Mengenal Buah Beracun

Saturday, April 1, 2023


mardanurdin.com


 Mengenal Buah Beracun


Buah beracun?

Mungkin yang tergambar dalam pikiran kita, apa betul ada buah-buahan yang beracun? Bukannya semua buah-buahan itu bermanfaat dan memiliki khasiatnya masing-masing?

Ternyata di balik khasiat dan manfaatnya, ada juga buah yang beracun untuk kondisi tertentu. Nah, berikut ini ada tujuh buah yang memiliki manfaat yang banyak sekaligus beracun juga. Buah apa saja? Yuk, disimak terus.


Almond


Almond/mardanurdin.com


Almond berasal dari pohon almond. Pohon almond ini memiliki nama ilmiah Prunus dulcis.

Oh iya, ternyata kacang almond dulunya adalah sejenis tumbuhan liar.

Menurut arkeologi, pohon almond liar ini sudah ada di Yunani sejak 6000 tahun sebelum masehi. Pohon almond berasal dari Timur Tengah yang tumbuh setinggi sekitar 4-10 meter. Pohon ini tumbuh dengan baik di musim panas dan musim dingin.  

Meskipun kacang almond sebenarnya bukan kacang, tetap disebut sebagai kacang karena bentuknya yang seperti kacang. Juga di beberapa daerah di Indonesia, kacang almond banyak disebut sebagai kacang badam.


Manfaat Almond


Manfaat kacang almond yang pertama adalah mengatur kestabilan gula darah. Almond mengandung magnesium, yang membantu menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu almond sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Almond juga dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang penting untuk tubuh. Almond mengandung vitamin E, sejenis antioksidan yang larut dalam lemak. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan, penuaan dini, bahkan kanker. 


Bahaya Pada Almond


Begitu banyak manfaat almond, tetapi ternyata juga berbahaya karena mengandung racun. Bagi beberapa orang almond dapat menimbulkan alergi yang gejalanya bervariasi. Dari gejala lokal seperti cantact urticaria sampai gejala sistemik seperti rasa tidak nyaman di perut atau saluran pernafasan.

Almond mengandung racun sianida, sangat beracun bila tidak diproses pada suhu panas yang sesuai untuk mengeluarkan racunnya.



Alpukat



Alpukat/mardanurdin.com


Alpukat adalah buah yang berbentuk bulat lonjong, berkulit hijau, atau coklat keungu-unguan. Dagingnya cukup tebal, lunak berwarna kuning kehijau-hijauan. Tekstur daging buah alpukat lembut. Umumnya orang memanfaatkan daging buah alpukat sebagai campuran es buah atau sop buah.


Manfaat Alpukat


Mengonsumsi alpukat dipercaya dapat mencegah resiko penyakit stroke, karena kandungan Asam Folat dalam alpukat berpotensi mencegah penyakit stroke.

Alpukat mengandung Vitamin E, C dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas di mana radikal bebas ini merupakan penyebab utama timbulnya penyakit kanker. Selain itu, mengonsumsi sari biji alpukat dapat menyembuhkan penyakit maag ringan.


Hati-Hati, Alpukat Beracun!


Selain manfaat dari mengonsumsi buah alpukat, ternyata alpukat juga beracun yang disebut persin. Zat racun itu berasal dari setiap bagian tanaman seperti batang, daun dan buah. 

Gejala keracunannya adalah muntah, diare, gangguan pernapasan dan akumulasi cairan di sekitar jantung. Dari beberapa kasus ditemukan, bayi di bawah usia 6 bulan mengalami diare setelah mengonsumsi alpukat. Jadi, hindari memberi makan alpukat kepada bayi terutama di bawah usia 6 bulan.

Perlu hati-hati ketika mengonsumsi buah alpukat, jangan makan alpukat dengan keju dan mayones secara bersamaan karena sama-sama mengandung lemak dan berkalori cukup tinggi karena berpotensi meningkatkan berat badan secara tidak sehat.


Anggur





Anggur merupakan tanaman buah berupa rumpun dan merambat. Buanya berbentuk bulat agak lonjomg dengan ukuran kecil seperti kelereng. Umumnya berwarna hijau, merah atau ungu dan biru kehitaman.

Selain rasanya yang manis, segar dan enak, buah anggur juga memiliki banyak manfaat.


Manfaat mengonsumsi Anggur


Beberapa manfaat dan khasiat anggur untuk kesehatan tubuh kita, yaitu:

  • Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru, sangat baik buat penderita asma karena dapat mengurangi sesak napas.
  • Sebagai pencahar karena mengandung asam organic, gula dan selulosa 
  • Kandungan antibacterial dan antivirus yang kuat dalam buah anggur merah dapat melindungi tubuh dan infeksi.
  • Mengonsumi jus anggur murni tanpa campuran air dapat menyembuhkan penyakit migrain.

Dan, masih banyak manfaat lainnya karena anggur mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder.


Di Balik Pesona Anggur


Telah dijelaskan berbagai manfaat dan khasiat jika mengonsumsi anggur, tetapi di balik pesona itu terdapat efek negative dan gangguan kesehatan  bagi tubuh kita apabila mengonsumsi secara berlebihan.

Terutama pada anggur yang lunak dan berkulit tipis karena sangat rentan terkontaminasi pestisida. Di mana kita ketahui, para pertani anggur sering menggunakan pestisida secara berlebihan.

Selain itu, pada beberapa penelitian terhadap anggur, didapati sebagian besar anggur merah dan anggur putih mengandung unsur logam di atas batas toleransi.



Belimbing





Buah belimbing tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Buahnya yang besar berbentuk bintang dan berlekuk-lekuk berwarna kuning. Permukaan buahnya licin dan penampangnya yang melintang.

Buahnya renyah dan rasanya manis dan sedikit asam. Pada umumnya orang menggunakan buah belimbing sebagai bumbu masakan untuk memberi rasa asam. 


Manfaat buah Belimbing


Buah belimbing mengandung protein, karbohidrat, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B6, kalium, kalsium, sodium, natrium dan niacin. Kandungan-kandungan itulah yang memberi khasiat yang baik untuk tubuh kita, seperti:

  • Membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh juga mencegah penyakit hepatistis, ini disebabkan karena belimbing mengandung zat pektin.
  • Kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah pada belimbing bermanfaat membantu mengobati hipertensi.
  • Pada bagian-bagian buah belimbing seperti akar dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan rematik. Demikian pula daunnya, dapat mengobati sakit maag, melancarkan air seni dan mengobati bisul.


Bahaya Mengonsumi Belimbing


Bahaya mengonsumi belimbing untuk orang yang memiliki penyakit ginjal. Kandungan asam oxalat pada belimbing dapat memperburuk keadaan ginjal bagi si penderita penyakit ginjal, karena terjadi obstruksi atau sumbatan pada ginjal yang mengakibatkan terjadinya gagal ginjal akut. 


Durian





Siapa yang tidak mengenal buah durian?

Wah, ini keterlaluan kalau ada yang belum tahu buah ini. Buah yang memiliki aroma khas yang kuat ini disebut juga “raja dari segala buah”.

Durian juga disebut buah kontroversial  karena antara yang sangat menyukainya sebanding dengan yang sangat membencinya. 

Namun, di balik sifatnya yang kontroversial, durian memiliki banyak manfaat. Daging buah yang menyelimuti bijinya terasa pulen dan manis legit mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Apa saja kandungan dan khasiatnya?


Kandungan dan Khasiat  Durian


Jumlah kandungan nutrisi buah durian melebihi buah lain. Lihat saja jenis-jenis kandungannya, yaitu:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Seng
  • Thiamin
  • Riblofavin
  • Omega 3 dan 6
  • Phytonurient
  • Polyphenol
  • Phytosterol
  • Antioksidan
  • Organosulfur
  • Tryptophan
  • Karbohidrat
  • Lemak tak jenuh
  • Protein

Wah, begitu banyak kandungan yang dimiliki oleh durian sehingga dipercaya juga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita, yaitu: 

Memiliki efek “feel good” bagi tubuh karena kandungan Tryptophan

Zat Tryptophan juga membentu serotonin, Melatonin, Niacin yang bermanfaat untuk mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stress dan rasa sakit.

  • Bermanfaat pula sebagai penghangat tubuh.
  • Meningkatkan kebugaran mental
  • Penambah vitalitas laki-laki (aphrodisiac)


Hati-hati Mengonsumi Durian


Kenikmatan mengonsumsi durian dan khasiat yang berguna untuk tubuh adalah anugerah dari Allah Subhanahu Wataallah, tetapi di balik itu semua terdapat hal yang perlu diperhatikan bagi penikmat durian.

Kandungan kalori pada durian sekitar 120-180 kalori setiap 100 gram, jadi ada sekitar 600-900 kalori yang terkandung dalam 500 gram daging buah durian. Olehnya itu, mengonsumsi durian melebihi 500 gram dalam sehari maka akan menimbulkan ledakan energi instan dalam tubuh kita. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. 

Durian juga mengandung zat sulfur atau belerang yang bisa menghambat metabolism alcohol. Sebab itu, mengonsumsi durian bersama alcohol sangat berbahaya.  Bagi pencinta durian, disarankan untuk mengonsumsi durisn maksimal 100 gram sehari. Intinya mengonsumsi durian jangan berlebihan.


Demikianlah informasi tentang lima buah yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita sekaligus mengandung zat berbahaya yang jika dikonsumsi berlebihan dan tidak memperhatikan kesehatan tubuh maka akibatnya bisa fatal.


Makassar, 1 April 2022


Dawiah

Post a Comment