2 dari 9 Jenderal Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah

Sunday, September 25, 2022





Baiklah.

Sepertinya saya memang harus kembali ke blogku ini, untuk menuliskan segala isi hati juga opini-opini yang sepuluh hari terakhir ini tidak tersalurkan. 

Sepuluh hari tak menulis apa pun serasa mengalami burnout, untungnya tidak, karena saya belum kehilangan minat dan motivasi untuk semua hal, masih cukup produktif dan intinya mental jiwa masih sehat dan alhamdulillah fisik masih baik-baik saja.

Kalaupun ada sedikit keluhan di sana-sini, anggaplah itu karena faktor usia saja.


Bermula dari pesan yang dikirimkan oleh rekan sejawat, Ibu Hj. Martiningsih bahwa sejak malam itu saya ditunjuk menjadi guru pamong pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG daljab) kategori II. Awalnya saya berpikir hanya ditugaskan selama lima hari sesuai jadwal yang dikirimkan oleh admin, tetapi ternyata berlanjut dengan jadwal kedua sehingga jadilah hari-hariku itu dipenuhi dengan kegiatan berzoom-zoom ria bersama  Ibu dosen, Dr. Wahidah Sanusi. 

Saya memaknai, bahwa selalu ada konsekuensi pada setiap keputusan yang kita pilih  demikian pula pilihan yang telah saya putuskan, saya harus merelakan waktu berleha-leha sambil membaca buku setiap pulang mengajar demi menjalankan tugas sebagai guru pamong.

Padahal sepekan sebelum menjalankan tugas sebagai guru pamong, paket buku pesanan saya sudah mendarat manis di atas meja. Tampilan kovernya sungguh menggoda seakan melambai-lambai untuk disentuh dan dibuka terus dibaca. 

Seharusnya saya punya waktu untuk memenuhi kecanduan itu, tetapi sehabis kegiatan zoom, badan rasanya lelah nian dan jadinya tepar deh. 

Untungnya sebelum kegiatan yang cukup menyita waktu dan pikiran itu, saya sudah menuliskan draf ini. Yaitu tulisan tentang 2 dari 9 Jenderal Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah.

Sebenarnya ini tuh judul buku yang ditulis oleh H. Muhammad Yusuf bin Abdurrahman, seharusnya saya tuliskan ulasannya, tetapi belum tuntas saya baca. 

Cukup memprihatinkan memang, mengingat buku ini saya beli pada tahun 2020, wkwkwk.


Siapakah 2 dari 9 Jenderal Muslim Terhebat Itu? 


Sebelumnya, mari kita lihat terlebih dahulu nama-nama sembilan jenderal muslim yang tertulis dalam buku ini.


  1. Sa’ad bin Abi Waqqah, dikenal sebagai panglima perang Qidsyiah
  2. Abu Ubaidah bin Jarrah, pembebas negeri Syam
  3. Khalid bin Walid, dinamai pedang Allah yang terhunus
  4. Amr bin Ash, penakluk Mesir dan Baitul Maqdis
  5. Qa’qa bin Amr, dijuluki sebagai komandan yang setara 1000 pasukan
  6. Al-Mutsanna bin Haritsah, komandan paling paham tantara Persia
  7. Thariq bin Ziyad, pembebas Andalusia
  8. Salahuddin al-Ayyubi, pembebas Baitul Maqdis
  9. Muhammad al-Fatih, penakluk Konstantinopel


Dari kesembilan jenderal muslim itu, saya tuliskan sedikit tentang dua di antaranya.


Pertama, Sa’ad bin Abi Waqqash, Panglima Perang Qidsyiah


Yang menarik dari Sa’ad bin Abi Waqqash ini adalah dia memeluk agama Islam saat usia belia, yaitu 17 tahun. Itulah sebagian berpendapat kalau beliau orang ketiga yang pertama memeluk agama Islam, tetapi ini masih diperdebatkan dan diperlukan kajian yang mendalam.

Dituliskan bahwa, ada tiga keistimewaan Sa’ad bin Abi Waqqash, yaitu: dia terkenal dengan kemakbulan doanya, dijamin masuk surga dan ahli memanah. 

Saat terjadi perang di daerah Qidsyiah, Khalifah Umar bin Khathab Ra memerintahkan kepada Sa’ad bin Abi Waqqash untuk memimpin pasukan kaum muslimin menuju negeri Persia melalui surat. Atas pertolongan Allah Swt, Sa’ad bin Abi Waqqash berhasil memenangkan peperangan itu.


Kedua, Abu Ubaidah bin Jarrah, Pembebas Negeri Syam


Abu Ubaidah dikenal sebagai seorang yang  zuhud terhadap dunia. Namun, sekalipun zuhud terhadap dunia, Abu Ubaidah adalah seorang pembela Islam yang tidak gentar dan kuat pendirian. Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang terang-terangan mengumumkan dirinya masuk Islam dan berdakwah secara terang-terangan di saat yang lainnya masih sembunyi-sembunyi pada waktu itu.

Berikut beberapa peperangan yang dilakukan Abu Ubaidah bersama Rasulullah.

  • Perang Badar
  • Perang Uhud
  • Pemimpin pasukan ke Dzil Qashash
  • Pemimpin pasukan al-Khabath
  • Perang Dzatus Salail
  • Peristiwa Fathu Makkah


Kehebatan kedua jenderal Islam ini tercatat dalam sejarah Islam dengan tinta emas. Bahwa, di zaman Rasulullah terdapat orang-orang kuat dan hebat yang tidak memedulikan keselamatannya demi membela agama Allah Swt. Karena itulah Islam berkembang sangat pesat hingga kini.

Tugas kita sekarang sebagai umat Islam adalah terus menjaga kesucian agama ini dengan menjadikan pribadi kita sebagai pribadi yang Islami. Sebab peperangan yang sesungguhnya adalah memerangi hawa nafsu. 


Demikian, semoga bermanfaat.


Makassar, 25 September 2022


Dawiah


9 comments

  1. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita dan bisa menjadi contoh yang baik. Banyak orang hebat masa lampau yang baik agamanya dan bisa jadi panutan

    ReplyDelete
  2. Jadi refresh lagi belajar ttg sejarah Islam 😍. Dulu pas di Al-Azhar aku pernah belajar ttg sejarah Islam dan tokoh2 yang hebat di masanya. Tapi jujur banyak lupaaa mba, masih zaman SMU pas belajar itu 😄. Baca ulang ini, walopun hanya 2 yang dibahas, setidaknya ingetin lagi pas guruku ngajarin soal sejarah Islam. Selalu menarik kalo udh menyangkut sejarah. Kadang rasanya pengen banget bisa balik ke masa lalu dan melihat langsung kejadian di masa itu, ataupun tokoh2 sejarah yang terkenal hingga skr 😁

    ReplyDelete
  3. Mereka itu orang-orang yang sudah dijamin surga ya kak? Emang teladan banget sih

    ReplyDelete
  4. Saya mempeplajari ini ketika SD dan SMP kebetulan di sekolah saya ada pelajaran Sejarah Islam, jadi semua jendral tersebut familiar di telinga saya. Membaca ini jadi mengingat masa sekolah mba

    ReplyDelete
  5. Makasih atas tulisannya, aku buta sama sejarah muslim kek gini, dan tulisan ini bisa jadi awalan aku harus tahu tokoh-tokoh muslim terdahulu.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah .. jenderal seperti mereka yang memang niat jihad fi sabilillahnya tinggi ya, Kak. Tokoh2 yang saya impikan dibikinkan dongeng2 dalam bentuk yang populer sehingga dikenal anak2 muslim lebih luas lagi.

    ReplyDelete
  7. Pahlawan seperti mereka yang haris dikenal oleh anak-anak kita ya Bun jangan Marvel melulu, aku juga sempat burnout Bun apa-apa nggak semangat Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik sehat selalu ya Bun

    ReplyDelete
  8. MashaAllah~
    Allahu Akbar!

    Janji Allah itu benar adanya yaa.. Dan pada masa itu, perjuangan Islam sangat berat untuk menaklukkan selain musuh besar juga kekuatan dalam mempertahankan keimanan dalam Islam.

    Semoga Allah kumpulkan kita semua bersama oran-orang shalih yang sahid di jalan Allah.
    Aamiin~

    ReplyDelete
  9. Setelah baca kisah singkat tentang dua jenderal jadi makin penasaran dengan 7 jenderal lainnya. Mereka memiliki julukan yang menakjubkan menurutku. Patut untuk mengetahui kisah hidup mereka untuk diambil sisi baiknya.

    ReplyDelete