Sambut Masa Pensiun Dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome

Sunday, April 30, 2023



Berkonten Ria Bersama IndiHome/mardanurdin.com
Sumber gambar: Pinterest


Sambut Masa Pensiun Dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome


Tanggal 11 bulan 11 adalah angka cantik sekaligus angka berkah buat suami saya, sebab di tanggal dan bulan itulah beliau dilahirkan di dunia, tetapi pada tanggal itu pula beliau resmi menjadi purnabakti sebagai guru ASN. 

Setahun sebelumnya, beliau sering bertanya baik kepada saya maupun kepada dirinya sendiri, “Kegiatan apa yang sebaiknya saya lakukan kalau nanti masa pensiunku tiba yah?”

Pernah juga beliau berkata, “Mama nanti kalau pensiun enak, sudah ada kegiatannya yang menanti, sedangkan saya tidak tahu mau melakukan apa.

Saya hanya bisa menghiburnya dengan mengatakan bahwa masa pensiun bukanlah akhir dari segalanya, masih banyak hal yang bisa bapak lakukan. Namun, sejujurnya saya pun bingung dan tidak bisa memberikan saran tentang apa saja yang bisa beliau lakukan.

Hingga masa itu benar-benar tiba dan pada 1 Desember 2022 beliau tidak ke sekolah lagi mengajar. Saya mengamati aktivitasnya sembari memantau perubahan sikap dan sifatnya. Alhamdulillah aman.

Beliau tenang-tenang saja dan sepertinya menikmati masa pensiunnya dengan bahagia. Bangun dini hari lalu ke masjid untuk salat subuh masih rutin dilakukan. Jika waktu masih aktif beliau cepat-cepat pulang dari masjid lalu bersiap-siap ke sekolah, sekarang tidak lagi. Beliau menghabiskan waktu subuh hingga pagi di masjid. Setelah pulang, beliau mengabarkan dengan mata berbinar, “Ma, tadi saya mengaji dua lembar.” 

Sementara itu, jauh di lubuk hati saya, kecemasan menjalani masa pensiun terkadang datang tanpa diundang. Sekalipun saya merasa sudah mempersiapkan diri menyambutnya manakala masa itu benar-benar tiba. 

Jika Allah Subhanahu wataala menganugerahi usia panjang maka saya pun akan pensiun pada awal tahun 2025. Itu berarti masa kerja saya sisa 1 tahun 8 bulan dari hari ini. 

Apa yang akan saya lakukan?

Dari berbagai artikel dijelaskan tentang berbagai aktivitas yang bisa dilakukan setelah pensiun. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.


Aktivitas Setelah Pensiun


Salah seorang teman purnabakti pernah bercerita kepada saya, bahwa saat ia baru saja memasuki masa pensiun, ia merasa bebas dari segala aktivitas yang sekian puluh tahun ia jalani. Ia senang karena seakan menikmati liburan tanpa batas, tetapi itu tidak berlangsung lama karena lama kelamaan ia merasa bosan dan bingung mau melakukan apa lagi selain berleha-leha dan tidur sepanjang hari. 

Satu hal yang harus dipahami dan diyakini bahwa masa setelah pensiun bukan berarti waktu untuk bermalas-malasan semakin panjang. Justru itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan banyak hal yang mungkin tidak bisa dilakukan sewaktu masih aktif bekerja. 

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan setelah pensiun.


Berkonten Ria Bersama IndiHome/mardanurdin.com
Gambar dibuat di Canva

                                           


Melakukan Hobi yang Tertunda


Bisa jadi kita memiliki hobi yang tidak bisa dilakukan sewaktu masih aktif bekerja karena waktunya tidak cukup. Maka setelah pensiun, hobi itu bisa kembali ditekuni. 

Seperti suami saya yang hobi bermain musik dan melukis. Jauh sebelumnya, beliau sudah memesan peralatan melukis, seperti kanvas, kuas, cat air, cat minyak, standing, dan sebagainya. Sekalipun sampai hari ini beliau masih sibuk dengan urusan lain dan hanya sesekali bermain musik. 

Ada yang hobi membuat kerajinan tangan? 

Nah, ini adalah waktu yang tepat untuk kembali mengerjakannya, merajut misalnya. Atau ada pula yang hobi berkebun, memelihara tanaman hias atau memelihara hewan seperti memelihara ikan hias dsb. Yang hobi memasak pun bisa dikembangkan, siapa tahu bisa menjadi sumber penghasilan baru dengan menjual makanan. 


Menjadi Sukarelawan


Menjadi sukarelawan bisa menjadi solusi untuk menghabiskan waktu setelah pensiun. Berbagai jenis aktivitas relawan bisa kita pilih, seperti relawan pendidikan, relawan kesehatan, relawan lingkungan, relawan sosial kemanusiaan, relawan edukasi politik, dan sebagainya. 


Mempelajari Hal Baru


Pensiun dan usia tua memang identik dengan kelemahan fisik, tetapi bukan berarti otak juga harus melemah dan berhenti bekerja. 

Maka mempelajari hal baru bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas yang dijalani setelah pensiun. Menantang otak untuk terus bekerja akan membantu meningkatkan fungsi otak. 


Melakukan Olahraga Ringan dan Rutin


Bagi pensiunan melakukan olahraga ringan secara rutin akan membantu menjaga kesehatannya. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, cukup berjalan kaki 30 menit setiap hari atau sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kemampuan.


Bersosialisasi


Menjalani masa pensiun dalam kesepian tentu tidak sehat bagi tubuh dan mental maka lakukanlah sosialisasi, seperti ikut kegiatan majlis taklim, pengajian, dan sebagainya. Jalinlah komunikasi dengan orang lain dan bersosialisasilah dengan baik.


Membuat Rutinitas Baru


Bagi pensiunan yang sudah terbiasa dengan rutinitas harian yang teratur, menjalani hari-hari setelah pensiun bisa membuatnya bosan dan stres karena kehilangan rutinitasnya. 

Agar terhindar dari stres karena kehilangan rutinitasnya itu maka sebaiknya menyiasatinya dengan membuat rutinitas baru, seperti antar jemput cucu, pergi pulang sekolah, merawat tanaman setiap pagi dan sore, dan sebagainya.


Menyambut Masa Pensiun Dengan Berkonten Ria


Lansia membuat konten? 

Mengapa saya menyebutkan pensiunan adalah lansia, karena pada dasarnya orang yang menjalani masa pensiun pada umumnya bisa dikategorikan sebagai lansia. Walaupun tidak selalu benar karena ada juga yang sudah pensiun, tetapi belum termasuk kategori lansia. 

Mungkin ada yang menertawakannya atau menyangsikan kemampuannya, tetapi tidak berarti tidak bisa bukan? 

Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu pengertian tentang konten agar pikiran kita lebih terbuka bahwa membuat konten itu tidak selalu identik dengan generasi milenia atau generasi Z. Generasi X juga bisa kok


Apa itu Konten


Menurut KBBI, konten adalah informasi yang tersedia pada media atau produk elektronik. Kita bisa menikmati berbagai jenis konten yang disediakan oleh bermacam-macam media, seperti internet, televisi, radio bahkan bisa dilihat langsung melalui pertunjukan panggung, seminar maupun konferensi.

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, maka konten bisa disebut sebagai raja dalam media online. Semua orang dari berbagai lapisan masyarakat bebas menikmati berbagai jenis konten melalui media online, mulai dari konten hiburan hingga konten serius seperti konten politik. 

Menurut Komunikasipraktis.com terdapat 12 jenis konten pada media online yang paling banyak diminati oleh pengguna internet pada tahun 2019, yaitu:

  1. Konten entertainment atau hiburan
  2. Konten Traveling
  3. Konten video viral
  4. Konten meme
  5. Konten inspirasi
  6. Konten motivasi
  7. Konten gambar indah
  8. Konten quote
  9. Konten human interest atau kisah-kisah menyentuh
  10. Konten tips dan trik
  11. Konten video tutorial
  12. Konten polling

Berdasarkan informasi di atas, mana nih kira-kira konten yang cocok buat pensiunan dan lansia?


Berkonten Ria Bersama IndiHome Bagi Pensiunan


Terdapat berbagai jenis konten yang bisa dilakukan oleh pensiunan maupun para lansia. Seperti suami saya yang bisa serta hobi melukis maka hasil lukisannya bisa dijadikan konten atau proses melukisnya dijadikan konten berupa video tutorial. 

Cukup bermodalkan internet provider yang bagus seperti IndiHome dari Telkom Indonesia maka pensiunan seperti suami saya pun bisa berkonten ria. 

Alhamdulillah, usulan saya kepada suami disambut dengan baik, apalagi kami sudah lama berlangganan IndiHome sebagai sarana untuk melakukan konten di media sosial atau di media INTERNET lainnya.

Lalu bagaimana dengan persiapan masa pensiun saya? 


Menyambut Masa Pensiun Dengan Blogging

 

Berkonten Ria Bersama IndiHome/mardanurdin.com


Jika suami saya mempunyai hobi melukis dan sudah merencanakan untuk menjadikannya konten maka saya selangkah lebih maju dari beliau. 

Sejak tahun 2015, saya memutuskan untuk serius menekuni dunia kepenulisan. Berbagai jenis pelatihan kepenulisan saya ikuti demi meng-upgrade pengetahuan saya tentang menulis. 

Dan semua pelatihan kepenulisan yang saya ikuti itu tidak ada satu pun yang dilaksanakan secara offline. Sehingga hubungan saya dengan internet provider sudah sejak lama terjalin dengan mesra. 

Sejak itu pula keluarga saya menjatuhkan pilihan pada Telkom Indonesia dalam hal ini IndiHome. Kehadiran IndiHome dalam keluarga kami tak pernah mengecawakan, sehingga proses pembelajaran menulis saya berjalan lancar hingga mengantarkan saya pada berbagai pencapaian seperti berhasil menerbitkan buku solo dan beberapa buku antologi. 

Demikian pula dalam blogging yang hingga saat ini saya masih melakoninya dengan bermodalkan internet yang lancar dari Telkom Indonesia.

Bismillah, saya siap menyongsong masa pensiun yang bahagia dan terus berkarya dengan menghasilkan konten-konten yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berkonten ria di masa pensiun? Kenapa tidak, selama ada IndiHome dari Telkom Indonesia maka internet yang dibutuhkan dalam membuat konten pun berjalan lancar.  

Selamat menyambut masa pensiun buat kawan-kawan yang seumuran, jangan cemas sebab masih banyak yang bisa kita kerjakan.


Makassar, 30 April 2023 


Dawiah

 


Referensi

https://www.komunikasipraktis.com/2019/05/pengertian-konten-dan-jenis-jenisnya.html diakses pada tanggal 28 April 2023

https://hellosehat.com/lansia/olahraga-lansia/kegiatan-setelah-pensiun/ diakses pada tanggal 28 April 2023

14 comments

  1. Saya juga sangat terbantu dengan langganan IndiHome. Hampir semua pekerjaan dan kegiatan di rumah menggunakan internetnya Indonesia IndiHome ini. Dari ngeblog, bekerja, dan belajar online, hingga hiburan seperti streaming pake internet rumah.

    ReplyDelete
  2. Betul banget Bu, masa pensiun harus dinikmati ya, kayak papa saya, hobbynya menonton China movie dan lagu-lagu China, alhamdulillah sejak ada internet di rumah beliau suka bersantai sambil stel youtube gitu.

    ReplyDelete
  3. Bu, semoga sehat selalu ya. Saya ikut senang dengan orang-orang yang bisa menikmati masa pensiun dengan kegiatan bermanfaat, Tentunya agar melatih daya ingat agar tak mudah lupa juga ya

    ReplyDelete
  4. Horeee...join the club. Selamat menyiapkan masa purnabakti Bun. Tanggal 1 Mei 2023 kemarin tanggal bersejarah buat saya. Pikiran saya malah, hari ini jalan-jalan ke mana ya. Di Bandung saja dulu...Udah ancang-ancang mau mereview tempat, bangunan, cafe, gallery, apa aja lah buat konten kaaan...Semangaaat...

    ReplyDelete
  5. Mamaku juga Bulan Juni nanti udah mulai pensiun Bu sebagai guru ASN pula. Ibuku sih suka baking kayanya nanti beliau akan menekuni hobinya. Buat yang jadi blogger atau konten kreator udah enak ya menikmati masa senggang dengan nulis or ngonten. Ditambah fasilitas internet cepat dari IndiHome pasti membantu sekali

    ReplyDelete
  6. Pensiun yang produktif, Bu. Hehe.. saya jadi ingat mertua saya, akan pensiun juga di September ini. Sepertinya kalau bikin konten juga akan lebih positif. Jos!

    ReplyDelete
  7. masa pensiun ibu saya lebih banyak menikmati konten daripada membuat konten he he... suka buka youtube ceramahnya ustadz atau pengajiannya kiyai2. seperti gus baha', ust adi hidayat, atau ust abd somad

    ReplyDelete
  8. Saya pun sudah memikirkan masa pensiun dari sekarang. Semakin direncanakan, semakin baik hasilnya. Bikin konten di masa pensiun pasti menyenangkan. Apalagi masa pensiun generasi zaman now, pasti pada melek tekhnologi.

    ReplyDelete
  9. Masyaallah, selamat ya mbak. Sungguh purnatugas yang mengharukan. Apalagi mengabdi separuh usia sebagai guru. Berkah pahala besar untuk mbak sekeluarga.

    Setelah pensiun bener banget, bisa melakukan hobi yang tertunda. Apalagi sekarang bebas berkonten ria dari rumah, bisa menebar manfaat dan dapat cuan.

    ReplyDelete
  10. masa pensiun jadi masa yang agak sulit diterima dan di lewati oleh sebagian penisunan PNS ya, termasuk beberapa teman ibu saya dan bahkan ibu saya. tetap aktif selama masa pensiun jadi hal yang penting agar tetap produktif meski usia sudah bukan usia produktif. tapi demi mencapai hidup bahagia di usia senja, mengapa tidak ya. ibu saya kembali menggeluti hobinya bercocok tanam dalam mengisi hari-harinya, bahkan sambil jualan juga tapi gak serius, hanya kalau ada yang nawar, hehe

    ReplyDelete
  11. Kebayang begitu kreatifnya aktifitas saat pensiun dengan sejumlah aktifitas seperti yang disebutkan, salah satunya ngonten positif dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Tetap produktif di masa pensiun ya Mbak. Semua jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan adanya internet, dari mencari konten informatif dan inspiratif sampai membuat konten dan berkarya, providernya pastinya IndiHome ya

    ReplyDelete
  13. Kebetulan di rumah juga pakai IndiHome dan memang jadi tumpuannya orangtua yang meskipun usianya udah pensiun, tapi tetep ingin belajar dan selalu berkarya

    ReplyDelete
  14. Usul Bu, berkebun. Ini pas buat nyegerin mata dan juga sekaligus bisa untuk aktivitas fisik. Bisa banget digabung untuk bikin konten reels

    ReplyDelete