Instant Payment di Tribelio untuk Digital Marketing Indonesia

Wednesday, July 13, 2022




Sejak memutuskan menekuni dunia kepenulisan yang salah satunya menulis di blog, sejak itu pula saya merasa perlu mencari teman-teman yang sefrekuensi. Maka mulailah saya mencari komunitas penulis dan bergabung di berbagai komunitas penulis dan bloger.

Dari berbagai komunitas penulis itulah secara tidak langsung, saya mendapatkan berbagai ilmu, bukan hanya terbatas pada ilmu menulis. Bahkan saya mulai mendapatkan penghasilan lewat tulisan. Alhamdulillah.

Mungkin ini namanya, hobi yang menghasilkan.

Berbicara tentang komunitas, ada satu platform yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan oleh emak-emak di komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis dan Ibu-Ibu Doyan Bisnis, yaitu Tribelio.

Apa dan bagaimana Tribelio itu? Baca terus tulisan ini ya.


Platform Berbasis Komunitas


Dengan tujuan membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas sekaligus mendapatkan penghasilan dari keberadaan komunitas dalam bisnis, Denny Santoso mendirikan Tribelio, suatu platform berbasis komunitas, All in One Community Management Platform. 


Sumber gambar: Tribelio.com


Menurut Beliau, Tribelio dapat menjadi solusi untuk  kebutuhan entrepreneur, business owner, brand owner, maupun influencers dalam mengelola bisnisnya melalui komunitas.

Di saat platform-platform media sosial lain memiliki keterbatasan dalam mengakses database anggota, maka Tribelio hadir sebagai solusi.


Apa Saja yang Ada di Tribelio?


Saat ini, ada dua jenis yang tersedia di Tribelio, yaitu Tribelio.page sebagai tempat memulai langkah awal membangun komunitas dan Tribelio.com diperuntukkan bagi anggota yang telah memiliki based komunitas yang cukup besar.


Bagaimana membuat Tribelio Landing Page?


Sebagai emak yang sedikit gaptek, saya tuh awalnya merasa kurang percaya diri membuat landing page, lah buat akun saja, saya masih rada-rada lalod.

Tetapi keraguan itu seketika hilang ketika saya mengikuti petunjuknya melalui Youtube Official Tribelio. Berikut caranya.


  1. Buka laman Tribelio lalu mendaftar dengan mengklik pendaftaran akun.
  2. Isi nama lengkap, email dan kata sandi
  3. Setelah itu akan muncul pilihan Free Plan dan Page Plan lengkap dengan penjelasannya. Untuk sementara saya memilih yang Free Plan, kemudian buat akun dengan mengklik Create Account
  4. Silahkan isi nama situs dan lengkapi deskripsi dan link sebagai identitas akun. Kalau sudah jadi, ini bisa disebarkan ke media sosial. Ini penting, sebab melalui link yang disebar di media sosial siapa pun bisa terhubung langsung dengan profil kita.
  5. Desain template yang menarik atau langsung pilih saja template yang tersedia.
  6. Terakhir klik PUBLIKASI.


Kalian bisa lihat dan mampir di Tribelio landing page saya, kita silaturahim yah dan mari kita bekerjasama. 

https://tribelio.page/dawiah-nurdin 


Instant Payment Tribelio


Suatu berkah luar biasa mendapatkan lagi tambahan ilmu dan informasi melalui  channel YouTube  Rumah Teh Lin, setelah di sebelumnya emak-emak diajarkan cara membuat landing page di Tribelio, yaitu instant payment Tribelio. 

Dalam Channel YouTube tersebut, Denny Santoso menjelaskan tentang kemudahan menggunakan instant payment ini. Bahkan Teh Indari sudah menikmati kemudahan instan payment Tribelio tersebut.




Bagaimana Membuat Tribelio Instant Payment


Silahkan mengikuti Langkah-langkah berikut.

  1. Buka akun Tribelio kemudian cari menu Commerce di Dashboard, kemudian klik Instant Payment
  2. Klik “Create New Instant Payment
  3. Setelah diklik, maka akan muncul tulisan  Product Status, Silahkan pilih salah satunya, yaitu antara Enabled atau Disabled
  4. Buat link pada instant payment
  5. Pada bagian Product Price jangan lupa mencantumkan harga produk atau jika itu berupa jasa, seperti jasa menulis artikel.
  6. Selanjutnya pilih Product Type, yaitu Physical Product dan Digital & Physical. Sertakan juga keterangan produk seperti length, width, height, weight
  7. Lengkapi instant payment dengan gambar yang sesuai.
  8. Lalu tuntaskan dengan mengklik Save.


Tribelio instant payment bisa free, tetapi bisa juga berbayar dengan meningkatkannya lagi dengan Advanced Options

Ternyata tidak terlalu sulit membuat Tribelio instant payment kan ya. Ini kabar baik buat kalian yang akan menekuni bisnis online. 

Masa sih, emak-emak di IIDN dan IIDB bisa mengikuti perkembangan teknologi, kalian tidak?

Yuk, kembangkan bisnis online kamu dengan bisnis cerdas dengan Tribelio.


Makassar, Juli 2022

Dawiah

7 comments

  1. Aku kok masih belum paham ya kak, fungsi tribelio ini apa. Kalau udah regis trus apa?

    ReplyDelete
  2. Mbaa aku idem sama mb Tika. Hihi.. Blm paham, fungsinya Tribelio apa? Tuk bikin toko online dengan landing page yg ada opsi pembayaran, gitu bukan?

    ReplyDelete
  3. Baru tahu tentang tribelio ini, Lebih kurang paham dengan fungsinya. Tapi pengen tahu lebih banyak lagi, siapa tahu bermanfaat juga buat saya.

    ReplyDelete
  4. Ini mirip Ama LinkedIn kan ya mba? Maksudnya landing page itu kan isinya ttg data diri kita, termasuk portofolio yg sudah kita hasilkan, ntah itu karya atau buku, atau bisa juga produk jualan. Bedanya kalo tribelio ini bisa ada instan payment, jadi pembeli atau pemberi job bisa LGS TRF ke link payment ya, bener ga?

    ReplyDelete
  5. Membuat landing page yang kece di Tribelio agar bisa semakin menarik kepercayaan pembeli saat kita menawarkan jasa yang kita miliki ditambah kemudahannya dalam informasi pembayaran instant payment.

    ReplyDelete
  6. Nggak cuma hadir dengan landing page tapi di Tribelio Page ini juga udah dilengkapi dengan Instant payment ya. Fitur yang sangat menarik dan bermanfaat nih terutama buat para pelaku usaha karena bikin urusan transaksi jadi praktis gitu

    ReplyDelete
  7. Tribelio, baru denger. Makin bnyk ya platfotm seperti ini yg memudahkan kt melakukan hal tertentu. Tp tentunya pesaingnya jg udh bnyk, jd perlu extra usaha nih unt Tribelio dikenal masyarakat.

    ReplyDelete