Teknologi Ramah Lingkungan

Thursday, March 19, 2020


Teknologi Ramah Lingkungan


Tenaga Surya, Solar, Panel Surya, Energi Surya
Sumber Foto: Pixabay.com

Apa yang terbersit di pikiran sahabat  saat mendengar kata teknologi?

Apakah itu berhubungan dengan peralatan? Atau berhubungan dengan cara, atau sarana?
Mari melihat pengertian teknologi ditinjau dari bahasanya
Menurut KBBI V daring, teknologi adalah (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan, (2)  keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sedangkan menurut beberapa ahli, antara lain Jascques Ellil, “teknologi merupakan  keseluruhan metode yang secara rasional mengarah pada setiap kegiatan manusia dengan ciri efisiensi.”
Gary J Anglin menjelaskan tentang teknolodi sebagai ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan yang diterapkan secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

Dari pendapat ahli serta KBBI daring tersebut, maka kita bisa menyimpulkan, bahwa teknologi adalah cara, proses, alat dan segala kegiatan maupun ide yang dibuat dan dikembangkan untuk memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.



Baca juga informasi ilmu lainnya di sini 



Teknologi Ramah Lingkungan


Dalam perkembangannya, teknologi mengalami kemajuan yang luar biasa, sayangnya perkembangan itu berdampak buruk bagi lingkungan. Misalnya, teknologi pengeboran minyak bumi pada tahun 1859 di mana minyak bumi dipompa keluar dari dasar bumi. Ada pula teknologi destilasi minyak bumi yang  mengubah minyak bumi menjadi bahan bakar.

Ada juga penggunaan batubara untuk pembangkit listrik, lalu tahun 1885 Carl Benz menemukan mesin yang dapat bergerak menggunakan bahan bakar bensin. Sehingga  hampir 40% manusia memenuhi kebutuhannya dari minyak bumi.
Namun, salah satu  dampak buruk yang dihasilkan dari penggunaan  minyak bumi adalah pencemaran udara.

Hal inilah yang mendasari munculnya teknologi ramah lingkungan, di mana pembuatan dan penerapannya menggunakan bahan baku  dengan limbah yang minimal sehingga mengurangi bahkan bisa mencegah pencemaran lingkungan.

Bentuk teknologi yang memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan merupakan penerapan teknologi ramah lingkungan, dalam penerapannya itu, maka teknologi ramah lingkungan harus memenuhi enam prinsip yang disebut 6R.

Refine (menyaring),  memanfaatkan sumber daya alam yang ramah lingkungan
Reduce (mengurangi),  mengoptimalkan penggunaan bahan yang ada demi mengurangi jumlah limbah.
Reuse (penggunaan kembali), adalah menggunakan kembali bahan yang tidak terpakai.
Recycle (daur ulang), merupakan memakai kembali bahan-bahan yang tidak terpakai.
Recovery (pemulihan), memanfaatkan bahan tertentu dari limbah kemudian diproses untuk keperluan lain.
Retrieve Energy (ambil energi), berarti penghematan energi pada suatu produksi.


Baca juga tentang tokoh sastra di sini
Miliki kulit putih dengan konsumsi buah ini


Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan



Aplikasi teknologi ramah lingkungan semakin berkembang, terlihat dari penerapannya di beberapa bidang, seperti bidang energi, bidang lingkungan, bidang industri, bidang rumah tangga, dan lainnya.
Terdapat berbagai jenis teknologi ramah lingkungan yang berhasil diciptakan manusia, berikut ini beberapa contohnya.



Biobag atau Ecoplas

Sumber foto: biobagusa.com


Ini adalah tas yang terbuat dari tepung singkong dan polimer sintetik.  Tepung singkong dapat terurai sampai hancur sehingga tas ini tidak menimbulkan pencemaran pada tanah maupun air. Tas ini lebih ramah lingkungan dibanding menggunakan tas plastik atau kantong plastik.


Menanami Atap Rumah



Atap rumah dijadikan taman, hal ini diilhami dari Taman Gantung Babiloni, yaitu salah satu bagian dari Istana Babilonia. Taman ini bisa mengurangi karbon dioksida dan menyerap panas, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara.


Bioremidiasi



Proses ini menggunakan tanaman untuk menetralisir arsenik dari tanah, memanfaatkan mikroba dan tanaman untuk membersihakan kontaminasi.


Buku Elektronik


Pemasaran Digital, Teknologi, Buku Catatan, Statistik
Sumber foto: Pixabay.com

Buku ini lebih dikenal sebagai e-book. Hal ini berguna untuk mengurangi pemakaian pohon. Sebagaimana kita ketahui, kertas yang dijadikan buku, majalah, koran berasal dari pohon. Penggunaan e-book dapat menekan produksi kertas yang berimbas pada kurangnya penebangan pohon untuk dijadikan kertas.


Selain beberapa contoh penggunaan teknologi ramah lingkungan tersebut di atas, dunia juga mengenal berbagai bangunan yang dibangun dengan teknologi ramah lingkungan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Air Tree di Spanyol



Sumber foto: nationalgeographic.com

Bangunan ini dibangun di Madrid yang terbuat dari berbagai bahan-bahan daur ulang. Bangunan ini dilengkapi juga dengan tenaga surya yang berasal dari panel photovoltaic yang berfungsi menyirami tanaman yang ada di Air Tree ini.   

The Reichstag di Berlin



Sumber Foto: originalberliantours.com

Gedung pemerintah ini adalah gedung parlemen tempat para pejabat pemerintah Berlin bekerja. Gedung ini  menggunakan kaca dan cermin yang berfungsi memantulkan cahaya matahari sejauh mungkin, tujuannya agar bangunan tidak bergantung pada penerang buatan. Selain itu, gedung ini dapat pula mengumpulkan air hujan dan mengumpulkan sumber energi. 

The Science Barge di New York



Sumber foto: ryerson.com

Bangunan ini adalah  rumah kaca di atas Hudson River, New York yang dilengkapi dengan tenaga surya di mana tenaga surya itu digerakkan dengan bantuan angin dan bahan bakar bio. Tanaman dalam bangunan ini dikembangakn dengan cara hidroponik. 

Demikianlah beberapa contoh penerapan teknologi ramah lingkungan. Jika sahabat memiliki informasi baru, silahkan tambahkan di kolom komentar ya.


Sumber bacaan:
Buku IPA Kelas 9 terbitan Kemendikbud RI, 2017
Environmnet-indonesia.com



40 comments

  1. Pembahasannya lengkap,, tas biobag emang bermanfaat banget,, untuk kurangi sampah plasti. Trimakasih sharing nya mba :)

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran banget deh mau cobain menanam atap rumah, kayanya bakal sejuk banget yaa. Harus baca artikel gimana caranya kayanya nanti hihi. Kok aku juga jadi penasaran sama foto Buya Hamka keliatan dari artikel ini, saya pengagumnya banget hihi

    ReplyDelete
  3. Aku sudah memakai sepeda listrik sebagai salah satu teknologi ramah lingkungan untuk jemput anak-anak sekolah. Tapi sayangnya di daerah saya masih susah nemuin bengkel dan spare partnya. sayang banget deh.

    ReplyDelete
  4. Begitu banyak tekhnologi ramah lingkungan yang bisa diterapkan dalam rumah tangga. Sehingga menciptakan sebuah energi yang dapat digunakan.

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik mengenai biobag itu Bun. Btw kalau untuk kantong sampah jebol nggak ya, soalnya biasa tukang sampah dtgnya 1-2 hari, jadi selama nunggu diambil sampahnya menggantung gt... Kalau jebol kan khawatir malah berantakan...

    ReplyDelete
  6. Pengen nyoba listrik surya tapi kok belum kuat keinginannya. Hehe..makasih artikelnya Bu

    ReplyDelete
  7. Betul banget, sudah saatnya kita menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Supaya kelestarian alam tetap terjaga.. .

    ReplyDelete
  8. Kantong plastik yang terbuat dari singkong itu keren banget menurut saya. Apalagi salah satu brand besar di Mall sudah menggunakan kantong seperti itu. Jadi sangat ramah lingkungan

    ReplyDelete
  9. Kebayang bagaimana karoppo lame (krupuk ubi) yg jual di jalan-jalan itu berubah wujud menjadi biobag. Ini pasti kereenn...

    ReplyDelete
  10. uih ada banyak gedung ramah lingkungan, desainer nya top banget ya bisa memadukan bangunan dan teknologi.. kalau orang biasa kayak saya mulai dr hal-hal yg kecil dl lah untuk menyayangi lingkungan, misalnya nanem bahan pangan di rumah, atau pakai plastik ramah lingkungan...

    ReplyDelete
  11. Dari 10 tahun sebenarnya telnologi ramah lingkungan udah gencar ya tapi implemtasinya apalagi di indonesia susah ya baik dari sisi pengadaan jg perawatan

    ReplyDelete
  12. Temenku sedang mengambil S2 lanjut S3 di negeri paman sam, juga tentang sel surya. Sepertinya satu-satunya yang bisa diharapkan akan terus ada (terutama di daerah tropis) ya cuma sinar matahari ... eh tapi itupun kalau belum ketutup awan gelap yang ada polusinya sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita berdo'a aja mas biar polusi ngga makin parah di negeri ini.

      Delete
  13. Ide plastik dari limbah singkong menarik menurut saya dan perlu dikembangkan (tapi ini dia biaya pembuatannya lebih mahal atau murah ketimbang platik yang sudah beredar lama) ...kalau lebih mahal berarti belum efesien juga ya kak...

    ReplyDelete
  14. Pingin buat listrik surya tapi kabarnya pemasangan instalasinya mahal ya.

    ReplyDelete
  15. wah sempet kepikiran nih, nanti di rumah sendiri mau pasang panel papan surya di atas genteng, hehe. biar belajar pakai teknologi ramah lingkungan gitu, semoga terealisasi, makasih bun info bermanfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal nggak ya mbak kira-kira? Saya juga tertarik mau pasang soalnya.

      Delete
  16. Menarik ni bahasan soal teknolohi Bunda. Kalo aku sih kebetulan suka gaptek gitu soal bahasan ini. Tapi ya mau gak mau harus banyak membaca ya biar ngerti juga. Btw itu biobagnya bagus banget idenya. Bisa sekuat plastik biasa gak ya?

    ReplyDelete
  17. Teknologi ramah lingkungan memang sedang digiatkan ya, salah satunya mengurangi pemakaian kertas dengan elektronik.

    ReplyDelete
  18. Banyak ternyata berbagai bangunan yang bisa disulap menjadi energi terbarukan, Indonesia sepertinya bisa mencontoh negara lain buat bikin bangunan yang ramah lingkungan. Kita sendiri juga bisa mulai dari langkah kecil kayak make buku elektronik walaupun kuakui baca buku fisik itu lebih asyik, tapi demi lingkungan, aku akan membiasakan baca e-book

    ReplyDelete
  19. jadi pengen mengunjungi bangunan yang ramah lingkungan itu kak, semoga aja di lingkungan sekitar kita bisa buat yang kayak gitu jadi makin cinta alam deh

    ReplyDelete
  20. memang saat ini kemajuan teknologi sanagt penting dan berguna sekali untuk kita, tapa kita sadari kita saat ini juga telah menggunakan teknologi canggih

    ReplyDelete
  21. Saya bayangkan jika ini diterapkan di penjuru dunia,teknoligi ramah lingkungan, pasti bumi akan bersuka cita menyambutnya dan sehat seperti sedia kala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalu, tentang atap rumah dijadikan taman, saya baru tahu kalau hal ini diilhami dari Taman Gantung Babiloni, yaitu salah satu bagian dari Istana Babilonia. Taman ini bisa mengurangi karbon dioksida dan menyerap panas, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara. Tetangga saya ada 2 rumah yang bikin taman di atapnya

      Delete
  22. 6R ini penting banget untuk dipahami dan diterapkan ya, pada akhirnya berperan juga menjaga bumi kita tetap lestari

    ReplyDelete
  23. Jujur sih, sampe sekarang saya belum bisa zero waste dan tanpa plastik sama sekali, hanya mengurangi. Makanya, pengen banget pake biobag tapi belum pernah lihat di sini.

    ReplyDelete
  24. Teknologi terbarukan gini makin diperlukan. Semoga ditemukan produk yang lebih murah yah. Soalnya sebagian besar masih uji coba jadi masih mahal. Akhirnya kita masih pakai energi dari minyak bumi yang polluted deh...

    ReplyDelete
  25. Teknologi ramah lingkungan ini makin kita butuhkan di zaman sekarang ya Kak ... supaya alam kita masih bisa dijaga secara maksimal

    ReplyDelete
  26. MasyaAllah luar biasa berbagai contoh teknologi lingkungan. Dewi belum pernah lihat yang bangunan-bangunan itu bunda, terutama yang Air Tree keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener yang air tree bagus banget ya, suka ngeliatnya yampuun seneng deh kalo teknologi tuh ramah lingkungan begini

      Delete
  27. Penggunaan LPJ dan BBM bisa digantikan dengan biogas yang berasal dari pembusukan dedaunan, kotoran ternak dan limbah rumah tangga dan penggunaan panel Surya juga mampu menghemat penggunaan energi listrik konvensional dan BBM. Semoga nantinya teknologi panel Surya makin murah ya

    ReplyDelete
  28. Baru denger istilah bioremediasi dri artikel ini.


    Teknologi terbarukan emang diperlukan ya kak apalagi yg ramah lingkungan

    ReplyDelete
  29. Kalau saya sebisa mungkin mengurangi sampah, misalnya menggunakan kembali barang yang sudah tidak dipakai seperti membuat pot tanaman dari kaleng bekas cat atau cup bekas minuman mineral

    ReplyDelete
  30. Kalo kita sayang bumi, harusnya menggunakan telhnologi yang ramah lingkungan.
    Bener kan, bu guru?

    ReplyDelete
  31. Wah tekbologi ramah lingkungan bener-bener aman ya buat alam dan sekitar serta manusia. Baru tahu ada tas terbuat dari serbuk singkong. Jd cepat terurai y mba. Gak kyk plastik yg butuh bertahun2. Mksh infonya bermnfaat bnget mb

    ReplyDelete
  32. Keren nih jika kita bisa menerapkan sepenuhnya teknologi ramah lingkungan apalagi menjadikan atap rumah sebagai tempat untuk menanam. Tapi mungkin belum semuanya bisa diaplikasikan ya Bunda. Tapi yah semoga saja pembangunan ke depannya menerapkan teknologi ini

    ReplyDelete
  33. Aku selalu bermimpi suatu hari punya rumah ramah lingkungan listrik pakai panel dari tenaga Surya, ventilasi rumah yang besar tanpa AC dan masih banyak lainnya

    ReplyDelete
  34. Saya baru tahu ada 6R ini. Tahunya 3R lalu ada 4R.

    Tapi bagus sekali jika pada teknologi industri dipakai konsep 6R ini. Mereka penanggungjawab utama kelestarian bumi karena mengelolanya dengan maksimal.

    ReplyDelete
  35. Saya suka konsep gedung spt Gedung Pemeruntahan di Berlin, Jerman itu bunda.

    Jadi ingat kalimat mantan Rektor ITS yg juga ayahanda artis Maya Estianti. Brliau pernah mengatakan bahwa seharusnya gedung2 di Indimesia yg beriklim tropis ini, harusnya didesgn lebih terbuka, agar bisa menghemat biaya operasiobal gedung dan tidak menyebabkan pemanasan global di bumi. Nggak spt saat ini, semua gedung selalu pakai AC.

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *