HokBen Pertama di Pulau Sulawesi Ada di Mal Ratu Indah Makassar

Friday, April 7, 2023

 

HokBen Makassar/mardanurdin.com


HokBen Pertama di Pulau Sulawesi Ada di Mal Ratu Indah Makassar


Alhamdulillah, senang sekali rasanya menjadi salah satu dari 20 blogger Makassar yang menjadi saksi atas dibukanya gerai HokBen pertama di Sulawesi. 

Gerai HokBen yang di Mal Ratu Indah (MaRi) Makassar ini adalah gerai ke 355 dari seluruh gerai HokBen yang tersebar di 77 kota di Indonesia.

Oh yah, sehari sebelumnya saya sempat berdebat dengan Ami tentang keberadaan HokBen di Makassar ini. 

“Lama-mi ada itu HokBen di Makassar, mama ji yang tidak tahu.” 

“Kamu salah, ini gerai pertama di Makassar bahkan pertama di Sulawesi.” Jawab saya yakin.

Sangat yakin kalau itu benar setidaknya itu informasi dari Andy Hardiyanti, teman blogger dari Lombok. 

“Yang kamu lihat itu bukan HokBen yang asli.” 

“Besok tanggal 6 April 2023 kita buktikan pada saat acara pembukaan gerainya di MaRi, siap-siap mi saja antar mama.” 


Sosialisasi Halal Pertama Oleh HokBen



HokBen Makassar/mardanurdin.com


Acara pembukaan HokBen Makassar didahului dengan sosialisasi halal oleh wakil dari BPJPH Satgas Halal Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Salman Fattah, S.PdI.,M.Pd.

Beliau menjelaskan pentingnya sertifikat halal bagi pelaku usaha terutama makanan karena menyangkut syariat Islam.

Ditekankan juga bahwa, halal tidaknya makanan tidak saja tentang penggunaan bahan dasarnya yang halal atau tidak, tetapi juga tentang proses pembuatannya. Seperti proses pemotongan hewan, harus disembelih dengan cara Islami. Jika tidak, maka hewan yang disembelih sudah termasuk haram.

Sejak 17 Oktober 2022, sertifikat halal tidak lagi diterbitkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melainkan diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Badan ini berada di bawah Kementerian Agama. Namun, MUI berwenang menetapkan kehalalan suatu produk melalui sidang fatwa halal. 

Oleh beliau ditegaskan pula bahwa, mulai tanggal 17 Oktober  2024 semua pelaku usaha sudah wajib memiliki sertifikat halal. 

Untuk memudahkan proses pengurusannya, pelaku usaha bisa mengajukan sertifikat halal melalui aplikasi SiHalal pada website ptsp.halal.go.id.


Bagaimana dengan HokBen?


Jangan khawatir, HokBen sudah bersertifikat halal sejak tahun 2008 dengan nomor  00160048830908 yang diterbitkan oleh MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021.

Perhatian HokBen terhadap kehalalan produknya tidak diragukan lagi, bahkan kata Pak Salman, 

“Ini brand besar pertama yang mengundang kami untuk sosialisasi halal di Makassar.” (Salman Fattah).


Sekilas Tentang HokBen


HokBen Makassar/mardanurdin.com


Video yang ditampilkan pada layar sebelum pembukaan HokBen secara resmi, mengabarkan banyak hal tentang HokBen. Bahwa sebagai restoran cepat saji bergaya Jepang adalah merek asli Indonesia yang berdiri pada 18 April 1985 di Jakarta dibawah manajemen PT. Eka Bogainti. 

Perkembangannya demikian pesat hingga per tanggal 22 Desember 2022 tercatat sudah ada 343 gerai yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Dan, tanggal 6 April 2023 resmi dibuka di Pulau Sulawesi tepatnya di Kota Makassar sebagai gerai ke 355. 

Selain perkembangan dalam jumlah gerai yang dibuka, HokBen juga telah diakui baik secara nasional maupun internasional, hal ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterimanya, yaitu:

  • Penghargaan dari HerStory Indonesia Moms Favorite Kids Brand Awards 2022 in category ‘kids Restaurant.
  • Indonesia Best Millenial Women Brand Choice 2021 with Great Marketing Strategy in category Fast Food dari Warta Ekonomi.
  • Penghargaan ‘Millenials Top Brand Awards’ dari Warta Ekonomi di tahun 2019.
  • Brand of the Year 2017 – 2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards.
  • Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc 


HokBen Peduli Lingkungan


Kepedulian HokBen terhadap lingkungan dibuktikan dengan kolaborasi dengan Rebrick dalam mengolah sampah plastik mika menjadi bahan bangunan roster yang nantinya eco-roster tersebut dijadikan interior gerai HokBen. 

Tercatat hingga saat ini sudah ada 17380 mika atau sekitar 150 kilogram sampah plastik mika berhasil diolah menjadi roster.

Bagaimana proses pengolahannya?

Dalam tayangan video diperlihatkan langkah-langkah pengolahan sampah HokBen, yaitu:

  1. Sisa kemasan plastik HokBen dikumpulkan lalu dicuci hingga bersih.
  2. Setelah bersih kemasan dijemur.
  3. Setelah kering kemasan dikirim ke Rebrick.
  4. Tiba di Rebrick, kemasan tersebut diolah hingga halus.
  5. Setelah halus baru dicetak menjadi roster

Selain berkolaborasi dengan Rebrick, HokBen juga berkolaborasi dengan Boolet untuk mendaur ulang bekas sumpit yang telah dipakai oleh pelanggan. 

Sumpit sekali pakai itu dikumpulkan lalu dibersihkan lalu diserahkan ke Boolet. 

Oleh Boolet, bekas sumpit diolah menjadi tatakan gelas. Hasilnya adalah tatakan kayu yang indah. Keren sekali.


HokBen Makassar/mardanurdin.com



Apa Saja yang Ada di HokBen Makassar


Gerai HokBen di MaRi sangat mudah ditemukan karena berada di area MaRi Arcade lantai dasar. Dengan kapasitas kursi sebanyak 92 kursi cocok dijadikan tempat hang out bersama teman-teman. 

Selama bulan Ramadan  bagus juga dijadikan tempat buka bersama teman-teman komunitas, seperti yang saya dan teman blogger Makassar lakukan kemarin, bukber sambil kopdar.


Blogger Makassar


Hari ini, tanggal 7 April 2023, HokBen MaRi mulai dibuka untuk umum dengan layanan makan di tempat (dine-in), bisa juga dibawa pulang (take away) dengan menu-menu andalan seperti: 

Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Rabbit Roll, Beef/Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau HokBen seperti Bento Special, ABCD Package, Simple Set Teriyaki dan juga Ramen sebagai menu terbaru HokBen. Selain itu, HokBen juga memiliki banyak snack dan dessert yang pas dinikmati saat bersantai. 

Selain bisa makan di tempat, HokBen melayani pula pemesanan secara online melalui aplikasi.

Dalam rangka menyambut warga Makassar HokBen Makassar mengadakan serangkaian promosi, yaitu:

  1. Untuk pembelian dengan jumlah tertentu disediakan souvenir berupa paying, bantal dan tumbler dan produk gratis lainnya.
  2. Tanggal 7,10,13 April 2023 akan ada hadiah Payung HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4). 
  3. Tanggal 8,11,14 April 2023, akan ada hadiah Bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4). 
  4. Tanggal 9,12,15 April 2023 akan ada hadiah Tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4). 
  5. Tanggal 16 April 2023 FREE Voucher Makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp. 200.000,- (sudah termasuk pajak).
  6. Tanggal 7 April 2023 – 28 April 2023 setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2pcs + Nasi + Teh Botol Sosro akan mendapatkan harga khusus dari Rp. 61.000,- menjadi Rp. 42.000,- (sudah termasuk pajak). 
  7. Lucky Dip mulai tanggal 17 April 2023 – 5 Mei 2023 setiap hari Senin - Kamis berupa hadiah menarik untuk setiap transaksi minimal Rp. 100.000,- nett.  

Jangan sampai terlewatkan promo-promo menariknya yah.


Makassar, 7 April 2023

Dawiah

16 comments

  1. wah saya pelanggan setia Hokben niy Kak, suka banget dengan sayurannya yang segar wortelnya itu khas banget, saya coba buat di rumah hasilnya berbeda, belum lagi mayonaisenya yang khas banget dari Hokben menurut saya, makanan lainnya juga enak-enak, suka juga dengan Ekado dan egg chicken rollnya

    ReplyDelete
  2. Saya sudah lama jadi penggemar Hokben. Dulu hanya menikmati HokBen jika ke tempat yang ada atau lewat jastip. sekarang Hokbennya sudah dekat.

    ReplyDelete
  3. Keren banget hokben sampahnya didaur ulang semua. Harus jadi contoh nih buat gerai² makanan yg lain

    ReplyDelete
  4. Salut memang untuk HokBen, menjadi contoh bagi para pelaku usaha lain untuk lebih mendahulukan yang halal dibandingkan apapun.

    ReplyDelete
  5. Jadi bisa makan hokben dengan bahagia tanpa haruus jauh jauh keluar kota. Sama dengan Pontianak kemarin juga baru buka dan pada happy makan hokben lebih dekat tanpa harus keluar kota

    ReplyDelete
  6. Yeaaaay, senengnya sudah bisa makan hokben lebih dekat. Pasti banyak menu yang ngangenin dan tentunya mumpung baru buka mari manfaatkan diskonnya yang banyak dong ya

    ReplyDelete
  7. Wajar mereka bisa bertahan lama hingga saat ini 👍. Selain memang rasa yg enak, tapi juga HokBen peduli dengan kehalalan makanannya apalagi di negara yg mayoritas muslim begini. Terus aku salut Ama program recycle sampahnya, kereeen sih bisa di daur ulang menjadi produk lain yg ga kalah bagus. ❤️

    ReplyDelete
  8. Promonya mantep banget ya kak. Jadi pengen ke Hokben nih. Paling suka egg roll sama saladnya.

    ReplyDelete
  9. Benar kaaak, hokben ini memang baru pertama kali bukaa, yang pernah buka mungkin cuma bento2an ajaaa hahaha

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, kehadiran Hokben di Makassar memberikan pengalaman makanan menu Jepang yang halal. Dan selagi masih ada promonya, gak boleh ketinggalan banget merasakan pengalaman makan di Hokben.

    ReplyDelete
  11. Keren banget, setelah sekian lama ada juga Hokben di Makassar. Ndak usah pake titip-titip lagi kalau ada yang balik dari Jakarta. Bagi yang dulu pernah kuliah/kerja di Kota-kota besar di Jawa, Hokben ini punya cerita tersendiri.

    ReplyDelete
  12. Senang sekali bisa hadir di acara ini dan menjadi salah satu dri sekian org yang menyantap menu saat opening gerai HokBen di mks. Akhirnya bisa mencicipi menu HokBen langsung di gerai HokBen Makassar

    ReplyDelete
  13. Dulu saya pikir HokBen tuh dari Jepang, ternyata asli Indonesia. Cocok semua sih sama menunya, paling suka Ekkado & salad wortel kolnya. Kalau perjalanan jauh naik KA di Bandung, ada gerainya di stasiun. Kami suka beli untuk di perjalanan.

    ReplyDelete
  14. Selamat ya akhirnya ada hokben di Makassar, gak perlu lagi jastip jastip hokben. Aku jadi inget dulu sebelum di Banjarmasin ada hokben juga sering jastip gitu saya yang dari Jakarta, sekarang juga udah buka disini, seenak itu emang hokben

    ReplyDelete
  15. yeeeaaaay! akhirnya hokben hadir di sulawesi! selamat yaaa. suka banget aku makan di hokben apalagi beef teriyakinya, duuh favorit deh. pernah nyobain bikin beef teriyaki ala ala hokben, alhamdulillah hasilnya...mendingan beli langsung di hokben deh! hihihihi

    ReplyDelete
  16. Di Jambi juga baru tahun lalu masuk hokben dan beberapa bulan kemudian langsung buka cabang lagi di sini. Rasanya emang enak, jadi sesuailah dengan harganya. Saladnya apalagi duuh enak banget. Nasinya juga pulen dan creamy.

    ReplyDelete