Tips Memilih Toner Untuk Kulit Wajah

Monday, November 15, 2021

Hai pendamba kulit sehat, bersih dan cerah, saya datang lagi nih untuk membagikan informasi tentang salah satu bahan atau produk skin care yang sangat familiar di dunia pen-skincare-an. 

Apakah itu? Yah tidak salah lagi, bahan itu disebut toner.

Yuk, markibas, mari kita bahas!

 


Apa Itu Toner?

 

Seperti yang saya tuliskan di atas, toner itu adalah salah satu bagian dari skin care yang tidak asing lagi. Semua pencinta kulit bersih pastilah mengenal bahan yang satu ini, bahkan tak pernah lepas dari aktivitas membersihkan kulit wajah.

Mengapa?

Sebab toner mengandung bahan aktif yang umumnya digunakan untuk menghilangkan kotoran, sisa kosmetik dan minyak. Toner juga berfungsi menambah kelembapan kulit agar tidak kering seusai mencuci muka.

Bahan utama toner adalah air. Selain itu, toner juga mengandung berbagai bahan aktif yang jenisnya disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing, di antaranya niacinamide yang berfungsi mencerahkan kulit, lalu  gliserin yang berfungsi menjaga kelembapan kulit bahkan mengandung ekstrak herbal dan bunga yang berkhasiat sebagai antioksidan.

 

Jenis dan Fungsi Toner


Toner terdiri atas dua berdasarkan fungsi dan kandungannya, yaitu toner pelembap dan toner eksfoliasi. Apa persamaan dan perbedaan dari keduanya?

 

Toner Pelembap

 

Toner yang berfungsi melembapkan wajah ini  mengandung bahan-bahan pelembap yang bekerja untuk mengunci air dalam sel-sel kulit. Bahannya antara lain, gel lidah buaya, vitamin E dan hyaluronic acid.

Selain berfungsi melembapkan kulit wajah, toner pelembap juga membantu menyiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya. Mengapa demikian?

Sebab kulit lembap mampu menyerap bahan-bahan dalam produk skin care lainnya dengan lebih baik.

 

Toner Eksfoliator 

 

Sisa-sisa kotoran atau sisa kosmetik di wajah kadangkala tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun pembersih wajah, sehingga diperlukan tindakan selanjutnya agar sisa kotoran betul-betul hilang. Maka dilakukan eksfoliasi atau pelepasan lapisan luar atau sel kulit mati yang menempel pada wajah.

Untuk melakukan eksfoliasi maka digunakanlah toner tertentu yang pada umumnya mengandung alpha dan beta-hydroxy acid atau glycolic acid dan salicylic acid. Toner jenis ini dapat digunakan untuk menghapus sisa kosmetik dari wajah. Selain itu, dapat pula mengatasi noda hitam dan mencegah timbulnya kerutan di wajah.

Yang pasti kedua jenis toner tersebut toner pelembap dan toner eksfoliasi sama baiknya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang bagus harus disesuaikan dengan kebutuhan wajah.

Apakah toner hanya memiliki fungsi seperti yang disebutkan di atas?

Aeits, tunggu dulu!

Mari kita mengubek-ubek om google untuk mencari informasi selengkapnya. Ternyata fungsi toner masih banyak.


Sebagai Detoksifikasi


Toner yang baik dapat berfungsi sebagai detoksifikasi di mana toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun maupun sisa-sisa zat hasil industri kimia dan lingkungan yang memengaruhi kesehatan kulit.

Hasilnya adalah kulit lebih sehat, nampak cerah, menghilangkan jerawat dan menghambat penuaan dini.

 

Penyeimbang pH

 

Tingkat keasaman kulit atau pH sangat memengaruhi keadaan kulit wajah. Jika pH kulit terlalu tinggi atau terlalu rendah maka kulit cenderung kurang sehat sehingga dapat menimbulkan jerawat, kulit kusam, kulit keriput dan sebagainya.

Sebab itu toner bisa hadir sebagai penyeimbang pH kulit. Dari berbagai sumber diketahui bahwa nilai pH untuk kulit yang sehat berada di antara 4,7 – 5,75.

 

Sebagai Pelembap


Kulit yang lembap dapat terlindungi dari penuaan dini dan tidak gampang kering. Pemakaian toner yang sesuai dapat memenuhi kebutuhan cairan pada kulit sehingga kulit senantiasa terjaga kelembapannya.

Maka sangat dianjurkan memakai toner sebagai dasar kosmetik. Bahkan beberapa toner melengkapi kandungannya dengan vitamin dan nutrisi sehingga selain menjaga kelembapan kulit dapat menutrisi kulit sehingga kesehatan kulit terjaga dengan baik.

 

Menyamarkan Pori-Pori

 

Ketahuilah, pori-pori yang terbuka memudahkan kotoran memasuki kulit. Biasanya menimbulkan iritasi bahkan infeksi. Nah, toner yang baik dan dipakai secara teratur dapat mengencangkan pori-pori sehingga mencegah masuknya kotoran, minyak maupun racun penyebab iritasi kulit wajah.

Kadangkala jerawat ditimbulkan pula oleh penumpukan kotoran dan zat sisa. Dengan pemakaian toner, maka jerawat bisa teratasi.

 

Memilih Produk Toner yang Baik

 

Menilik fungsi dan kegunaan toner seperti yang telah dibahas di atas maka timbul pertanyaan.

“Bagaimana memilih toner yang baik?”

Satu hal yang mesti dipahami bahwa, sebelum memilih toner maka ketahuilah terlebih dahulu jenis kulitmu.

Apakah jenis kulit yang gampang berjerawat atau normal?

Apakah tujuanmu menggunakan toner untuk menghalau jerawatkah atau untuk mencerahkan kulitmu?

Setelah mengetahui jenis kulitmu, maka kamu tinggal pilih jenis toner apa yang akan kamu gunakan.

Nah, kebetulan sekali beberapa pekan lalu saya memesan rangkaian produk skin-care dari Scarlett. Maaf yah, saya pilih Scarlett sebab sudah terlanjur jatuh hati sama rangkaian produk Scarlett, termasuk tonernya.

Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana cara memilih toner berdasarkan kebermanfaatannya pada masing-masing jenis kulit.

 

Untuk Kulit Berjerawat

 

Untuk kulit berjerawat sebaiknya memilih toner yang mengandung Zinc Sebum, Green Tea Water, Tea Tree Water, Phyto Squalane, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Ginkgo Extract, Succinic Acid, dan Gluconolactone.

Nah, semua kandungan tersebut di atas ada dalam Toner. Bagi kamu yang sedang berjerawat atau sering berjerawat maka, Scarlett Acne Essence Toner ini cocok buat kamu.

Mengapa?

Sebab kandungan dalam Scarlett Acne Essence Toner  berupa Zinc Sebum, Green Tea Water, Tea Tree Water, Phyto Squalane, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Ginkgo Extract, Succinic Acid, dan Gluconolactone berkhasiat  untuk:

  • Meminimalkan kemerahan pada kulit
  • Merawat kulit berjerawat
  • Menghidrasi kulit
  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit
  • Mengontrol produksi sebum/minyak pada wajah
  • Mengangkat sel kulit mati Memperhalus kulit

Di dalam boba atau beads-nya, terdapat kandungan Phyto Squalane yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau antiperadangan yang dapat mengurangi kemerahan (redness) dan pembengkakan pada kulit yang sedang berjerawat.

 

Untuk Mencerahkan Kulit

 

Untuk mencerahkan kulit, pilihlah toner yang mengandung Vitamin C, Glutathione, Witch Hazel Extract, Jeju Propolis Extract, Allantoin, Niacinamide dan Grape Water. Daripada kamu bingung memeriksa jenis toner apa saja yang mengandung kandungan tersebut, maka langsung saja deh saya kasi info.

Alhamdulillah, kulit saya tidak berjerawat, tetapi pori-porinya susah disamarkan, mau saja nongol yang membuat kulit saya terasa kasar. Karena saya sudah terlanjur suka sama produk Scarlett, maka langsung saja saya menggunakan Scarlett Brightly Essence Toner.

Saya percaya diri menggunakan Scarlett Brightly Essence Toner karena pada kemasan luarnya tertera kandungan Vitamin C, Glutathione, Witch Hazel Extract, Jeju Propolis Extract, Allantoin, Niacinamide dan Grape Water.

Semua kandungan ini nih yang dibutuhkan oleh kulit saya. Lihat saja manfaat dari   keseluruhan kandungan dari Scarlett Brightly Essence Toner ini yaitu:

  • Mencerahkan kulit
  • Menghidrasi dan melembapkan kulit
  • Menenangkan kulit dan meredakan peradangan
  • Menyamarkan pori-pori
  • Meregenerasi sel-sel kulit
  • Membuat kulit lebih halus dan kenyal

Dilihat dari berbagai manfaatnya tadi, Scarlett Brightly Essence Toneini cocok banget buat kamu yang memiliki keluhan kulit kusam dan penuaan dini. Di dalam boba atau beads-nya sendiri, terdapat kandungan Niacinamide yang dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam dan menyamarkan pori-pori besar.

Kedua essence toner ini memiliki tekstur yang cair dan ketika digunakan akan memberikan efek dingin ke kulit sehingga terasa menyegarkan.

 

Cara Menggunakan Toner

 

Bagaimana cara menggunakan Scarlett Brightly Essence Toner dan Scarlett Acne Essence Toner? Sama saja seperti toner pada umumnya, yaitu:

  1. Tuangkan essence toner ke telapak tangan yang sudah bersih kemudian tepuk-tepuk perlahan ke wajah supaya meresap secara maksimal
  2. Selain menggunakan tangan, kamu juga bisa menggunakan kapas dengan menuangkan essence toner secukupnya ke kapas kemudian usapkan perlahan ke wajah
  3. Toner ini bisa kamu gunakan bersama dengan rangkaian facecare Scarlett lainnya yaitu sesudah facial wash dan sebelum serum.

Jika masih bingung beli toner yang bagus itu di mana. Maka kamu bisa order  melalui link https://linktr.ee/scarlett_whitening.


Makassar, 15 November 2021

Dawiah

9 comments

  1. Mbak Marda baik banget mau menjelaskan apa itu toner, fungsi dan cara pakai serta ngasi tips memilih toner yang baik. Sebagai seorang yang buta akan dunia perskinkeran Saya jadi paham gara-gara tulisan ini

    ReplyDelete
  2. Dulu kupikir kita bakal cocok pakai toner apa aja karena fungsinya cuma memgembalikan ph kulit setelah dibersihin, tapi ternyata ada banyak fungsi & cocok²an juga sama kulit kita ya

    ReplyDelete
  3. Paling suka sama hydrating toner kak. Dipakai berlayer-layer tuh rasanya di muka seger gitu, hehe. Kalau exfoliating toner malah enggak begitu menarik di aku. Buat eksfoliasi lebih suka clay mask.

    ReplyDelete
  4. Toner itu basic nya skincare yg wajiiiib slalu dipake :D. Ibaratnya kulit dipersiapkan dulu sebelum menerima vitamin2 lainnya. Makanya aku ga pernah skip toner.

    Toner yg aku pilih biasanya yg utk pori2, dan utk melembabkan juga mba.

    Jadi aku pake 2 jenis sih. Blm cobain yg Scarlett toner ini. Soalnya tonerku sendiri masih banyak juga 😁. Tapi dari yg aku baca memang BGS kok Scarlett. Dan aku cek ingredients ya, ga ada yg bikin kulitku bakal breakout. Soalnya aku ga bisa pake toner yg ada kandungan AHA atau hyaluronic acid. LGS ke trigger bruntusan parah

    ReplyDelete
  5. Dulu aku mikir toner itu cuman buat penyegar wajah saja setelah dibersihkan, Ternyata banyak fungsi dan manfaat kalau digunakan secara rutin dan tepat

    ReplyDelete
  6. Daily rotine skincare yang gak boleh terlewat yaa, Bun..
    Menggunakan toner yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan mengenal kegunaan toner agar kulit tetap calm dan tidak breakout.
    Memilih produk Scarlett Brightly Essence Toner ini salah satu solusi terbaik.

    ReplyDelete
  7. Jujur dulu aku gatau toner itu buat apa dan kegunaannya untuk apa aja, baru paham itu pas wajahku breakout parah grgr krim racikan
    Alhamdulillah sekarang udah tau toner apa yang cocok diwajahku

    ReplyDelete
  8. susah susah gampang ya mencari toner yang sesuai sama kulit.kadang sudah beli yang varian acne, tapi masih suka muncul bruntusan

    ReplyDelete
  9. selama ini, daku memakai toner seringnya untuk pelembab dan memang kukira itu gunanya, sebelum penggunaan serum hihi. baru tau ada juga yang fungsinya exfo, tapi makin ke sini makin banyak jenis skincare dalam penggunaan, tidak heran juga pastinya. terus, jadi penasaran juga dengan toner scarlett yang pink :))

    ReplyDelete