9 Pulau di Sulawesi Selatan Bisa Jadi Pilihan Destinasi Wisata Anda

Thursday, April 22, 2021

 


Lebaran identik dengan liburan sekalian ajang silaturahim. Sayangnya tahun ini masih belum bisa mudik. Hiks, sedih sekali terutama bagi para perantau. 

Namun, sedihnya jangan lama-lama ya… 

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa silaturahim lagi dengan keluarga yang jauh, para perantau bisa mudik lagi, dan paling menggembirakan bisa menikmati liburan lagi. 

Kita aminkan yuk!

Walaupun tak bisa liburan, tak salah dong kalau saya bagikan informasi tentang destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan.

Jika Pantai Losari, Bantimurung, dan Tanah Toraja adalah tiga destinasi wisata yang mungkin sudah sangat akrab bagi Anda yang bukan warga Sulawesi Selatan.

Maka tahukah kalian, jika ada destinasi wisata lainnya  yang tak kalah bagusnya dari ketiga destinasi di atas? Destinasi itu adalah pulau-pulau yang tersebar di sekitar daerah Sulawesi Selatan.

Yap, kita akan “berjalan-jalan” ke sembilan pulau yang ada di sekitar Sulawesi Selatan.

Kita mulai dari pulau Lumu-Lumu.

 

Lumu-Lumu


Sumber Gambar: beritamks.com


Pulau ini masih berada dalam kawasan kota Makassar, tepatnya di kelurahan Barrang Caddi kecamatan Ujung Tanah. Katanya, yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah terumbu karang  yang mengelilingi pulau Lumu-Lumu dengan kedalaman 1 meter dan sebagian besar akan berubah menjadi daratan saat air laut surut minimum.

Pulau berikutnya adalah Pulau Samalona.

 

Pulau Samalona


Jika Anda ingin mengunjungi pulau yang rasanya seperti milik pribadi, maka datanglah ke Pulau Samalona. Perasaan itu timbul disebabkan karena jumlah penduduk yang menghuni pulau tersebut hanya sekitar 16 kepala keluarga.

Waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Samalona dari Pantai Losari hanya sekitar setengah jam. Untuk menjangkau pulau ini sangatlah mudah, karena di sepanjang Pantai Losari terdapat banyak perahu yang disewakan oleh penduduk, baik penduduk di sekitar pantai Losari maupun penduduk pulau Samalona yang datang ke pantai Losari untuk menyewakan perahunya.

Dari Pulau Samalona kita ke Pulau Barrang Lompo

 

Pulau Barrang Lompo


Pulau Barrang Lompo berjarak 13 km dari Makassar, dengan luas 19 Ha dan masih termasuk wilayah kecamatan Ujung Tanah, memiliki jumlah penduduk yang cukup padat dengan 800 kepala keluarga.

Pulau ini sudah tergolong cukup maju dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sekitarnya.  Hal ini terlihat pada keadaan ekonomi masyarakatnya yang relatif sejahtera dan fasilitas umum yang cukup memadai.

Pulau Barrang Lompo merupakan bagian dari kepulauan Spermonde, disebut spermonde karena ciri-cirinya memiliki terumbu karang yang cukup luas. Tipe terumbu karangnya merupakan tipe karang tepi atau fringing reef. 

Nah, ini bukan negeri kayangan, tetapi diberi nama Pulau Kayangan.

 

Pulau Kayangan


Pulau yang luasnya hanya sekitar 1 Ha ini merupakan pulau terdekat dengan pantai Losari Makasaar.  Pulau yang dahulunya bernama Marrouw atau Meraux, semakin diminati karen pulau ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan, seperti penginapan, rumah makan, dermaga yang bersih, dan kafe.

Pulau kelima yang akan kita kunjungi adalah Pulau Doang-Doangan Lompo.

 

Pulau Doang-Doangan Lompo


Pulau ini berada di  kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten  Pangkep. Menurut beberapa informasi pulau Doang-doangan ini tak berpenghuni, tetapi eksotisme bawah lautnya lumayan menggoda untuk dikunjungi.

Pulau berikutnya adalah Pulau Langkai.

 

Pulau Langkai


Lokasi pulau ini hanya sekitar 36 km dari kota Makassar. Dilansir langkai-island.blogspot, pulau ini merupakan salah satu dari tiga pulau terluar Makassar.

Terumbu karang di pulau ini masih tergolong baik sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mau berkunjung. Di pulau Langkai ini terdapat juga pengrajin perahu yang masih aktif membuat perahu, ini bisa dijadikan sebagai salah satu obyek wisata.

 

Pulau Lae-Lae


Pulau dengan luas 0,04 km2 hanya berjarak sekitar 1,5 km dari kota Makassar dinamai Pulau Lae-Lae.

Walaupun kondisi terumbu karangnya sudah termasuk buruk, namun pesona pulau ini masih cukup menggoda untuk dikunjungi, karena merupakan salah satu pulau dengan gugusan kepulauan Spermonde Sulawesi Selatan.

 

Pulau Tinabo

 

Beberapa orang yang pernah berkunjung ke pulau Tinabo mengabarkana kalau pulau Tinabo dijadikan sebagai pusat wisata di daerah Takabonerate. Di mana kawasan Takabonerate telah dijadikan Taman Nasional sejak tahun 2001.

Pulau Tinabo juga merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Pulau Tinabo merupakan pulau kecil dengan panjang 1,5 kilometer dan lebar 500 meter dengan taburan pasir putih yang sungguh indah dipandang mata.

Pulau terakhir adalah Pulau Pasi.


Pulau Pasi


Pulau ini adalah pulau terluar di kabupaten Selayar. Pulau Pasi terkenal sebagai spot driving dengan terumbu karang yang beragam dan sangat cantik.

Pulau ini terletak di Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menempuh perjalanan menuju ke arah pulau tersebut.

Itulah 9 pulau yang dapat dijadikan alternatif wisata saat berlibur. Pulau manakah yang menarik perhatian Anda?

Baca juga tentang keindahan Taman Wisata Bantimurung di sini.

 

35 comments

  1. Kayaknya menarik kak,
    Semua nama pulailu itu bru saya dengar hehe

    ReplyDelete
  2. Duh semoga ada kesempatan jalan2 ke sulawesi selatan. Sepertinya menarik semua lokasinya

    ReplyDelete
  3. Banyak banget pilihan pulaunya, Mbak. Aku tertarik sama Pulau Kayangan, nih. Apalagi ada fasilitas penginapan dan kafenya. Semoga suatu saat bisa main ke Sulsel. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Ngebayangin tinggal di pulau Samosa itu kayaknya cuma 1 RT aja itu, ya ��
    16KK tinggal di satu pulau itu keren sih, dan pastinya tingkat kerukunannya tinggi banget

    ReplyDelete
  5. Banyak sekali pulau yang bagus sekali pemandangannya. Jadi pengen liburan ke pulau Sulawesi deh suatu saat nanti. Terakhir kali ke pulau tuh aku ke pulau Panjang yang ada di Jepara Jawa Tengah.

    ReplyDelete
  6. Wah banyak juga pilihan berlibur di sulawesi selatan ini, termasuk liburan ke berbagai pulau dan masih terjaga pula keasrian terumbu karangnya ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah ke Sulawesi, cuma seputar Jawa-Bali aja biasanya liburannya. Tapi tahun lalu dan tahun ini tidak bisa mudik dan liburan bersama keluarga karena pandemi. Banyak pulau-pulau menarik di Sulawesi Selatan ya, pengin juga ke sana suatu saat, kalau covid sudah berlalu.

    ReplyDelete
  8. Whoaaa, aku sukaaa banget wisata ke pulau2 gini.
    Bismillah... semoga ada kesempatan dan rezeki bertandang ke sini.

    makasiii makasii infonya Kak

    ReplyDelete
  9. Duuh mbak jadi kangen island hopping deh apalagi Indonesia bagian Timur tu ga ada lawan deh cantiknya. Semoga suatu hari nanti bisa mampir ke pulau2 nan cantik ni

    ReplyDelete
  10. Wah...mashaAllah~
    Indonesia kalau dilihat dari beberapa wilayah seperti Sulawesi saja yaa...banyak sekali kepulauan yang berada di sekitarnya.
    Aku jadi ingat Kepulauan Seribu yang dekat Jakarta.

    Apakah salah satu pulau di Sulesi ada yang bisa di sewa untuk pribadi, Bunda?
    Tertarik banget kalau lihat profil Pulau Langkai dan Pulau Kayangan.

    ReplyDelete
  11. Nama pulaunya lucu2 amat yaaa. Gemes. Jadi kangen makassar dan makanan seafoodnya yang enak parah dan pedes. Moga bisa honeymoon ke pulau lumu lumu, bakal seru dehh kayaknyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya...nama pulau di Sulawesi ini unik-unik.A
      Apakah ini ada makna khusus dari bahasa daerah setempat, Bunda?

      Delete
  12. Nama pulaunya lucu2 amat yaaa. Gemes. Jadi kangen makassar dan makanan seafoodnya yang enak parah dan pedes. Moga bisa honeymoon ke pulau lumu lumu, bakal seru dehh kayaknyaaa.

    ReplyDelete
  13. ya ampuuun mba aku paling bahagia bisa ke pulau dan ke pantai, apalagi kalau bisa sekalian berenang, snorkeling dan juga diving. Bahagiaaa deeh pastinya

    ReplyDelete
  14. Kak, saya kebayangnya ... 16 kepala keluarga di Pulau Samalona itu berpeluang hidup sejahtera ya. Tinggal di daerah tujuan wisata, kalau pandai2 mengelola aset mereka, luar biasa itu.

    ReplyDelete
  15. Di antara semua pulaunya saya baru berkunjung ke pulau Samalona, dan sangat penasaran sama pulau lainnya

    ReplyDelete
  16. Wah, nama pulaunya belum terlalu familiar tapi pasti pemandangannya indah-indah ya. Rindu liburan ke tempat-tempat seperti ini jadinya..

    ReplyDelete
  17. Banyak juga ya mba pulau-pulau kecilnya gini. Aku kok penasaran dengan Pulau Samalona, dihuni tapi hanya sedikit banget ya penghuninya. Ga jauh pula dari Losari. Kalau ada rejeki usia mau banget ntar bisa ke sana mba.

    ReplyDelete
  18. Pulau-pulau kecil kayak gini selalu punya pemandangan yang ciamik... Gak heran kalu layak dijadikan destinasi wisata... karena emang pemandangannya cakepp

    ReplyDelete
  19. Orang kalau denger sulawesi kayaknya udah jauhhh aja gitu ya padahal luar negeri lebih jauh dan costnya lebih mahal, kalau one day ada kesempatan mau juga explore sulawesi

    ReplyDelete
  20. Wow mba baru tahu nih nama-namanya pulau-pulau bisa jadi referensi liburan yah ini semoga bisa jejakkan kaki ke sana nih salah satu aja pulanya

    ReplyDelete
  21. Aku udah pernah ke Pulau Tinabo. Itu jauh banget kak. Harus naik kapal ferry ke Selayar dulu 2 jam, baru nyambung naik perahu ke Tinabo 6 jam perjalanan laut di perahu. Tapi cuaaakeeep banget view di sana.

    ReplyDelete
  22. wah menarik sekali sulawesi ini ya mbak
    banyak pulau pulau kecilnya yang bisa jadi obyek wisata
    ini bisa jadi potensi ekonomi yang besar

    ReplyDelete
  23. banyak ya ternyata pulau di sulsel. aku pernah ke sulsel tapi cuma ke makassar jadinya jalan-jalannya cuma ke benteng rotterdam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sama sekali belum pernah mba. Pulau selain Jawa, hanya pernah ke Sumatra dan Bali aja. Pengin juga bisa melintas pulau sampai Sulawesi Selatan ya. Menarik nih destinasi yang ditulis di sini.

      Delete
  24. Wah asik.. baca ini jadi kangen jalan-jalan.. tapi masih terhalang pandemi ya. Semoga segera berlalu dan kita semua bisa traveling lagiiii

    ReplyDelete
  25. Ternyata banyak ya pulau di sulawesi yang bisa jadi tujuan wisata... Ke sulawesi belum pernah ke pulau-pulaunya nih... Cuma pernah ke gorontalo, buol, makassar...

    ReplyDelete
  26. Selain Pantai Losari, ternyata masih banyak pantai yang dapat dikunjungi wisatawan ya, Mba. Semoga bisa liburan ke Sulawesi setelah Corona mereda. Asyik banget pasti bisa mendatangi pantai-pantai di Sulawesi.

    ReplyDelete
  27. Wah kerennya lokasi wisatanya jadi inget udah lama ngak jalan-jalan selama pandemi..noted ah siapa tahu nanti bisa jalan2 ke Sulawesi dan mengunjungi salah satu pulau ini

    ReplyDelete
  28. cantik banget ya keadaan alam di pulau lumu - lumu mbak. jadi mupeng pengen ekplore seluruh pulau di sulawesi selatan deh.

    ReplyDelete
  29. Banyak yaa pulau yang bagus di sana. ini semua aku search di google mbak untuk gambarnya, hahahaa.. jadi berasa liburan malam2 dari rumah

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak juga ya Kak pulau-pulau di selatan Makassar. Bikin wisata makin beragam dan banyak pilihan.

    ReplyDelete
  31. Indonesia emang indah banget ya maaak.. terdiri dari berbagai pulau, jadi banyak banget hidden gems tempat wisatanya yaaaa.. semoga aku diberikan rezeki unfuk mampir mapir ke pantai dan pulau pulau di sulawesi.. pengen liat laut birunyaaa

    ReplyDelete
  32. tanda tanda kangen mantai nih :D. Suawesi ternyata menyimpan banyak keindahan.. Belum pernah kesana. Sumatera, kalimanta udah.. tinggal Sulawesi aja yang belum :D

    ReplyDelete
  33. Asyik ya kalau bisa mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar kota Makassar ini. Menyeberangi laut naik perahu, menikmati keindahan alamnya. Duh jadi kangen ke pantai

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *