Review Buku "Bila Masa Tua Tiba"

Friday, February 3, 2023

 



Review Buku "Bila Masa Tua Tiba"

 

Saat mengunjungi si sulung di Jakarta, saya menyempatkan diri mendatangi toko buku yang paling terkenal di Indonesia, yaitu toko buku Gramedia di Jl. Matraman. 

Salah satu buku yang menarik perhatian dan akhirnya masuk dalam tas belanjaku adalah buku karangan Muhammad Yasir, LC yang berjudul Bila Masa Tua Tiba.

 

Buku ini related dengan keadaanku sekarang dan saya memang sedang mencari buku agama yang berkaitan dengan usia tua. Maka saat melihat buku ini terpajang manis saya langsung jatuh hati. Apa saja daya tarik buku ini? Mari kita bahas.


 

Detail Bila Masa Tua Tiba


 

Judul: Bila Masa Tua Tiba

Penulis: Muhamad Yasir, Lc

Bahasa: Indonesia

Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Tahun Terbit: 2021

Jumlah Halaman: 228

ISBN: 978-979-592-913-0

Harga: Rp. 99.500 (Harga P. Jawa)

 


Tentang Penulis


 

Penulis buku Bila Masa Tua Tiba adalah Muhamad Yasir, Lc.

Pada halaman terakhir yaitu halaman 228 ada sekilas tentang penulis. Dijelaskan kalau penulis ini lahir di Bungintimbe, Sulawesi Tengah, 8 Mei 1976.

 

Muhamad Yasir, Lc sudah menulis puluhan buku anak dan dewasa. Beliau juga adalah penerjemah buku berbahasa Arab. 


Sebagai lulusan Imam Muhammad Ibnu Sa’ud University, LIPIA Jakarta maka tak heran jika karya-karyanya pada umumnya bertema agama Islam apalagi beliau adalah peraih tiga kali Islamic Book Fair Award. Dan itu pula alasanku memiliki buku ini.


 

Sinopsis Buku 


 

Masa tua bagi seorang muslim episode sekaligus kesempatan terakhir sangat menentukan nasib di akhirat. Masa terindah sekaligus penuh kekhawatiran. Tidak ada lagi periode hidup setelah itu kecuali kematian. Jika baik masa tua, akhirat pun akan baik, jika buruk, akhirat pun menjadi buruk.

 

Buku, “Bila Masa Tua Tiba” ini, adalah renungan, pencerahan serta berita gembira kepada setiap yang berusia tua bahwa mereka manusia termulia dan dimuliakan, disayangi penduduk langit dan bumi, Allah menyiapkan banyak rukhsah, hak-hak istimewa, kebaikan dan berkah yang tidak diberi kepada selainnya.

 

Juga, tentang kisah inspirasi masa tua Nabi, para sahabat, tabi’in, ulama dan orang shaleh terdahulu. Tentang potret masa-masa indah Nabi bersama orang tua di masanya.

Dan, pelajaran hidup penting dari orang-orang berumur, bagaimana mereka mengisi masa tuanya dengan beragam kebaikan dan amal shaleh abadi serta menuntaskan janji kepada Allah sebelum akhirnya berpulang. Semakin tua semakin shaleh, arif dan takut kepada Allah, bukan semakin tua semakin tak bahagia.


 

Daftar Isi


 

Buku ini terdiri atas 8 bab dengan sub bab yang bervariasi jumlahnya. 


  1. Bila Masa Tua Tiba adalah bab pertama sekaligus penulis menjadikannya sebagai judul buku. Terdiri atas 6 sub bab yang dimulai pada halaman 3 sampai halaman 16.
  2. Umur Hadiah Terindah Dari Allah adalah bab 2 yang terdiri atas 5 sub bab sebanyak 12 halaman.
  3. Saat-Saat indah nabi Bersama Orang Tua merupakan bab 3 terdiri atas 6 sub bab sejumlah 6 halaman.
  4. Keistimewaan Orang Tua Muslim jumlah sub babnya lumayan banyak, yaitu 30 sub bab yang dimulai pada halaman 42 sampai halaman 88.
  5. Renungan dan Tadabur Masa Tua dimulai dari halaman 90 sampai halaman 130 yang terdiri atas 20 bab.
  6. Sebaiknya Jika Sudah Tua terdiri atas 18 sub bab dengan jumlah halaman sebanyak 33 halaman.
  7. Selanjutnya, bab “Belajar Hidup Dari Orang Tua Shaleh Terdahulu terdiri atas 27 bab yang dimulai dari halaman 170 sampai dengan halaman 214.
  8. Penutup dari buku ini adalah bab “Sebelum Berakhir” yang hanya terdiri atas 5 sub bab dengan jumlah 7 halaman.

 

 

Review Buku

 



Buku dengan hard cover ini semakin terasa mewah manakala membaca keseluruhan isinya. Banyak hal baru yang menginspirasi jiwa sembari merenung bahwa tua itu tak selamanya tidak baik, maka jangan berkecil hati menghadapi masa tua karena kita itu sangat disayang sama Allah. Semakin tua selama menjadi muslim yang taat maka akan semakin disayang Allah.

 

Buku yang berukuran 20,5 x 20,5 cm ini menyajikan kisah-kisah yang menyejukkan kalbu. Tatkala Rasulullah Saw begitu menyayangi dan menghormati orang tua seperti yang digambarkan pada halaman 192. 


Diceritakan oleh Asma putri Abu Bakar, “Ketika Nabi memasuki Makka dan beliau masuk ke dalam masjid, Abu Bakar dan ayahnya (Abu Qahafah) datang menemui Nabi. Saat Nabi melihatnya beliau berkata.

 

“Wahai Abu Bakar, mengapa engkau tidak membiarkan ayahmu di rumahnya saja dan aku yang datang menemuinya.”

 

Begitu hormatnya Nabi kepada orang tua yang menggambarkan adab dalam memperlakukan orang tua. Selain isinya yang “daging” semua, saya juga sangat terkesan dengan qouts-qouts yang dalam buku ini. 


Qouts-qouts itu terkadang berupa ayat-ayat Al Qur’an atau hadist atau kalimat-kalimat dari para tabi’in maupun dari ulama.

Maka sangat pantaslah kalau penulis menuliskan kalimat di awal membuka buku ini, yaitu”

 

“Buku ini mengajak merenungi keindahan masa tua; episode sekaligus kesempatan terakhir sebelum berpulang. Menjemput banyak rukhsah, hak-hak, kebaikan dan berkah Allah yang tidak diberi kepada selain orang tua.  Dan, belajar bagaimana Nabi, sahabat, tabi’in, ulama salaf dan orang saleh terdahulu melewati masa tuanya dan menyelesaikan hidup dengan benar sebelum dipanggil Allah.” (Halaman sampul).

Cara penyampaiannya pun tidak berlebihan dengan diksi yang kadang membingungkan. Isinya padat, simple tetapi penuh dengan makna.


 

Kelebihan dan Kekurangan


 

Tentang keseluruhan isi buku Bila Masa Tua Tiba ini bisa dikatakan nyaris tidak ada celanya. Namun, seperti kata pepatah, tiada gading yang tidak retak maka demikian pula dengan buku ini.

 

Kekurangan sekaligus kelebihannya adalah buku ini terlalu besar ukurannya juga tebal sehingga agak sulit membawanya kemana-mana. 

Coba dibayangkan, beratnya saja sudah 555 gram ditambah ukurannya yang lebar terus mau dibawa kemana-mana, kebayang berat dan bikin repotnya bukan? 

 

Namun, kekurangan itu sekaligus kelebihannya, karena kertasnya yang tebal dan kuat sehingga tidak mudah sobek dan terlepas dari lemnya.

 

Saya juga suka dengan bentuk tulisan pada judul di setiap bab dan sub babnya berupa tulisan indah dengan warna kuning sedikit keemasan.

 

Bagaimana Harganya?

 

Harga bukunya berbeda-beda tergantung di mana kita membelinya. Saya membayar sebanyak Rp.99.500, karena saya membelinya saat masih berada di pulau Jawa sementara harga buku “Bila Masa Tua Tiba” di luar pulau Jawa cukup jauh perbedaan harganya. Sedangkan di shopee harganya Rp.105.000 belum termasuk ongkos kirimnya.


 

Penutup


 

Jika kalian merasa perlu mempersiapkan diri dalam menyongsong masa tua atau saat ini sudah berada pada masa itu seperti saya, maka memiliki buku ini bisa menjadi salah satu nasihat buat diri. 


Saya bersyukur telah memilikinya karena saat ini saya sedang membersamai mama saya yang kadang butuh cerita-cerita inspirasi sebagai penghibur di masa tuanya. Maka cukuplah saya menyampaikan kabar gembira tentang betapa sayangnya Allah kepada orang tua yang taat dan tetap memelihara iman islamnya. 

Saya berharap dengan mendengar cerita saya tentang isi buku ini, mama bisa semakin tenang menjalani masa tuanya, demikian pula saya.


Makassar, 4 Februari 2023  


Dawiah

 

 

 

 

16 comments

  1. Rekomendasi yang bagus nih buat kado ortu, om, tante, eyang yg udah masuk masa senja

    ReplyDelete
  2. Menarik dan bisa jadi refrensi untuk mengatur bagaimana masa tua .

    ReplyDelete
  3. Saya sudah mulai berpikir ... ketika panjang umur menjadi tua, bagaimana ya ...

    Terus ingat dalam 2 hari ini saya menemani curhat seorang ibu yang dulu teman dari bapak saya. Saat ditelepon saya paham beliau butuh teman cerita, jadi ingat dulu mamaku suka suruh saya teleponkan orang pagi2.

    ReplyDelete
  4. Persis seperti Mbak Mugniar, aku pun sering bertanya-tanya mungkinkah akan sampai tua.

    Namun, jika memang Allah berikan umur panjang semoga bisa mengambil hikmah dari buku ini ya Mbak. Menjadikan masa tua sebagai persiapan kembali kepada-Nya dengan sepenuh ketaqwaan. MasyaAlllah

    ReplyDelete
  5. Wah...jadi pengen punya bukunya nih. Kalau menyimak daftar isinya, bagus banget. Jadi pengingat bahwa udah hampir habis waktu beredar yah, sudah berbuat apa saja...Btw...bahagianya masih bisa menemani Mama...

    ReplyDelete
  6. Ketika usiamu sudah tak muda lagi (alias tua), imbangi duniamu dengan akhiratmu. Kita tidak pernah tahu umurmu akan sampai mana?

    ReplyDelete
  7. masa muda jadi waktu untuk mempersiapkan masa tua dan saat tua waktunya untuk menikmati semua yang sudah didapat. Termasuk mempersiapkan diri untuk akhirat ya... sungguh segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang dan baik

    ReplyDelete
  8. Aku pengen baca bukunya. Walopun belum merasa tua di usia segini, tapi yang namanya usia kita ga pernah tahu ya mba. Yang terpenting skr, aku mau mengisi masa2 diizinkan hidup dengan hal2 yang baik lah. Ga kepengin menyakiti orang lain sengaja atau tidak. Dan menabung pahala utk bekal hari akhir

    Terkadang butuh bacaan motivasi utk tetap konsisten melakukan.

    ReplyDelete
  9. Menurut Saya baik sekali membaca Buku seperti ini. Sejatinya
    Semua orang akan menua pada akhirnya. Perlu mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan.

    ReplyDelete
  10. Buku ini bisa banget jdi rekomendasi hadiah untuk orang tua yaa, mau cek2 ke ecom dlu aaah, makasih Mba

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi buku bagus kak, sebenernya bukan hanya tuk orang tua ya tp bisa juga tuk usia muda agar punya wawasan untuk mempersiapkan masa tuanya nanti

    ReplyDelete
  12. Segala fase kehidupan wajib banget menggali makna dan belajar atau mempersiapkannya.
    Aku jadi belajar banyak melalui artikel Bunda dan menjadi peyemangat untuk bisa lebih matang dalam mempersiapkan masa tua dengan sebaik-baiknya. Terutama pemfaatan waktu.

    ReplyDelete
  13. Saya kira buku ini juga cocok untuk pembaca yg berusia muda. Setidaknya menjadi bekal ilmu menghadapi usia tua. Masa tua yang berkualitas dan berkah

    ReplyDelete
  14. melihat daftar isinya bagus banget isi-isinya yakin kayak akan dengan nasehat tentang hidup yang bakal bermanfaat banget buat kita. dan pastinya memberikan insight untuk hidup kita kedepannya

    ReplyDelete
  15. relate dengan saya bu yang kerap mencari buku sesuai kondisi saat ini baik secara usia maupun piskologis. terkait buku Bila masa tua tiba, saya rasa rekomended juga untuk kami (lebih tepatnya saya yang mau masuk the 40s). karena bagaimanapun harus tetap siap-siap kan ya

    ReplyDelete
  16. Buku terbitan pustaka al kaustar selalu apik dibaca, di rumah ada beberapa buku terbitan pustaka al kaustar. Sejauh ini penerbit memiliki penulis kompeten. Salah satunya buku diatas menarik untuk dibaca buat sy juga bagus.

    ReplyDelete