmiah ditutup dengan pesan.

"Tempat yang tepat selalu menghargaimu dengan cara yang benar, jika tidak dihargai jangan marah, berarti kamu berada di tempat salah. Karena mereka yang mengetahui nilaimu, akan menghargaimu."

 

Seusai orasi ilmiah oleh bapak Lutpi Ginanjar, sambutan berikutnya oleh Direktur Kelembagaan Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Lukman, S.T., M.Hum yang mengucapkan selamat kepada STT Bandung dan seluruh wisudawan.




 

Setelah acara pemberian penghargaan wisudawan terbaik, maka dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan mitra Kerjasama STTB baik dengan pemerintah maupun swasta. Dilanjutkan dengan acara penyampaian kesan dan pesan dari wisudawan oleh dan pengucapan janji wisudawan.





Acara sidang senat terbuka wisuda XVII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ditutup dengan pembacaan doa.


Selamat kepada para wisudawan. Semoga ilmunya berkah dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan bangsa.


Sukses terus Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

 

 

9 comments

  1. Selamat atas wisuda STT Bandung, tambah sukses dan inovatif apalagi setelah perubahan menjadi universitas bunda

    ReplyDelete
  2. Argh jadi pengen wisuda lagi kalau liat yang beginian tapi ku tak sanggup pendadarannya bikin ga bs tidur seharian soalnya hehe

    ReplyDelete
  3. Google Business ini memang bagus dihadirkan di kampus-kampus karena mahasiswa butuh tahu, utamanya yang punya usaha, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Rupanya hal ini disadari juga oleh STTB, ya.

    ReplyDelete
  4. Wisuda itu adalah saat yang mengharukan, bayangkan, semua usaha belajar betahun-tahun akhinrya mencapai puncaknya, dinyatakan lulus dan diwisuda menandakan selesainya masa belajar dan saatnya mengaplikasikan pelajaran itu di dunia nyata. Selamat Wisuda

    ReplyDelete
  5. Seneeeng ya mba wisuda udah bisa offline lagiiii 😍😍😍. Aku ngikutin wisuda adekku THN kemarin, dan itu masih online. jujur jadi ngantuk 🤣. Tapi ga mungkin left, demi si adek 😄.

    Syukurlah kalo udh bisa dirayakan di gedung atau hotel lagi. Wisuda itu memang momen paling dinanti kok stiap mahasiswa 😁

    ReplyDelete
  6. Momen ini mengingatkanku saat Wisuda dulu, kehadiran Ibu yang jauh dari kampung mendampingiku, awalnya aku merasa ga perlu didampingi, tp sepertinya Ibu memaksa hadir demi hari bahagia ku dan mengingatkanku untuk sadar diri (kamu segera gawe nak) hihi

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah,
    Hal yang dinantikan setelah sekian lama berjuang adalah finish line bernama wisuda.
    Meski setelah ini akan terbuka fase baru, namun semangat wisuda dan petuah bijak dari para Bapak dan Ibu dosen akan menambah daya juang di fase berikutnya.

    Selamat dan sukses untuk para wisuda dan wisudawati STT Bandung.

    ReplyDelete
  8. wisuda adalah sesuatu yang sangat dinantikan dimana semua perjuangan saat sekolah terbayar saat itu juga. Betapa membahagiakan sekali ketika berhasil membanggakan semua orang. Semoga bermanfaat semuanya bagi nusa dan bangsa

    ReplyDelete
  9. kalau mendengar acara wisuda seperti ini tuh rasanya kangen banget pengen sekolah lagi rasanya, aamiin semoga

    ReplyDelete