9 Kemampuan yang Harus Dimiliki Agar Dapat Menjadi Guru Hebat

Monday, January 4, 2021

Menjadi guru hebat adalah harapan semua guru, dan harapan itu juga selalu diimpikan oleh peserta didik, orang tua peserta didik, dan  pemerintah.

Kenapa demikian?

Sebab salah satu tugas guru adalah  mencerdaskan bangsa. Jika guru hebat, maka diharapkan anak didiknya juga kelak akan menjadi orang yang hebat.

Namun, menjadi guru hebat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu usaha dan kerja keras serta tekad yang kuat untuk memenuhi berbagai syarat agar bisa disebut  sebagai guru hebat.

Mulyana A.Z dalam bukunya, “Rahasia Menjadi Guru Hebat” mengemukakan sembilan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai syarat menjadi guru hebat. Apa sajakah itu? Yuk, mari menyimak uraian berikut.




1. Mengenali Kompetensi Diri


Sebagai guru, sudah sepatutnya ia mengenali kemampuan apa yang dimiliki. Menggali dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Karena begitu banyak guru yang memiliki kompetensi, tetapi masih terlena dengan rutinitas mengajar semata, padahal andaikan setiap guru mengetahui kompetensinya selain mengajar, lalu mengembangkan secara maksimal maka alangkah hebatnya guru tersebut.

Sebagai contoh, seorang guru mata pelajaran musik, selain mengajarkan teori-teori tentang musik, guru tersebut juga mampu memainkan biola atau gitar, piano atau apapun itu. Maka secara langsung dapat dikatakan bahwa guru tersebut memiliki kompetensi diri yang sejalan dengan mata pelajaran yang diampunya.


2. Mempunyai Mimpi untuk Menjadi Hebat


Sebelum menjadi guru hebat, maka bangunlah impian itu terlebih dahulu.  Bermimpi menjadi guru hebat bukanlah semata-mata khayalan saja, melainkan sebuah cita - cita yang harus diwujudkan. Tentu saja diiringi dengan usaha keras, bekerja dengan tekun dan terus menggali kompetensi diri.

Kemampuan bermimpi yang besar yang diiringi dengan kemampuan untuk mewujudkannya,  merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru, apabila bercita-cita menjadi guru hebat.


3. Mampu Mengelola Pembelajaran dengan Baik


Pengelolaan kelas yang baik akan menjadikan kelas yang dimasuki menjadi “hidup” dan peserta didik senang dan bersemangat belajar. Mengelola kelas berarti mengorganisir kelas dengan baik. Pengorganisasian itu hanya dapat dilakukan dengan tepat apabila disertai dengan perencanaan yang matang, seperti penyusunan perangkat pembelajaran, yakni pengembangan silabus dan pembuatan RPP.

Selain itu, pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dimulai dengan apersepsi atau motivasi, penyampaian materi pembelajaran, diskusi atau tanya jawab atau eksperimen lalu diakhiri dengan evaluasi.

 

4. Membuat Perencanaan yang Matang


Kemampuan membuat rencana yang matang, menyusunnya dengan teliti lalu mengeksekusi rencana-rencana tersebut, adalah salah satu kemampuan dari guru yang hebat. Perencanaan itu disusun sedemikian rupa sehingga memicu semangat guru untuk mengerjakannya satu demi satu.

 

5. Kemampuan Menguasai Komunikasi


Perkembangan informasi dan komunikasi semakin tidak terbendung. Komunikasi seakan-akan sudah menjadi kebutuhan dasar manusia, walaupun belum dapat menggantikan atau disamakan dengan kebutuhan pokok manusia seutuhnya.

Namun, kebutuhan ini sudah menjadi kebutuhan vital, terutama bagi anak milenia. Mereka rela tidak jajan demi membeli pulsa dan kuota, demi memenuhi  kebutuhannya terhadap komunikasi.

Nah, sebagai guru, jangan mau kalah sama pelajar-pelajar tersebut. Kuasi dengan baik media komunikasi, karena begitu banyak informasi yang berhubungan dengan pendidikan dan dapat dengan mudah diakses lewat internet. Jangan sampai anda sebagai guru tergolong guru yang gagap teknologi.


6. Membangun Tim Kerja yang Kuat


Perlukah guru memiliki tim kerja? Siapa saja yang bisa menjadi tim kerjanya?

Pertanyaan ini bisa saja dilontarkan oleh sebagian orang, karena yang mereka pada umumnya ketahui, guru itu bekerja sendiri, hanya bertatap muka dengan siswanya, paling-paling bertemu dengan sesama guru dan kepala sekolah.

Jangan salah, di sekolah terdapat banyak elemen-elemen yang turut bekerja sama demi kemajuan pendidikan baik secara umum maupun khusus pada sekolahnya. Misalnya staf tata usaha, petugas unit kesehatan sekolah atau UKS, satpam, pesuruh. Kesemuanya itu adalah personil-personil sekolah yang harus menjadi tim kerja guru.

 

7. Mampu Membangun Networking yang Kuat

 

Membangun jaringan bagi guru juga diperlukan, tujuannya adalah guru dapat meningkatkan kompetensinya. Jaringan antara guru dengan guru saja, apabila berjalan dengan baik maka komunikasi antara guru dengan guru lainnya akan menjadi lancar, hingga akhirnya mereka bahu membahu menjalankan tugas dengan baik.

Jaringan di luar sekolah, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP, cukup mempengaruhi peningkatan kualitas guru. Karena melalui komunitas itu, guru akan mendapatkan informasi-informasi yang bertujuan dalam peningkatan kualitasnya. Maka pada akhirnya akan mengarahkan guru menjadi guru yang hebat.

 

8. Menguasai Metode Pembelajaran dengan Baik


Kepiawaian seorang guru dalam mengajar ditentukan oleh seberapa banyak metode pembelajaran yang dikuasai oleh guru tersebut. Bukan hanya pengetahuan secara teori tetapi langsung menerapkannya di dalam kelas.

Setiap metode yang digunakan haruslah sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Karena tidak semua metode pembelajaran cocok dan pas dengan materi pelajaran. Ada materi pelajaran tertentu tidak akan pas menggunakan satu metode tetapi lebih cocok dengan metode lainnya. Oleh karena itu, guru yang hebat sudah mampu menentukan dengan cerdas, materi apa dan metode pembelajaran apa yang sesuai.


9. Mempunyai Semangat Belajar  yang Kuat


Guru tidak boleh malas belajar. Ilmu pengetahuan berkembang terus, oleh sebab itu jika guru ingin meraih predikat guru hebat, maka jangan malas dan sungkan untuk menambah dan memperbaharui ilmunya. Maka belajar dan teruslah belajar.

Demikian. Semoga bangsa Indonesia semakin banyak memiliki guru-guru yang hebat, agar dapat menghasilkan generasi penerus yang hebat pula.

 

 

 


31 comments

  1. Mengajar dengan baik memang sebuah kemampuan khusus yang tak semua orang bisa, ternyata baru tau kalau ada banyak faktor penyebabnya dari postingan mba. Jadi keinget bagaimana ada guru favorit sesekolah dan guru yang ditakuti karena cara mengajarnya yang intimidatif dulu.

    ReplyDelete
  2. gak mudah emang buat jadi guru saat ini, tantangannya lebih berat ya. harus tetap banyak belajar perkembangan yang baru juga.

    ReplyDelete
  3. Guru adalah profesi luar biasa yang menungut kreatifitas tinggi. Pernah jadi guru bahasa Inggris aku mba and I did enjoy it

    ReplyDelete
  4. Menjadi guru adalah profesi terbaik karena pahala jariyahnya terus mengalir baik di dunia maupun di akhirat kelak

    ReplyDelete
  5. menjadi guru itu menurut aku sangat profesi yang mulia sekali karena orang tuaku juga guru jadi penting banget memiliki sifat seperti ini

    ReplyDelete
  6. Aamiin, semoga guru2 di Indonesia selalu semangat mencerdaskan anak bangsa dan pembelajaran yang menarik agar anak-anak semangat untuk belajar

    ReplyDelete
  7. Aamiin, karena negara kan gak akan jadi apa2 tanpa kehebatan guru2, sekarang aja uda banyak yg hebat apalagi kalau guru2nya makin hebat, maka orang2 yg diajar pun makin luar biasa

    ReplyDelete
  8. Iya guru harus selalu meningkatkan kemampuannya ya Bunda jangan terpaku pada mengajar sehari-hari saja tapi tetap berkarya..

    ReplyDelete
  9. Mba, ampuuuun, kenapa huruf di blognya jadi mini begini, mba.
    Hayyaaaa... Nangis aku bacanya, bahahaha.

    Bicara soal guru, kemampuan nomor 9 itu aku garis bawahi banget!
    Iyes, jadi guru memang kudu punya semangat belajar yang kuat.

    Apalagi di era digital dan pandemi, menggunakan teknik belajar yang menyenangkan, terutama saat pembelajaran dari rumah adalah keniscayaan!

    ... dan itu hanya bisa didapatkan jika punya semangat belajar, terutama belajar hal baru!

    ReplyDelete
  10. Tantangan guru sekarang ini semakin besar ya, mak.
    Saya setuju banget poin tahu potensi diri. Jadi inget pas nonton tv, salah satu guru honor di Palu terkenal krn app video, dia cerita sebagai guru selain mengajar memang mesti tau juga potensi diri untuk menambah penghasilan juga perkembangan diri.

    Semangat selalu untuk para guru ...

    ReplyDelete
  11. Saya sebagai orang tua, menerapkan hal tersebut juga Mbak. Belajar dan mengajarkan. Apalagi saat ini, anak-anak belajar di rumah. Orang tua, meski bukan gurupun harus mengali potensi diri dan meningkatkan kemampuan, belajar lagi, belajar apapun.

    ReplyDelete
  12. Jadi menempatkan diri sebagai murid nih, bakalan cepet nangkep pelajaran kalau suasana pembelajaran hidup dan guru tau metode berkomunikasi yang asyik dengan muridnya. Setuju dengan tulisan ini, sebisa mungkin guru memiliki 9 kemampuan tadi.

    ReplyDelete
  13. kupikir komunikasi itu ada di poin-poin awal ternyata di no 5 ya,, tapi bener juga sih kan semuanya itu berasal dari kemampuan diri kita bisa ngajarnya dimana, istillahnya dimulai dari dalam diri,,, thank you sharingnya ka

    ReplyDelete
  14. Menjadi pengajar yg baik dan pakai hati itu memang tidak mudah ya. Penting juga untuk punya support system dan komunikasi yg baik sama murid ya

    ReplyDelete
  15. Selama ini selalu mikirnya guru itu bekerja sendirian, gitu. Ternyata bisa membangun team work juga ya dengan guru atau staff lain di lingkungan kerja. Dan menjadi seorang guru pun jangan pernah berhenti belajar, ya. Terima kasih sharingnya. Bisa diterapkan juga nih untuk ibu-ibu yang saat ini sedang berjuang menjadi gurunya anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
  16. Kemauan dan semangat untuk berubah dan keyakinan untuk bisa itu yang penting ya mba... Apalagi sekarang ada banyak cara untuk meningkatkan kompetensi dan ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk upgrade..

    ReplyDelete
  17. Profesi yang aku akui banget membutuhkan banyak jam terbang ini yaa, guru.
    MashaAllah.
    Begitupun guru tetap gak boleh berhenti belajar, agar paham mengenai perkembangan siswa.

    ReplyDelete
  18. Profesi yang aku akui banget membutuhkan banyak jam terbang ini yaa, guru.
    MashaAllah.
    Begitupun guru tetap gak boleh berhenti belajar, agar paham mengenai perkembangan siswa.

    ReplyDelete
  19. Sebagai pengajar, rasanya kita memang nggak boleh berhenti belajar. Paling tidak harus one step a head dibandingkan murid. Untungnya dengan ikut berbagai komunitas, kita bisa ketemu circle yang tepat untuk lebih semangat

    ReplyDelete
  20. semangat untuk para pengajar, terima kasih telah berjuang hingga detik ini :')

    ReplyDelete
  21. Iya nih, semakin laam saya mengajar anak anak di rumah, kok rasanya semakin kurang dan semakin tidak pantas saya mnejadi guru.. sehingga harus belajar dan belajar lagi.. makasih informasinya ya..

    ReplyDelete
  22. Walau saya bukan guru tapi ingin menerapkan poin-poin di atas. Rasanya ingin upgrade diri. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  23. Almarhum nenek saya guru. Nurun di keluarga, ada yang jadi dosen. Pakdhe saya juga guru. Saya sendiri sempat mengajar, walau bukan guru. Mengajar secara informal membagikan ilmu menulis saja ke anak-anak SMA dan kuliahan. Jadi pas baca sembilan poin di atas, saya paham. Memang benar harus dimiliki, supaya kegiatan belajar mengajarnya bisa efektif.

    ReplyDelete
  24. Salut memang jadi guru tuh. Harus punya berbagai kemampuan, gak harus pintar aja. Harus sabar juga dan mengerti psikologi anak. Jasanya juga besar

    ReplyDelete
  25. Jd guru memang bener² hrs punya skill dan karakter kuat utk dpt mengajarkan ilmunya shg efektif sampai kepada anak didiknya.

    ReplyDelete
  26. Menjadi guru hal yang luar biasa, penuh perjuangan. Di rumah harus berpikir dan memilih metode pembelajaran yang pas, menarik sesuai dengan topik. Menyusun Rpp,Membuat soal,belajar untuk bahan presentasi di depan siswa. Tantangan besar juga di sekolah,di dalam kelas harus bisa berkomunikasi,memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa,dan harus sabar. Meskipun hari ini tidak berprofesi sebagai guru, namun dengan pengalaman mengajar 5 tahun lebih menjadikan saya tahu bagaimana hebatnya seorang guru.

    ReplyDelete
  27. ini cocok banget buat aku yang mau jaid pengajar niy kak, harus benar-benar memperhatikan 9 hal di atas

    ReplyDelete
  28. Salut pada guru yang profesional di tengah keterbatasan, bahkan di masa pandemi ini, karena tidak semua guru termotivasi untuk menjadi hebat.
    Tidak mudah mewujudkan sesuatu, butuh perjuangan karena kendala beragam.
    Semoga kian banyak guru yang termotivasi untuk menjadi guru hebat karena mereka adalah andalan para orang tua, turut membantu membangun karakter murid dengan bekal ilmu dan budi pekerti.

    ReplyDelete
  29. Aku selalu salut dengan para guru. Hebat bisa transfer ilmu dengan penuh kesabaran. Kebayang dong jadi guru kan harus menguasai ilmu yg akan diajarkan, dan menguasai ilmu cara mengajarkan. Wih itu leboh sulit lagi mengingat aku orangnya gak sabaran klo ngajarin orang...heuheueu...berkah selalu ilmunya ya Kak. Aku salut.

    ReplyDelete
  30. Menjadi guru sekarang tingkat kompetensinya cukup besar ya apalagi guru di kota-kota besar yang harus selalu update dengan masalah kependidikan dan teknologi yang semakin maju

    ReplyDelete
  31. Setuju kak, guru sebagai agen perubahan memiliki tanggung jawab besar atas untuk memeberikan pesan positif kepada seluruh muridnya. Salut sama guru di mas apandmei seperti sekarang, bisa beradaptasi dengan perubahan metode pembelajaran yang sungguh berbeda dengan sebelumnya.

    ReplyDelete

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Name

Email *

Message *