Blog Favorit untuk Blogwalking; Khusus Makasar

Minggu, 20 Januari 2019



Saat rasa malas datang menyapa, apa yang akan kamu lakukan?

Jawabannya berbeda-beda. Ada yang bisa rajin kembali setelah melakukan perjalanan, misalnya pergi rekreasi atau sekedar jalan-jalan di mall. Ada pula yang mengatasi rasa malasnya dengan belanja, dengan berolahraga, tidur, dan sebagainya.

Bahkan mama saya bisa menemukan gairah kerjanya kembali setelah pulang dari pasar, walaupun  yang dibeli hanya seikat  sayur kangkung dan sebungkus terasi.

Kalau hanya malas mengerjakan pekerjaan domestik, mungkin bisa dihandle oleh orang lain. Bisa minta bantuan sama asisten rumah tangga, atau kalau tidak punya  bisa beli makanan yang siap saji. Untuk urusan bersih-bersih, mencuci, menyeterika, dan sebagainya, kita bisa panggil asisten rumah tangga yang kerja paruh waktu.

Tetapi kalau malas menulis, siapa coba yang bisa membantu. Tidak ada.


Beberapa hari ini saya juga mengalami rasa malas itu. Mungkin karena habis sakit, jadi fisik terasa belum segar, atau itu hanya alasan yang dibuat-buat oleh badan saya, agar  beristirahat panjang lalu ujung-ujungnya terasa malas. Istilah anak zaman now, mager.


Sementara itu, keinginan untuk menulis kembali terasa menggebu, tetapi malas memulai. Biasanya saya atasi dengan membaca buku. Kalau belum juga sembuh, maka saya lari ke blog orang.

Biasanya saya pilih blog yang sudah sering saya kunjungi, sehingga tidak perlu terlalu lama untuk mencarinya. Ada beberapa blog yang tanpa sengaja saya hafal karena terlalu seringnya berkunjung.

Nah, kali ini saya mau mengabarkan blog siapa saja yang sering saya kunjungi, tetapi saya batasi hanya untuk bloger Makasar saja.


mugniar.com


Pemilik blog ini adalah seorang ibu rumah tangga bernama Mugniar Marakarma. Saya lebih sering memanggil dia dengan kata Dek Niar. Beliaulah bloger Makassar  pertama yang saya kenal, lalu menerima saya ke dalam grup IIDN Makasar. Sebelumnya saya lebih banyak aktif di IIDN pusat. 

Dari blognya, saya banyak belajar tentang konsistensi menulis dengan ejaan yang disempurnakan. Saya  belum pernah menemukan satu kata maupun kalimat yang gaya bahasanya mengikuti gaya bahasa kekinian di mana cenderung menyalahi aturan EBI.

Atau ada bahasa daerah, bahasa asing yang ditempatkan seenaknya. Jikapun ada, maka pasti ditulis dengan tulisan miring pertanda kata itu berasal dari bahasa asing.

Berada di dalam blog  https://www.mugniar.com/ membawa kita untuk menyelami berbagai macam informasi yang akurat dan up to date. 

Jumlah artikelnya, jangan ditanya berapa banyak. Menekuni dunia menulis dan ngeblog sejak tahun 2006 dan mengelola blognya yang sekarang sejak tahun 2011, itu bukanlah pekerjaan mudah. 

Dan saya nyaman berlama-lama di blog itu.

daenggassing.com

Ini adalah blog yang sering saya kunjungi diam-diam tanpa meninggalkan jejak, hehehe…. Saya malu berkomentar.

Baru satu kali ketemu dengan pemilik blog ini. Ternyata cukup tampan dan berwibawa (Piss Daeng, itu kesan pertama).

Saya suka dengan kisah-kisah perjalanannya, terutama kalau Beliau bercerita tentang kekhasan suatu daerah. Rasanya saya juga berada di tempat itu. Pertama kali mengetahui  tentang daerah perbatasan antara Indonesia dengan Timur Leste  itu di blog ini, saya malas baca sejarah soalnya.

Ada dua menu kategori yang saya suka intip-intip, bukan intip saja sebenarnya karena biasanya saya tidak berhenti sebelum tuntas membacanya, yaitu OPINI dan TRAVEL. Hanya satu sub kategori yang tidak pernah saya intip di kategori OPINI, yaitu sepakbola dan yang paling sering saya baca adalah Cerita Ringan.

Enak membacanya, ringan seringan topik yang dibahas. Saya agak malas membaca yang berat-berat, hidup sudah berat. Eh.
Nah, kalau selera kita sama, silahkan kunjungi blog http://daenggassing.com/

Dijamin Anda akan puas

abbyonety.com

Bukan karena kami memiliki persamaan profesi, sehingga saya juga suka jalan-jalan ke blog ini, melainkan saya suka membaca kisah-kisah perjalanannya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mungkin itu pertanda kalau saya sebenarnya suka traveling, tetapi takut melakukannya sendirian.  Siapa tahu suatu saat Abby mau mengajak saya jalan-jalan, eh.

Apa yang menarik dari blog https://www.abbyonety.com/ ?

Selain kisah-kisah perjalanannya, saya juga kagum akan kerajinannya menulis, juga keberaniannya melawan tantangan. Tantangan menulis maksudnya, seperti ketika Beliau ikut tantangan menulis selama 15 hari bersama anggota IIDN pusat dan yang terakhir, 30 hari menulis bersama Blogger Perempuan. Wow!

Ia mampu menaklukkan tantangan itu, padahal ia tetap rajin menjalankan tugasnya sebagai guru.

Prok …Prok…Prok untuk Abby.

Bloger Perempuan Tiga Serangkai


Saya sebut tiga serangkai, karena mereka terdiri dari tiga perempuan muda dan  cantik serta suka mensupport saya, hehehe.  Subyektif sekali.
Sudah lama saya mengenal bloger cantik  pemilik blog https://www.qiahladkiya.com ini, tetapi Beliau tidak mengenal saya. Pengagum rahasia nih ceritanya, hehehe…

Saya memang begitu kawan!

Suka kagum diam-diam tapi malu-malu mengakuinya. Yang paling saya sukai dari blognya  Zilqiah Angraini adalah foto-fotonya yang selalu bagus. Foto-foto itu seakan nyata adanya.

Sebagai orang yang berasal dari zaman old dan sangat tidak piawai memotret maka tidak salah dong, kalau saya suka intip-intip hasil bidikan kameranya.

Setiap tulisannya selalu disertai foto yang menarik, seakan mempertegas akan apa yang ditulisnya. Qiah, nama sapaannya adalah salah satu dari bloger perempuan tiga serangkai yang saya sebutkan di atas.

Perempuan lainnya adalah Eryvia Maronie  adalah pemilik blog  https://www.emaronie.com

Saya suka gayanya bercerita. Ringan, santai, dan terkadang lucu. Apalagi kalau sudah bercerita tentang Faisa atau Beliau biasa memanggilnya  Pica, lucu dan menggemaskan.

Saya juga suka intip-intip reviewnya tentang tempat makan yang dia kunjungi, cuma intip karena saya tak pandai mereview tempat makan apalagi mereview makanannya. Kalau saya datang ke tempat makan biasanya hanya fokus untuk makan, hehehe…
Gaya kepenulisannya yang santai tapi serius memberikan daya tarik tersendiri buat saya. 

Kedua perempuan bloger Makasar itu  pernah berkolaborasi dengan perempuan pemilik blog https://www.fillyawie.com/. Judul kolaborasinya  unik dan lucu, Sannengtalks.

Mereka bertiga selalu kompak menulis dengan tajuk #sannengtalks. Saya salah satu pembaca setianya, makanya saya sebutkan mereka sebagai Bloger Perempuan Tiga Serangkai.

Oh yah, di blog Teh Awie ini, kita akan menemukan artikel-artikel life style beauty dan fashion.
Berbagai artikel yang berhubungan dengan fashion  akan kita dapatkan dalam blog ini, demikian juga informasi tentang kosmetik.

Kalau kalian seselera dengan saya,  silahkan berkunjung ke blog yang saya sebutkan di atas. 

Jangan lupa meninggalkan jejak di blog mereka ya.










38 komentar

  1. kalau tidak masuk di grup blogger makassar keknya hanya beberapa blog (yang khusus blogger makassar) sj yang sering sy kunjungi, dan yang paling sering itu blognya kak qiah hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya ikut komunitas Bloger Makassar di.

      Hapus
  2. beberapa nama yang Ibu sebutkan di atas juga masuk dalam daftar bloger yang sering saya kunjungi blognya. mereka keren-keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantaski memang disebut keren di. Oh yah, blognya lelakibugis kayaknya akan mulai saya kunjungi deh. Saya suka cerita ringannya tentang Bugis dan Makasar.

      Hapus
  3. saya juga lumayan sering baca blog nya kak qia sama kak Eryvia apalagi sekarang sekelompok juga. Sekarang saya tambah list, kita masuk salah satu blog yg akan sering sy BW 😍

    BalasHapus
  4. Masya Allah... Ada namaku juga! Alhamdulillah. Makasih bunda.

    Saya pun kagum sama Bunda Dawiah yang diusia senja masih aktif menulis. Saya paling suka baca cerita fiksinya Bunda yang bikin gregetan itu, hehe...

    Tetap berkarya dan jadi inspirasi buat kami, Bunda Dawiah :*

    BalasHapus
  5. waw semuanya bloger andalanku jugaaa, Daeng Ipul guru ngeblogku hihihi

    BalasHapus
  6. Saya juga sering mengunjungi blog-blog diatas.Walaupun jarang meninggalkan komentar. Pastinya mereka semua memberikan inspirasi dan semangat ketika kemalasan menulis mulai melanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, tapi sejak aktifka di WAG blog Adda sudah masuk listku de kayaknya.

      Hapus
  7. Waahh.... kak Dawiaahh iiihhh. Terharumu deh gang. Apalah saya ini kak. Tapi terima kasih ya sudah memfavoritkan blog ku. Sama, saya juga sering berkunjung ke blogx kak Dawiah. Suka cerpen cerpennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya mandeg ki nulis fiksi di...Semoga bisa saya lanjutkan lagi.

      Hapus
  8. Blogger andalanku juga itu semua... Gara-gara mereka saya tetap semangat ngeblog sampai sekarang.

    BalasHapus
  9. salah satu keasikan bw memang bisa dapat banyakbinfo, selain belajar cara penulisan yang lebih bail juga dari teman2 blogger lainnya.

    BalasHapus
  10. Betul Buuun, dengan blog walking kita bisa jadi semangat menulis. Inspirasi dari blog yang kita kunjungi bisa jadi bahan tulisan juga. Pastinya semakin banyak denh wawasan dan pertemanan dengan BW ini.

    BalasHapus
  11. Upss, ada masuk list bloger andalanku www.mugniar.com..

    BalasHapus
  12. Blogger Makassar andalan semua �� jadi ingat deh, Ada peerku menulis tentang siapa blogger makassar favoritmu belumpi say tuntaskan

    BalasHapus
  13. Aku juga sering banget ke blog-nya Mbak Niar. Beliau ini produktif banget dan humble. Selalu detil menceritakan suatu hal kemudian konsisten bikin postingan baru. Nggak heran DA-nya juga tinggi. Ini salah satu blog yang jadi sasaran BW buat nanam link, heheheh *AdaMaunya. Tapi ya emang qualified sih, jadi nggak ngerasa cuma butuh nanam link aja.

    BalasHapus
  14. Wehhehe kok sama sih bun aku juga seringnya kepo doang tanpa ninggalin jejak karena ak suka kontennya dan bisa aku tiru untuk diaplikasikan heheh adalah pokoknya beberapa blogger favorit aku. Hey hey aku penggemar rahasiamu loh

    BalasHapus
  15. Waduh, tersanjung saya jadi ganteng sendiri di antara para Srikandi bloger Makassar hehehe.

    Terima kasih pak sudah sering berkunjung ke blog saya walaupun tidak meninggalkan komentar. Asalkan sudah berkunjung saya sudah senang pasti. Hehehe.

    Tetap semangat untuk terus menulis.

    BalasHapus
  16. kok sama yaaahh
    semuanya juga blogger andalancu, suka sekali ngepoin aktifitas mereka lewat blognya hihihi.

    BalasHapus
  17. wah saya ada beberapa blogger diatas yang tau, tapi hanya sekedar mampir tanpa meninggalkan jejak, seharusnya sekalian komen yes, biar dikenal *minta banget di kenal. makasih bun sharingnya.

    BalasHapus
  18. sama banget bundaaaaa, semua yg kita tuliskan ini juga suka diam-diam kubaca-baca tulisannya hihi, kalau kak qiah tentu saja juga sekalian cuci cuci mata krn fotonya bagus2

    BalasHapus
  19. Ini saya juga sedang suka blogwalking. Jadi semacam me time yang menyenangkan. Membaca-baca pengalaman dan opini dari berbagai sudut pandang.

    BalasHapus
  20. Saya juga suka blogwalking blognya kakak-kakak di atas ini karena kontennya bagus-bagus dan nagih untuk dibaca terus menerus😍😍😍

    BalasHapus
  21. Kalau soal konsistensi, deh..Kak Mugniar mi itu juaranya. Saat meliput acara pun mantap. Liputannya lengkap. Bahkan pembahasannya bisa lebih dari satu postingan.

    BalasHapus
  22. Sejak gabung di PAS Blogger JA jadi sering blogwalking. Jadi hafal juga deh url temen² tuuu...
    Punya bunda Darah sering aku kunjungan juga lhooo...

    BalasHapus
  23. Wah, dari yg disebutkan Bunda Dawiah, saya cuma tau blog Mbak Mugniar dan Mbak Eryvia aja. Keren emang dua2nya. Dan ternyata bloger Makassar banyak yg kece juga, ya.

    BalasHapus
  24. wah, boleh nih kapan-kapan coba berkunjung ke blog beliau-beliau #eh

    BalasHapus
  25. Blogger andalanga semua. Bu Dawiah juga salah satu blogger andalan Tanah Daeng, guru blogger atau blogger guru....

    BalasHapus
  26. Waaah...asyiik ya blog khusus untuk se daerah...

    BalasHapus
  27. Familiar dengan nama-nama tersebut karena berada di satu grup FB tapi hanya beberapa yang pernah saya kunjungi, hehehe. Jadi penasaran

    BalasHapus
  28. List Blog yang rekomen banget.Saya mau blogwalking juga ke mereka Mba in syaa Allah nanti. Makasih udah share Mba :)

    BalasHapus
  29. Boleh juga nih berkenalan dengan blogger Makasar. Siap meluncur kw blog mereka. Thx ya mb Dawiah

    BalasHapus

Fill in the form below and I'll contact you within 24 hours

Nama

Email *

Pesan *