Resolusi Membaca Tahun 2023

Sunday, February 5, 2023


mardanurdin.com
Dibuat menggunakan desain canva

Inilah 12 Buku yang Akan Saya Baca Pada Tahun 2023


Ada sepuluh buku baru yang saya beli pada akhir bulan Desember tahun 2022, kesepuluh buku itu rencananya akan saya baca sepanjang tahun 2023. Ini adalah caraku mengeksekusi salah satu resolusiku tahun ini, yaitu membaca minimal satu buku dalam sebulan. Tidak berani lebih dari itu, karena kesibukan lain terutama tugas utamaku sebagai guru tidak boleh terabaikan hanya karena membaca buku atau menyelesaikan targetku itu.

 

Sebenarnya membaca yg kumaksud dalam resolusi itu adalah membaca buku selain buku pelajaran karena membaca buku pelajaran sudah otomatis saya lakukan manakala pembelajaran akan saya laksanakan. 

 

Untuk mencukupkan jumlah buku sesuai penanggalan Masehi, maka saya masukkan list dua buku yang sudah lama saya beli, tetapi belum tamat saya baca. Maka total buku yang tersedia sudah pas dengan jumlah bulan penanggalan Masehi, yaitu 12 buku.

 

Alhamdulillah target untuk bulan Januari sudah berhasil bahkan berhasil pula saya tulis reviewnya, Buku “Bila Masa Tua Tiba” berhasil saya tamatkan dalam waktu 33 hari, jadi molor dua hari dari target. 




Kalian bisa membaca reviewnya di sini.




 

Buku itu sangat menginspirasi saya karena related dengan keadaanku sekarang yaitu menjelang masa tua dan membersamai mama yang sudah masuk kategori lanjut usia.

 

Bulan ini saya rencanakan menyelesaikan buku fiksi karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra yaitu Sangkakala di Langit Andalusia. Sebenarnya saya sudah membaca sebagian karena buku ini masuk dalam keranjang belanjaku pada Oktober 2022, tetapi masih jauh dari kata tamat. 


mardanurdin.com
Dokpri


 

Bulan Maret saya berencana menyelesaikan satu buku parenting karya   dr. Aisah Dahlan, CHt.,CM.NLP. Judulnya yang menarik ditambah nama penulisnya yang kondang membuatku semakin penasaran untuk menamatkannya. Buku yang berjudul “Maukah Jadi Orang Tua Bahagia?”


Jarang-jarang tertarik membaca buku parenting bukan karena merasa sudah jago dalam urusan parenting, tetapi saya justru merasa sangat tertinggal dengan teori-teori yang dipaparkan oleh penulis buku parenting. Setiap membaca buku parenting terasa ada penyesalan dalam hati mengingat gaya pengasuhan saya terhadap anak-anakku tidak seideal yang dituliskan. 



mardanurdin.com
Dokpri


 

Namun, buku “Maukah Jadi Orang Tua Bahagia?” ini berbeda dengan buku-buku parenting yang pernah saya baca. Penulis mengulas tentang gaya pengasuhan Islami dengan gaya penulisan story telling. Lah ini kenapa saya membahas buku ini yah? Padahal belum tamat saya baca.

Iya, sebenarnya saya sudah membacanya sepintas dengan berpindah-pindah dari bab satu ke bab yang lain, tetapi tidak selesai alias tidak tuntas. Ini gaya membaca yang tidak patut dicontoh wkwkwk. 

 

Selain ketiga buku tersebut, berikut ini adalah sembilan buku lainnya yang antri untuk saya baca.


  1. Belok Kiri Langsing, karya Achi TM
  2. Going Offline, karya Desi Anwar
  3. My Wonderful Journey with Quran, karya Zeni Rahmawati, PhD
  4. Skotlandia Iam Love 3, karya Zeni Rahmawati, PhD
  5. Inspirasi Tanah Eropa, karya karya Ario Muhammad, PhD
  6. Mindset Islami Muslimah Milenia, karya Muyassaroh
  7. Duduk Dulu, karya Syahid Muhammad
  8. Sesuk, karya Tere Liye
  9. Rasa, karya Tere Liye
  10. Filosofi Teras, karya Henry Manampiring

 

Ternyata jumlah seluruhnya bukan 12 melainkan 13, tetapi buku terakhir “Filosofi Teras” itu  cukup meragukan buat saya. Soalnya buku itu sudah cukup lama saya miliki. 

Saya membelinya pada pertengahan tahun lalu dan sempat saya baca pada halaman-halaman awal, tetapi serasa boring bacanya. 


Ini faktor selera saja sebenarnya karena buku ini masuk dalam kategori buku best seller alias buku dengan penjualan terbaik. Artinya buku ini banyak diminati oleh pembaca.

Ah, saya memang payah soal filosofi-filosofi apalagi kalau penulisannya sedikit serius. 

 

 

Semoga resolusi membaca saya ini bisa terwujud mengingat resolusi itu sudah saya “pamerkan” (baca = posting) di akun instagramku. Malulah sama netizen, biar kata netizen juga, “emang gue pikirin? Atau “siapa elu?” hahaha. Jika penasaran, silah ke akun instagram @dawiah_nurdin.


 

Instagram @dawiah_nurdin


Saya berjanji dalam hati, tidak akan membeli buku baru sebelum semua buku itu selesai saya baca. Ini janji loh yah. Semoga saja saya tidak jalan-jalan ke Gramedia wkwkwk. 


Sudah saatnya menjadi lebih bijaksana dan mengatasi penyakit bibliomania yang mungkin saya alami, hiks. 




Makassar, 5 Februari 2023


Dawiah

 

 

 

 

15 comments

  1. Pengen banget deh baca buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia?.
    Mau beli gitu pas ada rezeki, tapi takut cuman buat koleksi tanpa terbaca semua hahaha.
    Saya suka banget membaca sebenarnya, entah mengapa sekarang susah banget rajin membaca.
    Palingan baca artikel buat tema menulis di blog sih :)

    ReplyDelete
  2. dulu aku tuh punya target baca buku seminggu habis satu buku, pas kuliah dan kerja masih oke, tapi lama kelamaan kok makin susah hahaaa sampe akhirnya punya anak, makin ga keruan, sebuku baru abis dibaca 6-8 bulan wkwwk

    ReplyDelete
  3. Saya kepo iiih sama buku "Belok Kiri Langsing"...ini nyindir apa gimana yah. Hihi...
    Saya loh ya, buku yg best seller kok malah engga selesai² bacanya. Engga nyantel gitu...Ada yg masih terbungkus plastik pula. Hadeuh...

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah saya jadi terinspirasi. Saya juga punya resolusi baca tapi belum ditulis seperti Mbak Dawiah, jadi rada ambyar. Target baca bulan lalu, belum selesai deh. Terima kasih inspirasinya

    ReplyDelete
  5. Saya juga membuat resolusi membaca. Tapi bulan Januari saya belum baca satu buku pun. Duh sedih banget sih...

    ReplyDelete
  6. Wah keren mba..sudah menyiapkan 12 buku utk setahun ini ya... Duuh, saya jadi malu nih, teringat sdh cukup lama nggak mengasah otak dan rasa dengan membaca... Trmksh inspirasi nya mba..

    ReplyDelete
  7. Waah... resolusinya kereeen, Buun! Membaca banyak buku di tahun 2023.
    Eeh.. kok saya jadi ikut termotivasi supaya tahun ini bisa membaca buku lebih banyak dari tahun lalu yaa? Hehehe ...
    Dan saya pun penasaran dengan bukunya dr. Aisah Dahlan, CHt.,CM.NLP, sepertinya menariik.

    ReplyDelete
  8. Jalan-jalan ke Gramed biasanya cuma iseng, tapi ujung-ujungnya nenteng belanjaan ya, Bun..
    Hihihii...godaan terbesar.

    Tapi salut banget, Bunda..
    Semakin semangat menyelesaikan buku-buku yang belum dibaca apalagi belum dibuka plastiknya, huhuhu.. ((ini aku)) kek yang, ini bagus.. ini juga bagus..
    Tapi ujung-ujungnya baca kata pengantar dooank uda berasa paham seisi buku,

    Kudu dibuat target dan tujuan yang kuat.

    ReplyDelete
  9. eh eh eh, kok menginspirasi yaa, aku belum ada budget kayaknya buat baca buku sekaligus, yess aku anggarkan ah tiap bulan, mumpung masih awal tahun. Insya alloh desember nanti mau ikut ah, beli banyak buku. Dan PR nya nih aku gak punya rak bukuk kosong lagi wkwkw, kudu ngeset rak buku lagi ah di rumah

    ReplyDelete
  10. wahh boleh dicoba nih yaa, 1 buku 1 bulan. saya udah lama banget nih tidak baca buku. terakhir baca buku kayaknya tahun 2019 deh, huhuhu ternyata sudah 3 tahun yang lalu

    ReplyDelete
  11. Wah...resolusinya perlu ditiru nih. Dalam 1 tahun ada target yg harus diselesaikan. Aku sering ke gramedia tapi ga semua belanjain. Beli satu2 aja. Makanya gada tarģet yg jelas.
    Filosopi teras bagus tapi emang ngobosenin karena perlu pemahaman yg dalam

    ReplyDelete
  12. Aku cediiiihh. Krn salah satu resolusi 2023 baca buku juga eh Januari kelewat mbak, kyk gak ada waktunya hiks T.T. Bismillah Februari ini kudu segera mulai.
    Gak muluk2 pokoknya baca buku gak kyk tahun lalu ngrasa gak nambah wawasan apa2 hiks. Makanya aku jg gak beli2 buku lg krn masih banyak yg blm kebaca jg :(

    ReplyDelete
  13. banyak juga nih mba listnya dan pas 1 buku 1 bulan yaaa. Semoga beneran tamat semua dan bisa dinikmati juga

    ReplyDelete
  14. Aku belom kelar baca buku apa pun kak hahahaha masih setengah jalan. Kamu keren pol, semoga bisa nyusul nih. Soalnya lagi jadi new mom belom bisa bagi waktu dengan baik

    ReplyDelete
  15. Wah, sejak banyak kerjaan dan punya anak banyak, aku suka lalai membaca. Padahal dulu mania membaca, mungkin harus bikin resolusi begini ya

    ReplyDelete