Hati-Hati Menggunakan Gawai Terlalu Lama

Saturday, January 29, 2022

 






Pernah merasa sakit tapi fisik baik-baik saja?

Saya pernah mengalaminya bahkan lebih dari satu kali. Tiba-tiba leher terasa kaku, kepala sakit dan badan lemah.
  Biasanya orang-orang di sekitar saya mengatakan kalau itu faktor kolesterol, atau asam urat atau tekanan darah yang tidak normal dan masih banyak lagi.

Namun, saya merasa bukan itu penyebabnya lalu untuk memastikannya sayapun ke dokter atau paling sering ke apotik tes darah untuk periksa-periksa. Mulai ukur tekanan darah, periksa gula darah, asam urat hingga kolesterol. 
Nah, seperti firasat saya, semua normal. Tidak ada yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Maka saya memutuskan beristirahat  dan hanya tidur-tiduran saja di kasur sambil main gawai.
Nonton youtube sambil buka-buka media sosial. Sudah seharian di kamar dan tidak melakukan aktivitas, tetapi badan masih lemah bahkan tangan saya malah kesemutan.

Lalu teringat suatu artikel yang pernah saya baca bahwa radiasi pada gawai dan laptop bisa memengaruhi kesehatan.
Mungkinkah itu sebabnya saya menjadi makin lemah?

Tubuh lelah harusnya istirahat total. Ini malah tidur-tiduran sambil main gawai.
Nampaknya badan istirahat nyatanya tidak. Sebab otak, mata dan pikiran terus bekerja ditambah pengaruh radiasi gawai yang melemahkan tubuh.

Dari berbagai sumber dijelaskan bahwa penggunaan gawai terlalu lama bisa menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatan, antara lain:

Badan Gampang Lelah


Radiasi pada gawai dapat menyebakan saraf saraf seputar kepala dan wajah menjadi tegang dan tidak rileks akibat aliran darah terganggu. Akibatnya badan gampang mengalami kelelahan.



Tubuh Tidak Seimbang


Radiasi gawai bisa juga merusak kestabilan metabolisme tubuh yang menyebabkan  gangguan hormon. Jika hormon terganggu maka biasanya tubuh menjadi tidak seimbang.


Dapat Memicu Munculnya Parkinson 



Radiasi gawai  dapat mengganggu sistem motorik sehingga menyebabkan otot seputar otak menjadi tertekan dan menimbulkan  kelelahan yang jika kelelahan terjadi terus menerus maka dapat memicu munculnya penyakit parkinson.


Kesimpulan


Setelah mengamati kebiasaan saya akhir-akhir ini yang terlalu sering menggunakan gawai, maka saya berkesimpulan bahwa bisa jadi salah satu penyebab kelelahan pada tubuh saya adalah penggunaan gawai yang terlalu lama.

Akhirnya saya beristirahat menggunakan gawai beberapa waktu lamanya. Alhamdulillah, perlahan-lahan fisik saya mulai membaik dan sedikit demi sedikit mulai segar lagi.

Yuk, sahabat. Mulailah mengontrol penggunaan gawai, laptop dan apapun yang menimbulkan radias. Sekecil apapun radiasi yang dipancarkan suatu alat elektronik jika digunakan dalam waktu lama dan terlalu sering maka bisa saja menimbulkan efek negatif terutama bagi anak-anak dan usia lanjut seperti saya. 

Salam sehat untuk kita semua.

Makassar 29 Januari 2022

Dawiah

8 comments

  1. Membiasakan diri untuk tidak lama2 main Hp emang sulit, kl aku biar mudahnya ambil buku kalau udah hp menggoda.

    ReplyDelete
  2. Ya Allah saya juga suka mengalami gejala yang sama Bunda. Habis gimana ya, sehari tanpa gawai rasanya hidup terpencil banget. Dipikir-pikir hidup ini emang harus seimbang ya Bun. Main gawai boleh tapi harus diikuti juga dengan olah raga dan keluar ruang...

    ReplyDelete
  3. Siap makasiiih sudah mengingatkan aku pake gawai kalau uda kerjaan rumah kelar aja kalau blm bisa ga kelar kelar soalnya hehe

    ReplyDelete
  4. Apapun kalau terlalu lama dilakukan dan urusan dunia, bakal melelahkan ya Kak .. apalagai gawai ini.

    ReplyDelete
  5. Oh iya...Bunda.
    Pernah banget ngalamin sakit kepala dan rasanya mual.
    Aku kalau mulai sakit kepala berat suka gini tabiatnya, Bun.

    Kayanya benar adanya kalau sering terpapar radiasi gawai, bisa mengganggu metabolisme tubuh.

    Haturnuhun, Bunda.

    ReplyDelete
  6. Duuuh ini reminder juga buatku mba... Secara akupun aktif banget kerja pakai hp ini . Malah terkadang sampe jam 1-2 pagi. Sebenernya tau itu ga BGS, tapi kadang kalo kerjaan blm selesai, susah juga utk lepas.

    Aku ngerti sih harus mulai kontrol penggunaannya. Serem juga pas tahu bisa bikin Parkinson :(

    ReplyDelete
  7. Pegang gadget terlalu lama memang bahaya ya. Entah itu yang tua atau pun yang muda. Aku juga nih, mata udah banyak kena radiasi, kalo dicek, mungkin kudu pake kacamata. Huhu... gadget ini memang melenakan.

    ReplyDelete
  8. Sepertinya saya pernah merasakan tubuh terlalu lelah karena kebanyakan main gawai. Pas tidur kadang ngerasa tetap capek dan enggak bisa lelap.

    ReplyDelete