Senin, 12 Maret 2018

ASYIKNYA KOPDAR DI MAKASSAR DIGITAL VALLEY




Senin, 5 Maret 2018 demikian tanggal yang tertera pada undangan yang disebarkan oleh punggawa IIDN Makassar, Mugniar dan Abby. Bagi saya ini adalah kopdar yang keempat kalinya, sekalipun sudah sering bertemu dengan teman-teman penulis Makassar dan anggota IIDN Makassar  diberbagai acara, namun kopdar sekaligus belajar bersama IIDN Makassar baru empat kali.

Kopdar pertama adalah bertepatan dengan bedah buku “Inspirasi Bunda” pada 22 Desember 2016. Di tempat inilah untuk pertama kalinya saya bertemu dengan punggawa IIDN juga anggota-anggota lainnya, dan oleh-oleh yang saya bawa pulang adalah buku “Inspirasi Bunda.”

Kopdar kedua berlangsung pada 19 Januari 2017 sekaligus belajar “Cara Jitu Menerbitkan Buku dengan Self Publisihing” yang dibawakan oleh Umma Azura. Kali ini saya mendapatkan hadiah buku “Para Abdullah di Sekitar Rasulullah.” Buku tersebut dibagikan sendiri oleh penulisnya, Haeriyah Syamsuddin. Mengenai review buku ini dapat dibaca di sini: http://www.mardanurdin.com/2017/03/buku-yang-menginspirasi.html.

Berikutnya adalah kopdar ketiga  sekaligus bercanda dengan EBI oleh  Kepala Sekolah SP ibu Anna Farida pada 3 Juli 2017.  Kopdar yang asyik dan sangat mengesankan. Bertemu dengan mentor tercinta saya, tentu saja ini adalah sesuatu yang sangat menggembirakan saya.

Inilah kopdar yang keempat sekaligus belajar  “Ngeblog Untuk Pemula” bersama Abby Onety.
Jika pada kopdar pertama dan yang ketiga  bertempat di Regus Graha Pena, maka kopdar kedua di Dilo Makassar, jalan Dr. Ratulangi no 68. Kali ini  kopdar  keempat berlangsung  di Makassar Digital Valley, Jl. AP Pettarani no. 13 Makassar.
Ada nuansa tersendiri ketika kopdar dengan anggota IIDN, silaturahim semakin tejalin dengan baik. Selain itu, saya kembali berkenalan dengan anggota lain yang baru menghadiri kopdar, juga beberapa yang baru gabung di IIDN. Pertemuan ini tidak sekedar kongko-kongko tanpa makna ya teman-teman...  melainkan ada pembelajaran yang akan disampaikan oleh wakil ketua IIDN Makassar.

Dilo adalah tempat yang sudah sering saya datangi, tetapi itu beberapa tahun lalu antara tahun 2007 hingga tahun 2008.  Waktu itu, guru-guru sedang gencar-gencarnya belajar internet demi menyongsong program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan guru melalui program sertifikasi.  Di Dilo (Digital Innovation Laounge) inilah  tempat saya dan beberapa rekan guru untuk pertama kalinya belajar tentang penggunaan email, bahkan beberapa teman belajar membuat email. Dilo yang saya maksudkan itu adalah yang bertempat di Jl. Dr. Sam. Ratulangi Makassar. Beberapa tahun kemudian, saya datang lagi ke Dilo, yaitu dalam rangka kopdar kedua seperti yang saya ceritakan di atas.



Nah, kali ini saya kopdar di Dilo lagi, tetapi bukan  di alamat yang lama melainkan sudah pindah ke Jl. A.P Pettarani. Rupanya Dilo sekarang telah pindah di Gedung Makassar Digital Valley atau MDV. Gedung MDV ini masih baru, hal ini terlihat dari ruangannya yang masih apik. Selain itu, perabotan-perabotannya juga masih baru dan tentu saja sangat bersih.

Memasuki ruangan MDV, kita akan langsung disuguhi suasana yang nyaman dan bersahabat. Pegawai yang bekerja di MDV ini akan menyambut Anda dengan ramah. Selain ruang tamu yang luas dan bersih, terdapat pula ruangan yang digunakan untuk belajar. Ruangan ini cukup luas, dapat menampung sekitar 30 orang.

Ruangannya yang dipenuhi AC tentu saja memberikan kesejukan yang nyaman. Selain itu, dinding-dinding pada setiap ruang didekorasi dengan indah, dan  sangat instagramable sehingga cukup asyik untuk difoto dan berfoto dengan latar belakang dindingnya.
Informasi lainnya adalah, ternyata Digital Valley tidak banyak di Indonesia, dan MDV atau Makassar Digital Valley ini adalah salah satu dari empat Digital Valley yang ada di Indonesia. Keren kan?

Maka kopdar saya yang keempat ini tidaklah sia-sia. Dapat ilmu di tempat yang asyik dan keren sekaligus menjalin silaturahim yang indah.



3 komentar: