Nasu Likku dan Nasu Palekko Masakan Khas Bugis

Tuesday, April 28, 2020


Nasu Likku dan  Nasu Palekko  Masakan  Khas Bugis Suku Bugis adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan. Walau masih kalah populer dengan suku Makassar  jika disebut di luar pulau Sulawesi, tetapi populasi masyarakat Bugis terbilang seimbang dengan masyarakat suku Makassar.

Masakan khasnyapun  tak kalah lezat dengan masakan khas Makassar, seperti coto Makassar atau konro. Sebut saja Nasu Likku, Manu (ayam)  Gagape,  Nasu Palekko, dan yang lainnya.

Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan salah satu  resep masakan khas Bugis, yaitu manu atau ayam gagape. 




Kali ini saya akan membagikan dua  resep masakan sekaligus, di mana kedua  masakan itu merupakan masakan ayam khas Bugis, yaitu Nasu Likku dan Nasu Palekko

Nasu Likku


Nasu Likku Masakan Khas Bugis
Sumber Pribadi

Likku adalah bahasa daerah Bugis yang artinya lengkuas. Sudah terbayang kan, kalau masakan ayam ini memiliki rasa khas lengkuas. Selain lengkuas dan ayam, bahan dasarnya yang tidak bisa dilupakan adalah santan. 

Aroma santan yang dimasak hingga mengental memberi rasa sensasi tersendiri. Bumbunya terasa sedikit manis khas dari santan dan lengkuas. Beberapa orang menambahkan kelapa sangrai pada saat masakan akan matang.

Tetapi mama saya tidak pernah menggunakan kelapa sangrai, menurutnya kelapa sangrai mengurangi rasa santannya yang mengental dan rasanya cenderung ke masakan gagape.

Masakan ini paling sering disajikan pada hari lebaran, dimakan bersama burasa atau gogoso. Penasaran dengan masakan nasu likku?  Simak resepnya berikut ini.

Bahan


  • 1 ekor ayam, ayam kampung atau ayam potong.
  • 1 butir kelapa
  • 5 lembar daun salam
  • 3  lembar daun jeruk
  • 1 sdm kunyit bubuk
  • Garam secukupnya
  • Bumbu penyedap bagi yang suka.

Bumbu yang dihaluskan



  • 5 hingga 7  ruas lengkuas
  • 2 ruas jahe
  • 2 batang sereh
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merag
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 8 butir kemiri

Cara Membuat



  1. Potong-potong  ayam sesuai selera, cuci hingga bersih kemudian direbus hingga empuk lalu tiriskan
  2. Bagi dua kelapa lalu parut. Setengahnya disangrai lalu tumbuk hingga halus. Sisanya diperas menjadi santan hingga menjadi 1 liter santan.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam dan  daun jeruk, aduk hingga rata.
  4. Masukkan santan ke dalam bumbu yang ditumis, tambahkna kunyit bubuk. Masak hingga santannya berkurang dan agak berminyak. Lalu masukkan kelapa sangrai dan potongan ayam. Aduk hingga rata.
  5. Setelah kuah menyusut, angkat lalu hidangkan. Masakan ini bisa tahan hingga tiga hari, selama disimpan di dalam kulkas. 

Baca juga penganan khas Makassar lainnya di sini

Nasu Palekko


Nasu Palekko Masakan  Khas Bugis
Sumber Pribadi

Nasu Palekko tidak menggunakan santan tapi kelezatannya tidak kalah dengan masakan yang menggunakan santan. Ciri khas masakan ayam ini  adalah rasa pedas dan sedikit  asam yang menyegarkan.

Nah, bagi Anda penyuka makanan pedas, nasu palekko paling pas buat anda.
Kita intip resepnya yuk.

Bahan



  • 1 ekor ayam kampung atau ayam potong atau bebek.
  • 50 ml air asam Jawa
  • 2 batang serai dimemarkan
  • 1 ruas  lengkuas dimemarkan
  • 5 lembar  daun salam
  • 1 sdm  gula merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm minyak kelapa
  • garam secukupnya atau sesuai selera

Bumbu yang dihaluskan


5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
30  butir cabai merah, boleh ditambahkan bagi penyuka pedas


Cara Membuat


  • Potong kecil-kecil ayam lalu masukkan ke dalam wadah lalu tambahkan air asam kental.  Remas-remas ayam dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi bumbunya menyeruak
  • Masukkan ayam sekaligus air asamnya lalu aduk secara merata
  • Tambahkan serai, daun salam, lengkuas, gula merah, merica bubuk, dan garam. Bagi yang suka, tambahkan bumbu penyedap.
  • Aduk rata dan masak terus hingga airnya menyusut dan ayamnya matang.
  • Setelah ayam matang angkat dan siap disajikan.


Demikianlah dua resep masakan ayam khas Bugis. Menurut Anda, mana nih yang paling lezat dan ingin segera praktikkan.

Tulis di kolom komentar ya.
Selamat menikmati. Yummy 😅

Catatan:


Nasu (bahasa Bugis) = masak
Resep dari Mahabuba


18 comments

  1. Saya mau deh eksekusi itu resep nasu palekkonya bun ��

    ReplyDelete
  2. Yuni pernah baca novel, dan di novel itu ada part yang ngomongin nasu palekko. Sejak saat itu, Yuni tu penasaran gimana sih rasanya nasu palekko.

    Dan tara, surprise banget yuni tu ada resepnya di postingan Mbak. Jadi, bisa nyobain masak sendiri deh.

    Nggak akan mudah. Tapi kudu dicoba sih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, segera dipraktikkan rasanya lezat dan bikin nagih

      Delete
  3. Menarik banget Mbak. Saya belum kenal masakan daerah lain. Kayaknya bisa dijadikan salah satu alternatif menu lebaran nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu lebaran ataupun menu buka puasa bisa banget tuh mbak

      Delete
  4. Baru tahu tentang nasu likku dan nasu palekko. Dari bahannya saya bisa membayangkan kelezatan kedua makanan tersebut, Bun.
    Kapan-kapan patut dicobain, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk lah dicoba, mumpung masih stay di rumah dan rasakan kelezatannya sampai suapan terakhir 🥰

      Delete
  5. Waduh, dua-duanya lezat ini. Tadi siwer baca, kukira resep Nasi. Ternyata Nasu itu menu ayam...haha...Masakan Indonesia selalu kaya rempah ya Bun...Mau coba Nasu Likku dulu kayaknya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi nasu likku, itu tuh rasa santan dan lengkuasnya manis-manis gurih loh mbak

      Delete
  6. Aku mau coba yang kedua Bun, rasanya tertarik dan bikin keppo deh he he

    ReplyDelete
  7. Ternyata nasu artinya masak, hahaha, pas awal baca judul saya kira typo dengan nasi, eh rupanya resep ayam. Boleh nih dicoba resel ayam baru.

    ReplyDelete
  8. Di kampungku nasi likku ini namanya serundeng..tapi biasa pakai daging bukan ayam, bumbunya mirip. Makasih Bunda shraing resepnya, jam segini jadi mupeng saya lihat penampakannya yang menggoda

    ReplyDelete
  9. Wih bisa ga ya aku nyobainnya. Kyknya oke juga buat alternatif menu lebaran. Nyam nyam

    ReplyDelete
  10. Aku pilih yang kedua donk, Nasu Palekko, karena ada pedas dan asamnya. Tambah nasi anget, hmm. nyummy. Bisa nambah-nambah nih.

    ReplyDelete
  11. Mirip rica-rica gitu ya Bunda.. hm anak-anakku suka banget ni kayaknya. Makan pake nasi anget ulalaaa.... Endess margondess langsung lupa diri hahahah.. thks resepnya aku save ya Bunda....

    ReplyDelete
  12. Nasu Palekko sepertinya bisa langsung menaikkan selera makan yaa.. Dengan rempah-rempah yang begitu beragam, sangat nikmat rasanya menemani sepiring nasi hangat. Yummy...

    ReplyDelete
  13. Aku pernah makan nasu palekko dikirimi teman dari Makasar yg liburan ke Malang. Enak banget mba. Yummy deh...

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *