9 Pulau di Sulawesi Selatan Bisa Jadi Pilihan Destinasi Wisata Anda

Thursday, April 22, 2021

 


Lebaran identik dengan liburan sekalian ajang silaturahim. Sayangnya tahun ini masih belum bisa mudik. Hiks, sedih sekali terutama bagi para perantau. 

Namun, sedihnya jangan lama-lama ya… 

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa silaturahim lagi dengan keluarga yang jauh, para perantau bisa mudik lagi, dan paling menggembirakan bisa menikmati liburan lagi. 

Kita aminkan yuk!

Walaupun tak bisa liburan, tak salah dong kalau saya bagikan informasi tentang destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan.

Jika Pantai Losari, Bantimurung, dan Tanah Toraja adalah tiga destinasi wisata yang mungkin sudah sangat akrab bagi Anda yang bukan warga Sulawesi Selatan.

Maka tahukah kalian, jika ada destinasi wisata lainnya  yang tak kalah bagusnya dari ketiga destinasi di atas? Destinasi itu adalah pulau-pulau yang tersebar di sekitar daerah Sulawesi Selatan.

Yap, kita akan “berjalan-jalan” ke sembilan pulau yang ada di sekitar Sulawesi Selatan.

Kita mulai dari pulau Lumu-Lumu.

 

Lumu-Lumu


Sumber Gambar: beritamks.com


Pulau ini masih berada dalam kawasan kota Makassar, tepatnya di kelurahan Barrang Caddi kecamatan Ujung Tanah. Katanya, yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah terumbu karang  yang mengelilingi pulau Lumu-Lumu dengan kedalaman 1 meter dan sebagian besar akan berubah menjadi daratan saat air laut surut minimum.

Pulau berikutnya adalah Pulau Samalona.

 

Pulau Samalona


Jika Anda ingin mengunjungi pulau yang rasanya seperti milik pribadi, maka datanglah ke Pulau Samalona. Perasaan itu timbul disebabkan karena jumlah penduduk yang menghuni pulau tersebut hanya sekitar 16 kepala keluarga.

Waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Samalona dari Pantai Losari hanya sekitar setengah jam. Untuk menjangkau pulau ini sangatlah mudah, karena di sepanjang Pantai Losari terdapat banyak perahu yang disewakan oleh penduduk, baik penduduk di sekitar pantai Losari maupun penduduk pulau Samalona yang datang ke pantai Losari untuk menyewakan perahunya.

Dari Pulau Samalona kita ke Pulau Barrang Lompo

 

Pulau Barrang Lompo


Pulau Barrang Lompo berjarak 13 km dari Makassar, dengan luas 19 Ha dan masih termasuk wilayah kecamatan Ujung Tanah, memiliki jumlah penduduk yang cukup padat dengan 800 kepala keluarga.

Pulau ini sudah tergolong cukup maju dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sekitarnya.  Hal ini terlihat pada keadaan ekonomi masyarakatnya yang relatif sejahtera dan fasilitas umum yang cukup memadai.

Pulau Barrang Lompo merupakan bagian dari kepulauan Spermonde, disebut spermonde karena ciri-cirinya memiliki terumbu karang yang cukup luas. Tipe terumbu karangnya merupakan tipe karang tepi atau fringing reef. 

Nah, ini bukan negeri kayangan, tetapi diberi nama Pulau Kayangan.

 

Pulau Kayangan


Pulau yang luasnya hanya sekitar 1 Ha ini merupakan pulau terdekat dengan pantai Losari Makasaar.  Pulau yang dahulunya bernama Marrouw atau Meraux, semakin diminati karen pulau ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan, seperti penginapan, rumah makan, dermaga yang bersih, dan kafe.

Pulau kelima yang akan kita kunjungi adalah Pulau Doang-Doangan Lompo.

 

Pulau Doang-Doangan Lompo


Pulau ini berada di  kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten  Pangkep. Menurut beberapa informasi pulau Doang-doangan ini tak berpenghuni, tetapi eksotisme bawah lautnya lumayan menggoda untuk dikunjungi.

Pulau berikutnya adalah Pulau Langkai.

 

Pulau Langkai


Lokasi pulau ini hanya sekitar 36 km dari kota Makassar. Dilansir langkai-island.blogspot, pulau ini merupakan salah satu dari tiga pulau terluar Makassar.

Terumbu karang di pulau ini masih tergolong baik sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mau berkunjung. Di pulau Langkai ini terdapat juga pengrajin perahu yang masih aktif membuat perahu, ini bisa dijadikan sebagai salah satu obyek wisata.

 

Pulau Lae-Lae


Pulau dengan luas 0,04 km2 hanya berjarak sekitar 1,5 km dari kota Makassar dinamai Pulau Lae-Lae.

Walaupun kondisi terumbu karangnya sudah termasuk buruk, namun pesona pulau ini masih cukup menggoda untuk dikunjungi, karena merupakan salah satu pulau dengan gugusan kepulauan Spermonde Sulawesi Selatan.

 

Pulau Tinabo

 

Beberapa orang yang pernah berkunjung ke pulau Tinabo mengabarkana kalau pulau Tinabo dijadikan sebagai pusat wisata di daerah Takabonerate. Di mana kawasan Takabonerate telah dijadikan Taman Nasional sejak tahun 2001.

Pulau Tinabo juga merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Pulau Tinabo merupakan pulau kecil dengan panjang 1,5 kilometer dan lebar 500 meter dengan taburan pasir putih yang sungguh indah dipandang mata.

Pulau terakhir adalah Pulau Pasi.


Pulau Pasi


Pulau ini adalah pulau terluar di kabupaten Selayar. Pulau Pasi terkenal sebagai spot driving dengan terumbu karang yang beragam dan sangat cantik.

Pulau ini terletak di Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menempuh perjalanan menuju ke arah pulau tersebut.

Itulah 9 pulau yang dapat dijadikan alternatif wisata saat berlibur. Pulau manakah yang menarik perhatian Anda?

Baca juga tentang keindahan Taman Wisata Bantimurung di sini.

 

1 comment

  1. Kayaknya menarik kak,
    Semua nama pulailu itu bru saya dengar hehe

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *