Memenuhi Panggilan Liebster Award

Wednesday, May 27, 2020

Apa yang membanggakan menjadi seorang bloger?


Liebster Award

Ini adalah pertanyaan pertama yang diajukan oleh kak Enal (jadi malu memanggilnya kakak, mungkin lebih pantas dipanggil anak kali ya?). Tak mengapa, ini adalah bentuk penghargaan seperti dahulu waktu kita aktif di Pramuka, semua anggotanya adalah kakak, selain itu saya juga merasa bahagia, setidaknya saya akan terdengar muda.

Arti Liebster Award


liebster award

Pertama kali mendapatkan pesan dari pemilik blog https://enalgattuso8.wordpress.com/ ini , saya langsung mencari tahu tentang Liebster Award.  Aneh, saat saya cari artinya di google translate saya diarahkan ke bahasa Jerman, lalu saya menemukan artinya, liebster = yang tersayang.  

Oh, ternyata kata Liebster itu memang bahasa Jerman, yang jika disambungkan dengan kata award maka hasilnya adalah penghargaan favorit. Masya Allah, ternyata saya dinominasikan sebagai penerima “penghargaan favorit”

Baiklah, saya menerima dengan senang hati, karena ini adalah salah satu jalan menjalin silaturahim. Untuk menunaikan penghargaan tersebut, berarti saya harus memenuhi enam  poin seperti di bawah ini:

Berterima kasih kepada pemberi penghargaan

Berbagi 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 tulisan terfavorit.

Menjawab 11 pertanyaan dari si pemberi penghargaan.

Menominasikan dan memberikan penghargaan kepada 11 bloger.

Memberikan 11 pertanyaan kepada bloger yang menerima penghargaan.

Memberitahu 11 bloger yang menerima penghargaan tersebut.

 

Saya akan memenuhi  poin pertama, mengucapkan terima kasih kepada Kak Enal yang telah memilih saya sebagai salah satu nominatornya dalam Liebster Award. Terus terang sebelumnya saya kurang mengenal beliau. Hanya sebatas nama karena tergabung di grup watsapp komunitas bloger Anging Mammiri. Hikmahnya saya mencari tahu siapa kak Enal, “kamu di mana, dengan siapa, semalam berbuat apa?” Eits salah 🤩

Ternyata kak Enal ini sekarang tinggal di Sumatra, dan di profil blognya beliau menyebutkan dirinya sebagai lelaki yang jadi buruh tani, belakangan baru suka menulis, suka klub bola tempat Paolo Maldini berkiprah, dan traveler gadungan.

Jika melihat riwayat tulisannya, yang menulis di blog sejak tahun 2012, saya agak kurang percaya kalau dia baru suka menulis, tulisannyapun renyah dan saya suka. Beliau juga bukan traveler gadungan melainkan asli traveler. Berapa banyak gunung, pantai dan tempat lain yang telah didatanginya.

Nah, sampai di sini saya sudah memenuhi poin pertama. Lanjut ke poin kedua

 

Sebelas Fakta Tentang Saya dan Tiga Tulisan Terfavorit

 

Kebetulan sekali, 11 adalah angka keberuntungan saya, karena saya lahir pada  tanggal 11, sedangkan angka 3 saya tak tahu apa maknanya. Bagi saya semua angka sama kecuali tanggal 11 itu. Istimewa

Menuliskan fakta tentang diri sendiri ini sebenarnya gampang-gampang susah, soalnya ada bentuk pengakuan diri yang bisa saja membuka sedikit “aib” masa lalu. Tak mengapa, saya sudah terlanjur menerima penghargaan ini.

Fakta pertama, saya adalah sulung dari tujuh bersaudara yang menjelma jadi “bapak” setelah bapak saya meninggal di usia 40 tahun. Mendampingi mama membantunya mendidik, melindungi dan mengantarkan ke enam anaknya, adik-adik saya dari kecil hingga dewasa dan berkeluarga.

Fakta kedua, saya telah mendapatkan penghasilan sejak masih duduk di bangku SMP, sebagai penjahit baju pria. Ini berkat bapak yang mendaftarkan saya kursus menjahit saat masih kelas 2 SMP

Fakta ketiga, Saya sudah menjadi guru sejak usia 20 tahun. Saat itu saya menjadi guru honorer di sekolah saya tamat.

Fakta keempat, hobbi saya sejak mengenal huruf adalah membaca. Semua jenis bacaan saya  baca, sampai-sampai pembungkus kacang gorengpun saya baca. Saat itu saya suka kesal sendiri, saat asyik-asyiknya membaca, bacaannya terpotong, kertasnya hanya setengah lembar yang lebar kertas secukupnya sekedar membungkus kacang saja.

Fakta kelima, sejak SD saya suka menulis, menulis apa saja termasuk menulis tentang guru saya, dan karenanya saya berhasil mencuri perhatiannya.

Ceritanya bisa dibaca di sini 

Fakta keenam, kata orang-orang saya termasuk ekstrover, senang berkumpul, senang berorganisasi dan suka sekali bercerita, sehingga sering dijuluki oleh saudara-saudara saya sebagai tukang dongeng.

Fakta ketujuh, tapi saya merasa juga sebagai introvert karena saya bisa berdiam di rumah seharian, membaca, menulis atau menjahit. Kadang pula malas menerima telepon dari orang-orang  yang saya anggap hanya akan bercerita sesuatu yang tidak penting.

Fakta kedelapan, saya malas memasak, apalagi kalau masakan saya dicela oleh suami atau anak-anak maka bisa berhari-hari saya tak memasak.  Tapi suka sekali kumpulkan resep masakan, terutama resep-resep dari mama saya

Fakta kesembilan, saya sering cemas dengan berat badan saya. Semakin hari semakin meningkat tapi malas diet dan jarang olah raga.

Fakta kesepuluh, saya termasuk omnivora, pemakan segala. Jarang sekali menolak jenis makanan selama itu halal dan tak ada racunnya, mungkin itu pula salah satu sebabnya berat badan saya gampang naik susah turun

Fakta kesebelas, saya suka belajar apa saja, tak pernah  malu bertanya kepada siapa saja demi agar saya dapat mengetahui  suatu hal. Eh, tidak semua orang juga sih yang saya tanyai, hanya orang tertentu yang ikhlas mengajari.

 

Menuliskan Tiga Tulisan Terfavorit

 

Tiga tulisan terfavorit, ini lumayan sulit. Tulisan saya masih berisi curahan hati  tidak terlalu berbobot menurut saya, belum berani ikut lomba menulis.

Namun, saya tetap menuliskan tiga tulisan yang lumayan jumlah pembacanya tanpa saya mempromosikannya.

Metamorfosis Kura-kura

Tulisan ini tentang buku karya Edi Sutarto yang berjudul Metamorfosis kura-kura. Entah mengapa postingan  ini paling banyak dikunjungi oleh pembaca. Mungkin karena judulnya unik, entahlah. Penasaran? Bolehlah mampir di sini.

 

Store JYSK Tempat yang Asyik Belanja Perabotan Gaya Scandinavian

Tulisan ini saya tulis demi memenuhi tanggung jawab saya karena telah diundang oleh Jysk menghadiri louncing store - nya di Nipah Mall.


Anak-anak Sudah Dewasa, Haruskah Kita Kesepian?

Ini bukan tulisan yang paling banyak pengungjungnya tapi lumayan banyak yang suka. Selain itu saya juga suka, karena ini mewakili keresahan saya sekaligus harapan dan motivasi diri sendiri agar kelak saat anak-anak saya dewasa dan membina rumah tangganya sendiri, saya tak perlu kesepian. Silahkan baca di sini

 

Menjawab Sebelas Pertanyaan

 

Pertanyaan yang diajukan kak Enal sebenarnya tidak sesulit menjawab soal fisika saat masih SMA, tapi ada beberapa yang agak sulit saya mengutarakan jawabannya. Namun, saya akan tetap menjawabnya

Apa yang membanggakan menjadi seorang blogger?

Saya bangga karena  tidak banyak ibu-ibu seusia saya yang menjadi bloger. Sesuai pengalaman dan pengamatan di lingkungan keluarga maupun di lingkaran pertemanan saya, masih  banyak ibu-ibu yang malas menulis apalagi menjadi seorang bloger. Maka patutlah saya berbangga.

Bagaimana menemukan mood untuk segera menulis ketika menemukan ide?

Saya langsung menulisnya, tanpa kata tapi. Kalau bersamaan dengan kegiatan lain, biasanya saya tuliskan poin-poinnya di gawai saya.

Kamu lebih dekat dengan bapak atau ibu? Mengapa

Saat bapak masih hidup, saya lebih dekat ke beliau. Setelah meninggal saya menjadi lebih dekat dengan mama. 

Sejauh ini hal terbaik apa yang sudah kamu lakukan?

Banyak, terutama saya berhasil mempertahankan rumah tangga hingga lebih 30 tahun. Bagi saya ini adalah prestasi, di tengah maraknya perceraian.

Semasa pandemi, apa yang kamu lakukan untuk menjaga produktivitas?

Awesome!

Selama masa pandemi ini saya berhasil mempraktikkan berbagai jenis masakan dari resep warisan mama. Saya berusaha mengatur waktu sedemikan rupa antara mengajar via daring, masak dan terutama menulis.

Makanan favorit saat berbuka puasa?

Tidak ada, ha-ha-ha.

Apa saja saya santap, tapi yang tak pernah absen di rumah saat buka puasa adalah es buah. Itu bukan favorit saya sebenarnya hanya wajib  ada, demi memenuhi tuntutan anak-anak

Gunung, pantai, kota, museum, dan mall, mana yang menjadi tempat favorit bagi kamu untuk dikunjungi?

Saya suka gunung tapi yang saya ingin kunjungi setelah pandemi ini berakhir adalah mall, saya ingin ke toko buku.

Lagu apa yang terlintas di pikiran kamu saat ini? Ada apa dengan lagu itu?

Cinta sejati yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari. Saya suka dengan lirik dan penyanyinya, tertutama setelah Ashraf meninggal.

Genre film apa yang sering kamu nonton selama di rumah saja?

Saya suka nonton film drama tapi bukan drama Korea.

Taruhlah kamu diberi pilihan untuk berlibur gratis, ke manakah tujuannya dan mengapa memilih destinasi tersebut?

Saya mau ke Madina dan Makka, wisata religi. Kedua tempat itu selalu mengundang hati saya untuk selalu berkunjung, saya rindu dengan suasana masjid Nabawi  tawaf di depan Ka’ba serta sai antara Safa dan Marwah.

Lima kata yang mewakili pendapat kamu tentang saya.

Bloger, traveler, petani, anak muda, dan semangat berbagi

Masya Allah, panjang juga tulisan ini. Sekarang tiba waktunya saya memenuhi poin tentang sebelas bloger yang saya ajukan untuk mendapatkan award ini.


Sebelas  Nominator Dari Saya


Ini bagian yang gampang-gampang susah. Soalnya ada beberapa teman bloger Makassar yang akan saya nominasikan seperti Mugniar, mami Ery, dan yang lainnya. Sayang, mereka  sudah dinominasikan  oleh bloger Makassar lain.

Maka inilah 11 bloger  yang  saya nominasikan, semoga beliau-beliau ini berkenan menerimanya.

  • Abby Onety. Ibu guru dan bloger keceh ini, saya kangen dengan tulisan-tulisan tentang jalan-jalannya.
  • Asdar Azis, pemilik blog daengadda.com ini sudah lama saya tidak membaca tulisannya, padahal saya suka sekali dengan tulisannya yang selalu bercerita tentang kegiatannya bersepeda.
  • Ainhy Edelweiss. saya sering membaca tulisannya yang dibagikan di grup IIDN Makassar. Tulisannya renyah dan khas.
  • Triyatni A, pemilik blog pohontomat.com. Beliau adalah bloger Banjarmasin tapi entah kenapa, dia juga bergabung di komunitas bloger Anging Mammiri. Mungkin dia memiliki sedikit darah Bugis Makassar atau apalah.
  • Haeriah Syamsuddin. Beliau ini adalah asli Makassar tetapi sekarang bermukim di Malaysia. Kami sering bersilaturahim di komunitas Pasukan Bloger JA dan sama-sama member Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).
  • Nunu Amir, adalah penulis buku sekaligus bloger yang berasal dari Makassar.
  • Dhani Ramadani, pemilik blog Uddhani. Saya mengenal beliau karena beberapa kali mengirim link blognya di IIDN Makassar.
  • Vita Masli. Beliau adalah bloger senior, saya belum pernah ketemu dengan dia, olehnya itu saya ingin mengenal beliau lebih dekat lagi melalui tulisannya.

Kedelapan bloger di atas adalah bloger Makassar, maka untuk selanjutnya saya menominasikan bloger yang berasal dari luar Makassar.

  •  Erny Kusumawaty. Perempuan yang lahir di Makassar ini sebenarnya asli orang Jawa.  Beliau lahir, sekolah SMA dan kuliah di Makassar. Awalnya saya kira orang Makassar karena sering berbalas komen menggunakan dialeg Makassar, pakai kata  mi dan ji.
  •  Dian Restu Agustin.Kenapa saya nominasikan beliau? Karena tulisannya  keren, sering juara.
  • Handayani Abd Widiatmoko, saya nominasikan beliau karena kita seumuran, hi-hi-hi

Sebelas Pertanyaan dari Saya


Ini sebelas pertanyaan yang saya ajukan kepada ke sebelas nama-nama nominasi liebster Award

  1. Hal positif apa yang didapatkan selama menjadi bloger
  2. Menurut kamu, pentingkah bergabung dengan komunitas bloger? Mengapa?
  3. Jika diberi kesempatan, siapa yang ingin kamu wawancarai lalu menuliskannya di blogmu
  4. Siapakah orang yang paling memengaruhi hidupmu?
  5. Jika pandemi ini berakhir, tempat mana yang pertama kali akan dikunjungi?
  6. Kegiatan apa yang paling sering kamu lakukan selama pandemi ini?
  7. Andai kamu diberi  kesempatan oleh Tuhan untuk kembali ke masa lalu,  hal apa yang ingin kau ubah?
  8. Apa yang kamu ingat tentang masa kecilmu?
  9. Seberapa seringkah kamu mengikuti latihan kepenulisan?
  10. Apa yang ingin kamu lakukan atau sedang rencanakan untuk lima tahun ke depan?
  11. Menurut kamu, siapakah saya?

 

Masya Allah!

Panjang juga tulisan ini, membuat saya tak sadar kalau telah menuliskannya.

Oh yah, saya mohon maaf kepada nama-nama yang saya nominasikan di award ini, yakinlah saya hanya ingin menjalin silaturahim dengan lebih baik lagi. Tak lupa pula saya berterima kasih, jika nama-nama yang saya nominasikan berkenan mengikuti dan ikut menyebarkannya. Kita jalin persaudaraan melalui tulisan. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah Rabbul Alamin.

 

 

 


30 comments

  1. Wah seru sekali ya Liebster Award ini, bisa merekomendasikan blogger lain sekaligus memberi pertanyaan-pertanyaan menarik nggak cuma seputar blogging aja. Terimakasih sudah menginspirasi Bund, dengan membaca tulisan ini saya jadi makin semangat untuk terus ngeblog, maklum saya mah anak bawang, masih baru banget hehe, nulis pun kadang nunggu moodnya bagus, tapi kalo mau jadi blogger profesional harus konsisten ya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Kak, telah menerima dan meneruskan award ini. Semoga jalinan silaturrahim kita sesama bloger tetap terjaga. Sehat dan bahagia selalu untuk kita semua. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah menominasikan saya ya. Eh, kan sudah dijawab di atas di..Sehat-sehatki di sana Kak

      Delete
  3. Wah acara yang seru ya Bunda, bisa saling merekomendasikan teman sesama blogger. Bisa menjadi penyemangat dan menimba ilmu bagi blogger lainnya. Sukses ya Bunda, semoga terus istiqomah dalam menulis.

    ReplyDelete
  4. seru ih liebster award ini, saya dulu diajakin tapi kok gak dikabari lagi yaa haha. padahal udah seneng banget mau ikutan haha.

    ReplyDelete
  5. Saya selalu salut dengan orang-orang yang konsisten dalam menulis. Dengan tulisannya dapat menginspirasi banyak orang, membagi ilmu melalui tulisan dan bersenang-senang dengan menulis

    ReplyDelete
  6. Terima kasih undangannya. Merasa tersanjungka, apalagi di tag juga di Facebook. Insya Allah, kusambut undanganta dengan senang hati. Apalagi kalau ada jalangkote-nya. Nyamanna...

    ReplyDelete
  7. Beberapa nominasi blogger terbaiknya ada yang Yuni kenali. Pernah baca-baca blognya juga. Dan emang keren-keren sih.

    ReplyDelete
  8. Weew namaku ada. Makasih yaaa...Btw, selain seumuran, aku kelahiran Makassar lhooo, puluhan thn yl. Rumahku di belakang RS Pelamonia, krn Papaku dokter tentara di sana...����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lupa mbak, padahal jan sudah cerita waktu kita kopdar di Bandung kemarin yah.
      Maafin ya mbak...btw kapan nih dijawab tantangan saya? 😍

      Delete
  9. Sambil senyum dan ber "ohh" ria pas baca 11 fakta tentang bunda hehehe selamat bunda sudah menjadi nominee. Semoga selalu menginspirasi banyak orang melalui tulisan-tulisan hebat

    ReplyDelete
  10. Masya Allah Bunda ada nama saya di list ini.Terima kasih ...Bunda Dawiah juga inspirasi saya. Dan saya baru tahu fakta diri Bunda dari sini, terutama yang bagian omnivora bikin ketawa haha. Terus semangat menjadi pendidik dan penulis yang baik. Juga semua tanggung jawab lain yang dijalani. Semoga makin sukses ya...Bunda memang keren!!

    ReplyDelete
  11. waa keren banget kak, salut dengan para blogger yang selalu konsisten menuliss, kalo aku pribadi sama jarang dan belum konsisten, semoga nanti bisa konsisten juga dalam menulis hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah banyak juga pengalaman yang mengagumkan dari Bunda, sudah mulai menjahit sejak SMP dan mengajar sejak usia 20.

    ReplyDelete
  13. Seru nih Awardnya.
    Jadi inget jaman dulu blogger jadul sering bikin award macam beginian, Alhamdulillah jadi lebih kenal lebih jauh dan silaturahmi tetep terjalin.

    Semoga selalu konsisten dalam menulis ya, aku masih me time nih buat nulis.

    ReplyDelete
  14. Seru ya pengalamannya,
    Jadi inget Kakmin mantan blogger jaman dulu suka Nerima award beginian

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget nih liebster award ini. Saya baru tahu kalau ada acara seperti ini buat blogger. Kalau tahu lebih awal saya mau ikutan juga. Nominasi blogger yang dipilih saya cukup familiar. Tulisannya memang bagus dan keren-keren

    ReplyDelete
  16. aku belum konsisten banget nih nulisnya. kalau lagi mood bisa nulis 2 artikel dalam sehari. Semangat terus ya bunda :)

    ReplyDelete
  17. Bunda emang keren, selamat ya bunda. Baca tulisan ini berasa baca curhatan seorang momblogger profesional. Saya pun berharap setelah anak-anak sudah besar nanti masih bisa menulis di blog seperti Bunda dan bangga juga jadi blogger.Terima kasih sudah menginspirasi dengan tulisan ini bunda

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ada namaku jdi nominasi makasih ya mba. Siap deh lanjutin chalange dan siap jawab pertnyaan. Selamat yaa jd mom blogger yg profesional. Smg sy bisa mngikuti jejak mb. Sukses yas

    ReplyDelete
  19. Wah... ada Liebster Awards ... unik juga kriteria dan penilaian nya .. wajar ya karena namanya juga yang tersayang. Award yang unik menurut saya. Selain itu saya punya beberapa kesamaan loh sama bunda, diantaranya nggak suka masak dan kadang khawatir tentang berat badan. Kalau saya sih khusunya pada perut yang nggak bisa lamgsing. Hmm... gimana ya? Haha kayaknya faktor U nih. Semoga menang ya bunda

    ReplyDelete
  20. Wah sama mba aku juga ikutan liebster award dengan teman2 komunitas ODOP. Buat seru-seruan juga asyik kali ya.

    ReplyDelete
  21. WAH, Liebster Award jalan lagi.... Senang sih kalau baca yang satu ini karena jadi lebih kenal teman2 blogger. Biasanya jawabannya jujur dan apa adanya. Kadang pertanyaannya menggelitik.

    Saya juga bangga jadi blogger karena artinya pembelajar sejati, pembaca alami, dan penjejak di angkasa kata.

    ReplyDelete
  22. wah, belum berani ikut lomba nulis, tapi tulisannya udah keren mba �� dapat info baru nih tentang Liebster Awardnya. jadi ingin tahu lebih banyak

    ReplyDelete
  23. wah aku baru tahu ka soal liebster ini dari temanku, ternyata bagus ya konsepnya, selain menambah silaturhami dengan sahabat-sahabat blogger, bagus juga untuk kebaikan blog kita, wah nominatornya keren-keren sudah saya kenal beberapa

    ReplyDelete
  24. Seru banget ternyata ada nominasi ini ya, aku baru tahu, jadinya aku bisa mengenal kakak lebih dekat lagi lewat jawaban pertanyaan pertanyaan di atas. Aku juga introvert dan suka membaca nih kak. Tulisannya keren banget kak, bikin aku semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  25. Menurutku kita' ekstrover hihi. Dan saya setuju, kita' senang belajar.

    Kak, saya kasih ki'award ini jg tapi tenang saja, ndak harus ji kita' tulis, silakan berkunjung nah, saya baru publish 31 Mei ini.

    ReplyDelete
  26. Liebster Award ini memang membuat orang akhirnya jadi menulis panjang tanpa terasa hahaha.
    Lumayan juga, sampai 2000an kata lebih.

    Kalau melihat fakta di atas, kayaknya kita ambivert, gabungan antara introvert dan ekstrovert. Semua tergantung mood.

    ReplyDelete
  27. Dari blog Mbak Dian, aku jadi "terdampar" di sini. Seru juga Liebster award ini. Jadi tahu banyak temen-temen baru yang kece dalam membangun blognya. :) Salam kenal dari Palembang, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, dikunjungi oleh blogger senior. Salam kenal juga dari Makassar, pak

      Delete