Aplikasi IDN App Baca Berita & Live Streaming Anti Hoaks

Saturday, June 10, 2023



IDN App/mardanurdin.com


IDN App, Aplikasi Baca Berita & Live Stream Anti Hoaks

Terkadang muncul rasa iri terhadap anak milenia ataupun generasi Z karena begitu banyak kemudahan mendapatkan informasi yang mereka dapatkan. 

Cukup menggunakan jari di telepon pintar atau keyboard laptop maka akan muncul ribuan bahkan jutaan informasi yang diinginkan.

Mau tahu resep masakan, gulirkan saja gawainya maka resep dari berbagai belahan dunia pun akan datang tanpa harus dibayar. Gratis!

Bahkan tanpa dicari pun informasi terupdate tersaji dengan “nikmatnya.”

Namun, di balik  rasa iri itu, saya juga bersyukur karena merasa aman dan nyaman sembari mengelus dada berbisik kepada diri sendiri, “bersyukurlah wahai diri, karena masa mudamu tidak se stres masa muda anak milenia dan generasi z sekarang. 

Kamu selalu bisa langsung terlelap, cukup mendengar alunan lagu Hello dari Lionel Richie tanpa terganggu dengan suara notifikasi yang menyerbu setiap saat. 

Wah, kalau anak-anak saya membaca suara hati saya itu, mereka pasti protes, “mama saja kali yang stres, kami generasi sekarang enjoy saja kok dengan segala kemudahan itu."

Kami tidak perlu seharian membaca koran atau semalaman menunggu acara “dunia dalam berita” di televisi hitam putih hanya untuk mengetahui kabar kesuksesan Putri Ariani yang mendapatkan Golden Buzzer pada ajang pencarian bakat America's Got Talent. Hahaha.

Yap, begitulah era digital sekarang, bagai pisau bermata dunia. Selain dimudahkan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi dengan cepat meski jarak memisahkan, dapat juga berdampak negatif jika tidak cerdas menggunakannya.

Termasuk mendapatkan berita berantai yang diteruskan berkali-kali dari satu grup ke grup lainnya, berita yang kadang dianggap benar padahal tidak benar bahkan berita hoaks.

Agar terhindar dari dampak negatif dunia digital, maka kita harus cerdas berdigital dan mengetahui ciri-ciri berita hoaks.


Cara Mengetahui Ciri-Ciri Berita Hoaks


IDN App, aplikasi baca berita


Bagaimana mengetahui suatu informasi itu benar atau hoaks?

Berikut beberapa cara efektif mengetahui berita hoaks atau bukan.

  1. Berita yang diterima menimbulkan perasaan emosi seperti, merasa cemas, marah, benci dan bisa juga merasa senang sesaat.
  2. Tidak ada sumber berita yang valid
  3. Informasi tidak bersifat netral cenderung bersifat menyerang 
  4. Judulnya bersifat provokatif
  5. Bersifat memaksa untuk dibagikan, seperti kalimat  “viralkan agar semua orang tahu” 
  6. Dikirim berulang-ulang tanpa sumber yang jelas.
  7. Diberitakan oleh media yang tidak kredibel

Jika sudah mengetahui ciri-ciri berita hoaks, apa langkah selanjutnya yang mesti diambil?


Hindari Berita Hoaks Lakukan Tindakan Ini


IDN App, aplikasi baca berita, mardanurdin.com


Ada berbagai macam cara agar kita tidak termakan berita hoaks, seperti:


Periksa Sumber Berita

Saat kamu membaca berita, pastikan sumbernya dapat dipercaya. Hindari membaca berita dari situs web yang tidak jelas atau baru muncul. 

Dengan memeriksa apakah situs tersebut diakreditasi oleh lembaga pemerintah atau outlet media tepercaya, kamu dapat menghindari berita palsu.


Kontrol Data

Sebelum mendistribusikan informasi apa pun, pastikan informasinya akurat. Periksa apakah ada sumber lain yang mengkonfirmasi informasi itu atau tidak. 

Menghindari berita palsu dengan memverifikasi informasi adalah panduan yang baik untuk menghindari jebakan hanya dengan satu sumber informasi.


Perhatikan Tanda-Tanda Penipuan


Cara menghindari berita palsu adalah dengan mengenali tanda-tandanya. Jika menemukan informasi yang tiba-tiba muncul dan benar-benar merugikan pihak lain, hati-hati, bisa jadi itu hanya penipuan.


Jangan Mudah Terprovokasi


Berita palsu seringkali dibuat untuk membangkitkan emosi publik, sehingga menghindari berita palsu yang emosional tidaklah mudah. Jangan percaya informasi yang mengejutkan atau menyesatkan sampai kamu memverifikasinya.


Jangan Terburu-buru Membagikan Informasi


Ketika menemukan informasi yang hangat dan mengejutkan, keinginan untuk berbagi berita meningkat bukan? 

Namun, pastikan informasinya benar sebelum membagikannya. Jangan terburu-buru membagikan informasi yang belum jelas. Hal ini dapat mempercepat penyebaran penipuan.



Bagaimana Mengenali Sumber Berita Terpercaya?


Untuk mengenali sumber berita bisa dipercaya atau tidak maka lakukan langkah berikut.

Tanyakan di mana sumber berita dipublikasikan. Cari sumber utama berita tersebut lalu periksa apakah sumber utama dapat dipercaya atau tidak. 

Lalu tanyakan siapa penulisnya dan pelajari sudut pandang sumber berita, apakah itu berupa gagasan, info atau hanya opini sang penulis. Jika berita itu opini sang penulis maka bias penulis perlu dipertimbangkan.

Langkah berikutnya adalah cari tahu kapan informasi itu dibuat, jangan sampai berita lama dan sudah tidak sesuai dengan keadaan terkini.


Baca Berita yang Anti Hoaks di IDN App


Telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu cara mengetahui suatu berita atau informasi hoaks atau bukan adalah mengetahui sumber beritanya dan memeriksa media tersebut kreadibel atau tidak.

Nah, salah satu media baca berita yang kreadibel adalah IDN App. 

Apa saja keunggulan IDN App selain menyuguhkan berita yang bukan hoaks?

Yuk, mari kita review!


Aplikasi Baca Berita Terlengkap


IDN App adalah aplikasi baca berita sekaligus Aplikasi Live Streaming  pertama yang menawarkan streamer terbaik dan terlengkap. Kecepatan akses cepat dan tidak membutuhkan banyak memori. 

Aplikasi ini juga dapat digunakan dengan versi web. Situs live streaming super cepat dengan iklan yang tidak mengganggu sehingga sangat nyaman digunakan saat menikmati live streaming.

Oh yah, live streaming ini gratis, cepat, dan minim iklan. 

Mengapa harus memiliki aplikasi IDN App? Ini alasannya.

Terdapat tiga menu utama, yaitu: 

  • Menu berita untuk membaca berita terbaru, lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga minim hoaks.
  • IDN Live adalah untuk menikmati live streaming
  • Quiz


Menu Baca Berita Terlengkap


Ada banyak pilihan pada menu berita, seperti berita terbaru, trending, viral dan berbagai topik di dunia maya yang sedang popular saat ini. 


Kredibilitas Berita Terjamin


Sesuai situasi terkini dan usaha pemerintah dan seluruh aspek masyarakat Indonesia untuk berjuang melawan penyebaran hoaks, maka IDN App menyajikan berita yang sudah diverifikasi secara ketat agar tidak mengandung berita bohong. 

Jadi kamu tidak perlu meragukan keabsahan artikel dari aplikasi IDN ini.


Interaktif Dengan Penulis Favorit


Jika kamu menyenangi satu tulisan, kamu bisa berinteraksi dengan penulisnya dengan mengikuti dan berdiskusi dengan penulisnya melalui kolom Q&A.  Bisa pula membaca tulisan sang penulis lainnya.


Simpan dan Bagikan Artikel Dengan Mudah


Kamu menyukai suatu tulisan? Kamu bisa menyimpannya dengan gampang, bisa juga dibagikan kepada temannya. Asal jangan diplagiasi yah. 


Iklannya Tidak Mengganggu


Pernah membaca berita online yang iklannya berantakan? Atau iklannya lebih banyak dari isi beritanya?

Saya beberapa kali mengalaminya. Kesal pastinya, akhirnya saya tinggalkan situsnya dan cari di situs berita lain.

Nah, salah satu kelebihan IDN App ini adalah iklannya rapi, tidak berantakan, dan pastinya tidak mengganggu ketenangan dan keseriusan kita membaca berita.


Responsif


Kalau kamu adalah orang yang sedikit kurang sabaran dalam membaca berita, seperti saya.Aups ketahuan.

Jangan khawatir, karena peralihan dari satu halaman ke halaman lainnya sangat cepat dan responsif. Gambar-gambarnya pun menarik, tetapi tidak memengaruhi kecepatan loading saat membaca.


Tidak ada Clickbait


Kamu pernah merasa tertipu dengan judul berita yang tidak sesuai dengan isi beritanya? Kesal tidak?

Judulnya sudah heboh, eh, isi beritanya biasa saja dan cenderung tidak ada hubungannya sama sekali dengan judul. 

Nah, di IDN App itu bisa dikatakan zero clickbait karena berita atau artikel yang terbit sudah melalui proses editing oleh tim editorial. 

Berita yang muncul di news feed merupakan berita yang telah melalui proses pemeriksaan yang panjang sehingga berita yang dimunculkan adalah berita yang benar dan dapat dipercaya. 

Dijamin judul artikel dan kontennya konsisten, tanpa clickbait.


Menu IDN Live


Kamu juga bisa menonton live streaming di Website Live Streaming IDN Times. 

Ada banyak jenis fitur pada menu IDN Live, yaitu: All, Trending, Terjadwal, Hiburan, food, News, Sport, Fashion, Viral, E-Sport, Life, Tech, Science, dan Opini.

Buat kamu yang suka tema fashion, kecantikan, parenting dan isu-isu tentang perempuan maupun hal-hal yang bisa menginspirasi, saluran Popbela cocok buat kamu. Buat saya juga tentunya. 


Menu Quiz


Bagi kamu yang suka seru-seruan main kuis, masuk ke menu Quiz ini pasti bikin betah. Berbagai jenis kuis ada, seperti kuis kepribadian bahkan sekadar main tebak-tebakan. Pokoknya asyik saja di situ.

Oh yah, ada satu quis yang saya coba ikuti yaitu "Apakah kamu bersikap sesuai umur atau masih kekanak-kanakan?"

Penasaran saja sih, siapa tahu di balik usia saya yang setengah abad ini masih tersimpan sifat kekanak-kanakan. 

Syukurnya, hasil kuisnya menunjukkan kalau kepribadian saya sesuai usia alias sudah dewasa. Hahaha.

Ya kali, sudah setua ini masih bersifat kekanak-kanakan, yak kan?

Website Live Streaming
Sumber: Aplikasi IDN App



Hore, Bisa Nonton Gratis!


Kalau lagi ada waktu luang biasanya saya menyempatkan waktu untuk menonton film. Kadang  nonton di bioskop tapi lebih sering menonton di situs berbayar. 

Nah di IDN App itu disediakan satu tempat untuk menonton film gratis. Asyik kan?


Pilihan Topik IDN App


Jika masih penasaran dengan topik apa saja yang disediakan oleh IDN App, kamu bisa mengklik fitur Explore lalu klik pilihan topik di IDN pilih  “Lihat Lebih Banyak’ maka berbagai pilihan disajikan buat kamu.

IDN App, baca berita terlengkap
Sumber: Aplikasi IDN App


Topik-topik itu antara lain: topik news, viral, bisnis, parenting, beauty, food, life, relationship, sport hingga kesehatan, otomotif, travel dan masih banyak lagi.  


IDN App. mardanurdin.com
Foto: IDN App

 

Maka tunggu apa lagi. Segera download aplikasi IDN App di Play Store. Caranya gampang. 

  1. Buka Play Store di handpone kamu lalu cari IDN App - Baca Berita 
  2. Ikuti langkah-langkah untuk membuat akun. Bisa memakai email atau melalui Facebook, buat nama akunmu.
  3. Klik tanda (+) di bawah untuk membuat konten, pilih “Live Streaming” atau “Tulis Berita”
  4. Perhatikan panduan masing-masing dan ikuti dengan teliti panduannya.

Kamu ingin menjadi streamer juga?

Ikuti program Referral Program IDN App dan dapatkan hadiah sampai dengan Rp.75.000 silahkan pakai kode referral  daw-zzvtck.

Demikian. Selamat berselancar di IDN App yah.


Makassar, 10 Juni 2023


Dawiah 

30 comments

  1. Ahh, ga mau kalah sama anak2 muda sekarang yang membaca informasi lewat app, soalnya bener banget Bun hadirnya IDN App ini memudahkan banget buat dapetin informasi yang terpercaya dan lengkap pulaa.

    ReplyDelete
  2. sebel juga loh kalau dapat berita khususnya dari grup WA, ada aja berita yang nggak jelas sumbernya, yang di forward puluhan kali. Baru tau kalau bisa nonton film gratis di sini, komplit ya.

    ReplyDelete
  3. Menikmati berita dan live streaming di IDN App memamng menyenangkan :) Ada kuis2nya juga dan berbagai keseruan lainnya. Ga bakalan bosan deh. Iya ya generasi Z semakin dimudahkan dalam semua hal. Bersyukur sekali segala info tersedia. Namun harap berhati-hati dengan info dicek dahulu kebenarannya. Jangan asal dibagikan sebelum kita tahu yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  4. Wah dirimu bagus banget, bisa ngulik sampe ke kontrol data itu penting banget emang!
    Kadang banyak sekali tawaran online yang bikin kita tergiur ya, jadi perlu cek re-check berita di sumber yang terpercaya

    ReplyDelete
  5. Nah kemudahan digital saat ini emang beda sama jaman dulu yang masih nunggu liat siaran berita, baca koran, atau dengerin radio. Tapi saat ini juga arus hoax ga kalah bagai badai menerjang. Harus pandai2 memilah dan cek info yang valid. Makanya baca berita yang kreadibel lewat IDN App.

    ReplyDelete
  6. Masing-masing generasi sepertinya memang memiliki kemudahan dan tantangannya masing-masing ya. Aku yg dulu tumbuh tanpa gadget juga kadang merindukan waktu2 yg lebih tenang, namun skrg tgl pilih atur waktu dan fokusnya bagaimana aja :D kemudian perihal hoaks ini emang perlu difilter bgt, banjir informasi di medsos apalagi, harus bgt recheck, supaya ga mudah terprovokasi jugaa :D

    ReplyDelete
  7. Iklan yang gak mengganggu ini penting banget sih. Kadang mau baca berita, eh beritanya malah tertutup sama iklan, huhuhu. Selain keamanan artikel diperketat untuk menghindari hoax, ada quiz quiz yang bisa diikuti jadi daya tarik tersendiri sih ya buat IDN

    ReplyDelete
  8. Ditengah banjir bandang informasi, sekarang kita dituntut untuk cerdas membedakan mana berita hoax dan mana yang sebenarnya berita ya Bun. Tapi sebenranya tidak sulit, jangan langsung telan atau forward berita dari WA karena kebanyakan hoax. Tapi kalau mau cari berita sahid, pergilah ke aplikasi resmi..Mereka gak akan menyuguhkan berita yang menyesatkan

    ReplyDelete
  9. Wah dengerin Hello-nya Lionel Richie memang bikin cepat telelap ya Bunda, pulas deh tidurnya haha. Btw, saya juga suka banget sama IDN app ini, dah berita yang tersaji tuh menarik, bukan asal clickbait, fitur-fitur aplikasinya pun asyik. Pilihan deh pokoknya!

    ReplyDelete
  10. Asyiknya menyimak IDN ini, selain bisa di aplikasi, juga bisa via website. Saya sudah pernah coba nonton juga. Mantap.

    ReplyDelete
  11. Membaca berita sekarang lebih mudah ya mak, apalagi bisa sekalian menonton live streaming juga di IDN. Aku karena penasaran, beberapa hari lalu barudownload appsnya, lumayan juga kalau mau baca berita terkini tinggal buka saja.

    ReplyDelete
  12. Suka bete deh kalau udah baca judul berita yang berlebihan terus begitu diklik isinya hoax. Judulnya apa, eh isinya tentang apa. Kalau IDN App sih terpercaya nggak bakalan nemu berita hoax. Memang harus cek dan ricek berita yang Kita terima dari internet sih jangan asalnpervaya aja.

    ReplyDelete
  13. Jadi inget, dulu pas masa-masa pengantin baru, mau kasih menu istimewa buat suami aja kudu beli tabloid dulu buat dapetin resep. Kini, ada IDN Apps yang lengkap banget. Ada berbagai kategori berita yang bisa dinikmati beserta fitur lainnya. Yang pasti gak bosen dan anti-hoax.

    ReplyDelete
  14. Aku dulu suka baca berita, tapi beberapa waktu terakhir, yang muncul kaya gak jelas gitu. Jadi ya sekarang ngurangin banget. Mungkin nanti coba IDN App di Play Store deh

    ReplyDelete
  15. IDN Live emang solusi keren ini ya, dulu orang mau jualan itu di pasar aja, lewat IDN App bisa Live dan enak intereaksi pedangang dan pembelinya ya.

    ReplyDelete
  16. Jaman sekarang, penyebaran berita hoax tuh emang cepet dan gampang banget ya maaaaak. kayanya aku mesti download idn app juga nih biar ga ketinggalan dan nggak ketipu berita hoax jugaaa

    ReplyDelete
  17. ya allah click bait ini loh yang sering bikin hati nelongso karena ngerasa di ghosting sama artikel hiks hehhehe btw nice article

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang semuanya tuh bisa kita temukan di internet, sayangnya campur aduk gitu yaa. Makanya penting banget buat memilih sumber berita yang akurat dan terpercaya. Salah satunya bisa pakai install aps IDN ini yaa

    ReplyDelete
  19. Ya sudah kalo mau nyari update berita ke aplikasi IDN aja sudah jelas kontennya anti hoax , malah inspiratif, edukatif fan bermanfaat kan.

    ReplyDelete
  20. IDN salah satu portal yang rekomended. K9mplit plit IDN ini ada streaming.

    ReplyDelete
  21. Memang kita butuh sumber informasi yang kredible ya mbak
    Jangan sampai termakan hoax

    ReplyDelete
  22. Grup keluarga adalah sumber hoax. Haha. Sampai keluar dari grup keluarganya papa mertua aku tuuuh. Karena yang nyebar hoax bukan cuma seorang, tapi lebih dari separuh anggota grup. Pusing banget, haha. Pusing banget juga kalau baca berita yang iklannya nutupin isi berita. LOL. Coba besok aku cek beritanya di aplikasi IDN, ya. Pasti nyaman deh dibacanya.

    ReplyDelete
  23. Aplikasinya IDN Media beneran oke ya
    Berita terkini udah sak set war wer banget kalau mau diketahui

    ReplyDelete
  24. Keren nih IDN merambah ke berbagai plaform bukan hanya situs berita saja tapi juga bisa menjadi alternatif tontonan yang bermanfaat sekaligus referensi berita anti Hoax dan clikbait yang bikin jengkel

    ReplyDelete
  25. Wah bener banget kadang sebel sama berita klik bait terus pas dibaca hoax pula. Jadi sulit di zaman skrg membedakan berita yg valid dari jurnalis/dari orang2 yg punya kepentingan. Untung ada IDN Apps

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk yg hati2 banget kalo baca berita. Even media legal aja skr ini banyak yg ga netral lagi mba. Padahal media itu hrs netral dalam memberitakan sesuatu. Liat aja ada yg kliatan banget berpihak ke salah satu sisi politik mana, ada yg kekiri, ada yg kekanan 😄

    Itu aja susah utk dipercaya akhirnya.

    Kalo bener IDN bisa memenuhi semua kriteria di atas, baguslah 👍. Jadi ga ada lagi berita2 ttg hoax tersebar

    ReplyDelete
  27. IDN merambah platform baru ya? menarik nih buat dicoba. apalagi aku sering mampir buat baca berita juga di IDN sih ya. Siapa tahu bisa dapet cuan dari sono kan ya

    ReplyDelete
  28. Nah kadang kalau baca berita main share aja yah inini yang bikin ghemes makanya beneran kudu bisa milih end milah plus tau sumbernya jadi kalau ditanya balikya uda siap, sofar aku blm download IDN br follow IG nya aja

    ReplyDelete
  29. Ada banyak sekali Menu IDN Live yaa..
    Jadi kini selain membaca berita, dengan akses ke IDN juga bisa menonton acara live streamingnya yaa.. Seru seru.

    ReplyDelete
  30. ya ih paling ga suka kalau baca berita click bait malesin dan sekarang mesti pandai2 ya mba memilih berita yang hoax dan ga caranya ya kudu baca di IDN ini

    ReplyDelete