Strategi Influencer Marketing Dari IDN Creator Networking

Thursday, March 18, 2021

 



Strategi Influencer Dari  IDN Creator Networking

Suatu waktu saya minta tolong kepada putra saya untuk dibelikan mi instan dengan menyebutkan mereknya.  Ternyata yang ia beli adalah mi instan dengan merek lain, di mana merek atau brand itu merupakan brand yang sudah sangat terkenal, sehingga melekat di memorinya.

Ini menandakan bahwa brand itu sangat kuat, terkenal dan mampu mengubah pendirian konsumen yang semula mau membeli brand lain beralih ke brand yang terkenal itu.

Bagaimana caranya membangun suatu brand yang kuat, dikenal luas oleh masyarakat, unik, dan membangun identitas perusahaan?

Salah satu caranya adalah melakukan strategi influencer marketing yang menjadi kian beragam seiring bertambah masifnya penggunaan media sosial.

Yohana Sitompul selaku Digital Strategy Manager di IDN Creator Network, mengungkapkan tiga hal penting sebelum  menjalankan influencer marketing, yaitu marketing objective, target audiens, dan soft-selling.


Yohana Sitompul, Digital Strategi Manager di IDN Creator Network/ Foto: IDN Media


Mari kita pelajari  satu persatu berdasarkan penjelasan Ibu Yohana Sitompul.

 

Marketing Objective

 

Sebelum menjalankan influencer marketing, harus dipahami terlebih dahulu marketing objective atau tujuan pemasaran suatu produk. Apakah untuk awareness, coversion, promo, atau product lunch.

Setelah mengetahui tujuan pemasarannya, maka diteruskan dengan target audiens.

 

Target Audiens

 

Mengetahui target audiens adalah hal yang akan memudahkan kita menentukan platform apa yang cocok untuk suatu brand. Apakah menggunakan instagram, Twitter, TikTok, Podcast, atau yang lainnya.

Jangan terpaku hanya pada satu jenis platform saja, kita harus memantau perkembangan teknologi komunikasi.

Misalnya, beberapa waktu lalu penggunaan platform instagram sangat diminati audiens sehingga pemilik brand menggunakan platform itu untuk melakukan influencer marketing.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, bermunculan platform baru di mana audiens mulai melirik platform itu, seperti TikTok. Maka pemilik brand mau tidak mau harus segera menyesuaikan penggunaan platform agar tidak tertinggal dan brand masih bisa bertahan.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan sebelum  menjalankan influencer marketing menurut Yohana Sitompul adalah gaya konten.

 

Soft-Selling atau Hard-Selling

 

Suatu brand perlu juga memperhatikan gaya suatu konten dalam melakukan strategi pemasaran, apakah menggunakan cara hard-selling yang langsung pada kegunaan produk, keuntungan apa yang bisa didapat jika menggunakan produk tersebut atau soft-selling gaya konten yang tersamar, dan memiliki alur cerita.

Untuk hal tersebut di atas, Yohana menambahkan.

“Sekarang ini, kalau saya bilang, sih, lebih banyak yang pakai strategi soft-selling, meski ada juga yang tetap pakai strategi hard-selling. Strategi soft-selling lebih baik didukung dengan konsep honest review―kita buat seolah audiens tak tahu bahwa mereka sedang terkena wxposure branding, begitu.”

 

Bagaimana Mengukur Kesuksesan Campaign?

 

Selain number of reach dari suatu post sebagai parameter dalam campaign influencer marketing, ada juga faktor lain yang bisa digunakan dalam menilai keberhasilan suatu campaign.

Kuantitas berdasar data adalah parameter utamanya, apakah memenuhi target yang sebelumnya telah ditetapkan, bagaimana interaksi yang mungkin dihasilkan dari suatu post, bagaimana brand awareness-nya. Nantinya, insight yang kita dapat akan kita kompilasi di sebuah laporan,” Terang Yohana.

 

Ide Campaign Versi IDN Creator Network

 

IDN Creator Network termasuk sukses dalam influecer marketing, maka  tak ada salahnya kita mengintip 5 ide campaign paling happening versi IDN Creator Network.

Apa sajakah itu?

 

Hyperlocal KOL

 

Hyperlocal KOL adalah para KOL yang berada di kota-kota kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. Melibatkan Hyperlocal KOL memiliki keuntungan lebih targeted, karena dinilai memiliki kedekatan yang lebih dengan para audiens.

 

Always On

 

Ini adalah usaha menjaga eksistensi suatu brand di mana sebuah brand akan terus menjalankan campaign secara berkelanjutan untuk suatu periode tertentu.

Misalnya, brand A, dari bulan Januari 2021 hingga Desember 2021 tap in di IDN Creator Network

 

Agile Campaign

 

Agile campaign membantu melacak platform mana yang pas digunakan dengan memperhatikan  platform mana yang sedang ramai digunakan saat campaign berlangsung.

“Contoh clubhouse. Cara ini digunakan agar brand image terbentuk dengan lebih cepat,” kata Yohana selanjutnya.

 

Nasional KOL

 

Perbedaan hyperlocal KOL dengan  National KOLadalah, hyperlocal fokus di kota-kota kecil, sedangkan Nasional KOL  di kota-kota besar. Tentu saja pemilihan KOL akan disesuaikan dengan domisili target audiensnya.

 

Vertical Domination

 

Yohana menjelaskan mengenai ide branding dari IDN Creator Network  yang diuraikan sebagai berikut.

Vertical domination merupakan ide yang lebih mengarah pada penggunaan KOL dalam jumlah yang sangat masif. Satu konten yang sama akan dibagikan oleh, misalnya, 200 KOL dalam jangka waktu sekian hari. Biasanya, ini dilakukan ketika sebuah brand sedang meluncurkan produk baru atau sedang melaksanakan campaign promo,”

 

Demikian strategi influencer marketing ala IDN Creator Networking. Bersiapkah Anda mengaplikasikannya?

18 comments

  1. Setuju. Untuk terus meningkatkan marketing, kita harus terus on. Mau terus berubah dan berinovasi..

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sih siap mba mengaplikasikannya hehe. Ini patut kita tiru dan tentunya modifikasi dan tingkatkan kreativitas sesuai dengan image dair perusahaan masing-masing.

    ReplyDelete
  3. Saya suka kalau ada promosi lebih ke soft selling kesannya tidak terlalu memaksa si pembeli untuk membeli barang itu

    ReplyDelete
  4. Kalau menerapkan semuanya kayaknya kemungkinan campaign sukses tuh besar banget ya

    ReplyDelete
  5. Ilmu baru nih bagiku mba,,sangat bermanfaat dan semoga bisa menerapkannya

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak caranya ya Mba, termasuk strategi KOL yang harus tepat sasaran juga untuk sebuah campign

    ReplyDelete
  7. Ternyata ide campaign itu ada banyak ya :) Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  8. Soft selling sepertinya memang lebih pas masuk di hati audiens ya, Mbak. Terima ksih ulasannya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Melakukan strategi influencer marketing ini perlu dilakukan untuk memperkuat brand yang akan kita promosikan...

    ReplyDelete
  10. Ide campaignya fresh dan seru ya mba. Gak terpaku sama satu pilihan aja.

    ReplyDelete
  11. Salah satu keuntungan dari blog walking adalah menemukan hal-hal baru, hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Seperti tulisan Bunda ini, mengingatkan saya agar belar lebih banyak lagu mengenai strategi inlfluencer marketing. Saya pemilik brand Arenga, gula aren organik yang pasarnya sedang tumbuh. Nanti akan saya bicarakan dengan anak yang mengurusi sosmed kami mengenai ini. Terima kasih Bunda :)

    ReplyDelete
  12. Wah Saya belajar banyak soal istilah digital marketing nih. KOL Penting sekali perananannya , tapi harus memilih yang tepat

    ReplyDelete
  13. Menarik nih bahasannya. Jadi lebih tau strategi marketing jaman sekarang.

    ReplyDelete
  14. Aku lebih menyukai soft selling marketing.
    Apalagi kalau dengan narasi storytelling, bisa dipastikan aku sangat menikmatinya.

    Yes, kita tak merasa kalau sedang kecipratan eksposure produk.
    That is pretty cool, indeed!

    ReplyDelete
  15. Jd ngerti beberapa jenis campaign mba. Vertical domination kayaknya aku paling sering ngeliat deh. Kdg ada banyaaak tulisan produk baru yg ditulis oleh banyak blogger :D. Awalnya aku pikir lomba, tp ternyata memang sdg campaign baru yg memakai blogger.

    ReplyDelete
  16. Benar nih Bund. Salah satu strategi marketing influencer ini memang perlu memperhatikan target audiens. Nggak terfokus dengan satu platform saja.

    ReplyDelete
  17. Hadirnya platform sosial media memang memaksa brand untuk berkembang dan terus berinovasi dalam marketingnya, kalau nggak mau ketinggalan dan terlibas nantinya. Terima kasih bunda, tulisannya menambah wawasan

    ReplyDelete
  18. Nambah wawasan banget ini mba, kadang aku masih yang menerka berkata dari sini jadi memang harus tepat sasaran

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *