Belajar SEO Gratis di SEO Moms Community

Sunday, July 25, 2021

 





Saya mengenal sedikit tentang SEO dari Mugniar, bloger Makassar yang sudah malang melintang di dunia perblogeran. Hanya saja perkenalan itu sekedar mengetahui singkatan SEO, yaitu Search Engine Optimization yang artinya optimasi blog  agar blog atau website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Lucunya, beliau juga mengaku kalau ilmu SEO nya masih minim. Wah, kalau bloger selevel Niar saja mengaku kurang mengerti tentang SEO, apalagi saya yang baru serius ngeblog lima tahun terakhir ini.

Hingga suatu hari, tanggal 20 April 2020, lagi-lagi Mugniar yang memberi informasi sekaligus mengajak saya daftar belajar SEO diiringi dengan kalimat, 

“cepat ki’, banyak peminatnya.”

“Kelas SEO gratis.”

Tanpa pikir panjang, langsung registrasi. Setelah registrasi, saya baru ingat kalau belum berterima kasih sama Niar, soalnya saya fokus ke kata “cepat ki”, hahaha.

Dua hari kemudian, kembali Niar japri dan mengingatkan, “apakah sudah cek email dari SEO Moms?”

Dasar saya yang merasa kurang percaya diri, saya jawab saja, “mungkin saya tidak terpilih.” Ternyata salah. 

Saya terpilih saudara-saudara!

Lah, foundernya memang mencari bloger perempuan yang masih “bayi” soal SEO, pastilah saya terpilih apalagi saya mengikuti anjurannya Niar, “cepat-ki” hahaha. Gercep dong saya.


Berkenalan dengan SEO Moms Community

 

SEO Moms merupakan media belajar SEO secara online yang dibentuk pada tanggal 25 Januari 2020 oleh Qbenk bloger asal Kubu Raya Kalimantan Barat.

Menurut Bang Qbenk, beliau mendirikan SEO Moms sebagai penghormatannya terhadap ibundanya yang bernama Mudiyah binti Sangaran yang wafat pada tanggal 25 November 2019.

Sungguh terharu mendengar niat tulus beliau. Mendedikasikan ilmunya buat ibunda tercinta. Saya membayangkan, betapa bangga ibu beliau di alam sana “melihat” anaknya mengajar para bloger perempuan dengan niat pahalanya untuk beliau.

Langsung ingat deh anak-anak saya. Jika nanti saya tiada lagi di dunia ini, adakah anak saya yang mau mendedikasikan ilmu dan tenaganya buat saya? Setidaknya bisa menambah terangnya alam kubur saya.

Lah, ini kenapa pikiran saya kemana-mana yah? Jadi melow deh.

 

Saya kuli bangunan dan ibu saya tukang cuci pakaian tetangga, saya berjuang untuk berhasil menjadi bloger dengan modal warnet,” Bang Q membuka kelas SEO dengan kalimat yang bikin hati saya makin syahdu.

 

Bang Qben yang bernama asli M.Sahlan adalah satu-satunya suhu kami sekaligus pendiri SEO Moms yang dengan tulus ikhlas mengajar SEO bagi pemula.

Semoga amalannya ini diterima oleh Allah Swt sehingga menjadi pemberat amalan baik untuk ibunda Bang Q, amin.


 

Mengapa Bergabung di SEO Moms Community

 


Mengapa saya gabung di SEMOC? Tentu saja karena mau belajar SEO.

Selain itu, SEO Moms Community  yang disingkat SEMOC  saya pilih karena menurut saya, inilah tempat yang paling pas buat bloger pemula seperti saya. Alasan utamanya lagi, karena saya diterima belajar di SEO Moms.

Bang Q mengajar kami dengan sangat sabar. Kalian tahu sendiri kan, bagaimana hebohnya perempuan kalau lagi ngumpul.

Belum selesai dijawab pertanyaannya, eeh tambah lagi pertanyaannya.

Satu lagi yang membuat  saya nyaman belajar di SEO Mom’s Community (SEMOC) adalah pesan Bang Q yang menyatakan bahwa, 


SEO Moms dihadirkan bukan untuk memberatkan membernya melainkan untuk meringankan ibu dan calon ibu, jadi belajarnya jangan ngotot, sesuaikan saja dengan waktu dan kemampuan Moms.”


Nah, menenangkan sekali bukan? Apalagi buat emak seperti saya yang rada-rada lalod (lambat loading) dalam dunia per SEO-an, ha-ha-ha.


 

Ikut Kompetisi Mini SEO

 


Ini pengalaman pertama saya sekaligus pengalaman yang bikin dumba-dumba. Sudah tahu materi yang diberikan Bang Q belum bisa saya praktikkan secara maksimal, malah berani-beraninya ikut lomba mini SEO.

Sekalipun hanya mini SEO, tetapi ada kata SEO-nya di mana selama ini setiap ada lomba yang ada penilaian SEO-nya pasti saya ngacir duluan.

Namun, demi membuktikan keseriusan saya belajar di SEMOC maka bismillah saya ikut lomba kompetisi mini SEO Rinaresep.

Menang?

Boro-boro menang, berada di 80 besar peringkat di Google saja tidak.

Oh yah, saat saya menulis tulisan ini, iseng-iseng saya mencari postingan saya itu. Ternyata sudah berada di urutan ke-50, hahaha.

Saat postingan tentang resep masakan Rinaresep.com dilupakan orang barulah postingan saya terbaca di urutan ke-50.

Sepertinya Mbah Google mau bilang, “kamu belajar lebih giat lagi.”

Yaah, tak apalah, setidaknya saya sudah memenangkan keraguan dan ketakutan saya ikut lomba SEO.

Baiklah, sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya mau bilang, 


“Terima kasih ya Bang Qbenk, terima kasih sudah sabar menjawab pertanyaan saya yang kadang tidak nyambung dengan materi.

 

Terima kasih SEMOC, sudah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

Kalian punya pengalaman belajar SEO juga? Cerita dong di kolom komentar.

 

Ahad, 25 Juli 2021

Dawiah

 

10 comments

  1. Beberapa kali melihat status teman blogger di facebook dan lalu lalang mengenai SEO Moms ini. Jujur ku ikut senang karena terlihat pesertanya pada semangat dan antusias sekali, dan hasilnya juga cepat serta nyata. Kece-kece bangeeet :D mana kelasnya gratis ya, mashaAllah :D

    ReplyDelete
  2. Jujur aku juga ga selalu nerapin SEO kok mba. Ga terlalu paham juga, walopun garis besarnya aku tahu. Selama ini aku menulis fokus ke content nya dulu Krn toh SEO juga menganggab content is king kan. Tapi teknikalnya, ya sudahlaaah, suka lupa hahahahha

    ReplyDelete
  3. Saya sering dengar mengenai SEO ini untuk mendapatkan tulisan kita di hal.1 di mesin pencarian like as google. Tapi jujur karena belajar otodidak sambil baca-baca web orang akhirnya berujung pada ala kadarnya. Kalau ada lagi boleh lah saya diajak juga bun, biar saya juga bisa tambah ilmu.

    ReplyDelete
  4. Postingan di urutan 50 itu lumayan bagus, Kak ... di page 4-5 berarti yah. Butuh usaha sedikit lagi untuk naik ke posisi lebih tinggi.

    Btw, SEO itu ternyata dalam sekali ... sampai sekarang memang masih minim pengetahuanku. *tutupmuka

    ReplyDelete
  5. SEO itu banyak banget yang harus dilakukan dan dipelajari. Tapi kalau sudah terbiasa, nanti jadi automatis aja gitu hahaha. Memang butuh proses banget. Aku juga beberapa kali ikutan kelas offline sebelum pandemi. Anw kapan SEO Moms buka lagi mbak? Mau ikutan~ Hihihi

    ReplyDelete
  6. Oh SEO knpa kau sangat sulit dipahami...hahaha
    Pengen ikutan jga nih SEO koms tpi utk jabodetabek belum buka2...

    ReplyDelete
  7. caranya bergabung gimana mom? aku juga mau belajar seo ... tapi masih bingung mwngelolanya

    ReplyDelete
  8. Komunitas ini memang keren sekali. Sayangnya saya dikeluarkan dulu gegara kurang aktif. Anak kebanyakan rewel jadinya enggak fokus belajar.

    ReplyDelete
  9. Saya nulis nulis aja mbak blog yang bikin jg suami yg penting hepi dulu katanya hehe ... bhaiklah :)

    ReplyDelete
  10. Seneng banget di dunia blogger ini...karena ada banyak hal yang harus dipelajari dan ada banyak sahabat yang mau berbagi ilmu SEO.
    Sukses terus, Bunda..

    Dan semoga proses ini semakin menunjukkan hasil yang bagus untuk performa blog.

    ReplyDelete