Nasihat Ibu

Monday, July 10, 2023

 



NASIHAT  IBU


Nak, pilihlah lingkungan yang tepat untukmu, karena kamu akan dihargai di lingkungan yang tepat. Kamu adalah orang biasa dalam persepsi orang yang tidak mengenalmu, tetapi kamu menarik di mata orang yang memahami kelebihanmu.

Kamu terlihat buruk di mata pembencimu, tetapi kamu istimewa bagi orang-orang yang mencintaimu. Sebab itu, jangan terlena dengan pujian, jangan berkecil hati atas hinaan, dan jangan pula berusaha menjadi nampak baik di mata orang-orang. Namun, berusahalah melakukan yang terbaik dengan hati yang ikhlas.

Nak, jangan paksa batinmu mengikuti arus jika kamu merasa ada penolakan di sana, bisa jadi suara batinmu itu adalah ilham yang dikirimkan Allah untuk kau berhati-hati.

Bolehlah sesekali melawan arus agar tahu ada apa di depan sana, tetapi pertajam penglihatanmu juga pendengaranmu agar tidak tertabrak lalu siapkan mentalmu jika yang kamu lihat di depan adalah sesuatu yang menyakitkan dan mengecewakan.

Nak, sering sekali ucapan orang berkuasa dianggap sebagai fakta padahal hanya kebohongan. Sedangkan perkataan orang yang tidak berdaya dianggap hoaks sekalipun itu fakta. Begitulah ketidakadilan dunia karena keadilan yang sesungguhnya hanya bisa kita lihat nanti di akhirat. Maka berhati-hatilah!

Nak, merahasiakan kekecewaan bukanlah hal buruk, jangan mengumbarnya agar tidak dijadikan senjata untuk menyerangmu oleh lawan-lawanmu.

Nak, kamu kecewa karena tidak dianggap atau kesal karena tak dihargai?

Bersabarlah!

Bisa jadi dia sedang tidak kacau, tetapi berlagak baik-baik saja. Jangan lampiaskan kekecewaanmu secara membabi buta apalagi memusuhinya. Cukup menjauh darinya lalu diam-diam menyusun strategi penyembuhan jiwamu. Hilangkan noda-noda pikiran yang berpotensi merusak jiwamu. Hapus sisa-sisa kemarahan dan kesedihan demi kesucian hati dan pikiranmu.

Nak, jika mau membalas dendam maka balas dendamlah dengan prestasi lalu menjadi lebih baik dari mereka yang menzalimimu. Balas dengan kecakapanmu bukan amarahmu. Balas dengan hatimu yang anggun bukan sakit hatimu. Sebab hati yang sakit jauh lebih buruk daripada fisik yang sakit.

Nak, segera tuntaskan pekerjaanmu, tunaikan amanah yang dipikulkan di pundakmu lalu balaslah kezaliman dengan keelokan budi pekertimu karena itulah sebaik-baik pembalasan. 

Nak, tidak ada orang yang selamanya di atas angin. Suatu saat akan turun digerus oleh waktu. Jika saat itu terjadi, kamu sudah berjaya di posisi yang jauh di atasnya. Namun, ingatlah Nak, posisi terbaik bagi hamba Allah adalah posisi iman dan taqwanya berada di level terbaik.

Akhlaknya semakin baik dan nuraninya semakin terasah untuk mendengar hanya hal-hal baik.

Nak, janganlah kehilangan hati nuranimu. Berbuat tanpa nurani, itu sama saja hewan yang menggunakan insting tanpa pikiran. Hanya karena orang lain melakukannya, kamu ikut juga melakukan padahal kamu tidak tahu ada apa di baliknya. Pergunakanlah akalmu sambil memeriksa nuranimu.

Nak, jangan terpancing dengan perkataan orang, jangan terpengaruh baik itu perkataan baik apalagi buruk. Karena perkataan baik belum tentu tulus dari hatinya, sedangkan perkataan buruk sudah pasti buruk, jadi untuk apa didengarkan. 

Nak, jangan berpolitik untuk urusan akhiratmu, karena yang kau lawan adalah kekuasaan tak terbatas, yaitu Allah Subhanahu wataala. Kehidupan di dunia ini adalah ibarat perjalanan yang harus kita selesaikan selangkah demi selangkah menuju ke suatu tempat akhir, yaitu akhirat. 

Maka siapkanlah diri di dunia untuk kebahagiaan dan kesuksesan di akhirat kelak. 

Nak, jangan tersesat dengan kata sukses kebendaan, hanya mengutamakan pengakuan, penampilan tanpa tujuan. Fokuslah pada tujuanmu.

Sebab sukses hidup yang sesungguhnya itu adalah berakhir dalam kebaikan atau husnul khotimah. Dan, perjuangan ke sana adalah sungguh berat. Perjuangan selalu kita mulai hari ini, saat ini bukan kemarin apalagi besok. Karena kita tidak tahu, apakah masih ada hari esok buat kita sedangkan yang kemarin sudah berlalu, tak mungkin berbalik lagi.

Nak, berdoalah. Mintalah kepada pemilik hati, pemilik jiwa-jiwa yang lemah, dan pemilik segalanya. Dia lah Allah Maha Segalanya, tempat kita meminta apa pun yang kita inginkan. Tidak ada yang mustahil bagiNya.

Namun, jangan lupa untuk selalu beristigfar karena Allah sangat suka pada ucapan-ucapan permohonan ampun dari hambaNya.

Nasihat buat kamu, anak-anakku di mana pun kalian berada.


Makassar, 10 Juli 2023

Dawiah

3 comments

  1. Amiin... Nasihatnya menyentuh banget. Kayak didoain secara langsung di hadapan orangnya.

    ReplyDelete
  2. Nasihat yang luar biasa, Mbak. Sangat menggugah. Karena benar adanya. Bisa jadi pedoman hidup bermasyarakat juga.

    ReplyDelete
  3. Nasihat untuk siapa saja, supaya kita introspeksi, dan tetap tawaqal. Makasih Bun Dawiah...

    ReplyDelete